Penting! 6 Cara Mengatasi Anak Perut Kembung dengan Cepat

50

Cara Mengatasi Anak Perut KembungPerut kembung dapat dialami siapa saja, termasuk anak kesayangan Bunda. Perut kembung ini membuat anak-anak menjadi rewel dan membuat tubuhnya tidak nyaman.

Anak-anak yang dibiarkan makan sambil berlari-larian dan bermain ataupun sering tertawa saat makan, dapat menjadi pemicu terjadinya perut kembung. Hal ini karena anak terlalu banyak menelan udara.

Namun bunda jangan panik ketika anak Bunda mengalami perut kembung. Cara menjadi ibu teladan untuk anak-anaknya adalah tidka gegabah dalam menangani keluhan buah hatinya. Sebelum penulis merekomendasikan cara mengatasi anak perut kembung, Bunda harus memastikan terlebih dahulu bahwa anak Bunda memang mengalami perut kembung.

Hal ini karena, anak-anak pada masa pertumbuhan umumnya memang memiliki perut yang sedikit buncit. Ini karena otot perut belum memiliki kekuatan yang sempurna, sehingga perut anak-anak masih terlihat buncit. Cara menjadi ibu yang cerdas salah satunya adalah cerdas mengenali gejala yang timbul pada adak saat anak sedang tidak enak badan.

Jika memang anak bunda benar-benar mengalami perut kembung simak cara mengatasi anak perut kembung. Apa saja rekomendasi yang akan diberikan? Yuk simak cara-cara mengatasi anak perut kembung berikut.

1. Berikan kompres hangat pada perut anak

Memberikan kompres hangat pada bagian perut anak dapat memicu keluarnya gas dari perut anak melalui kentut ataupun sendawa. Selain memberikan kompres hangat, berikan anak asupan air putih agar anak terhidrasi dengan cukup. Kemudian, berikan pijatan lembut pada daerah perutnya hingga anak dapat kentut. Memberikan pijatan lembut yang tepat merupakan salah satu cara menjadi ibu penyanyang bagi anak-anaknya.

2. Menggerakkan kaki seperti gerakan bersepeda

Jika usia anak masih bayi, coba letakkan anak di tempat tidur secara terlentang. Kemudian angkat kedua kaki bayi Anda kemudian gerak-gerakkan seperti posisi gerakan mengayuh sepeda secara perlahan. Hal ini berfungsi untuk menggerakkan otot perus dan sistem pencernaan, sehingga diharapkan angin yang berada pada perut dapat keluar dengan kentut maupun sendawa.

3. Menghindari makanan yang memicu perut kembung

Makanan-makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti soda, permen karet, cokelat dan lain-lain dapat memicu anak mengalami perut kembung. Meskipun anak-anak menyukai makanan-makanan tersebut, cara menjadi ibu bijak adalah memilihkan makanan yang baik untuk anak saat mengalami perut kembung. Ini merupakan salah satu cara menjadi ibu rumah tangga yang pintar dalam memilihkan makanan yang baik bagi buah hatinya.

4. Tidak menggunakan sedotan saat minum

Saat minum-minuman dalam kemasan selalu dilengkapi dengan sedotan. Ataupun ketika anak kesulitan minum dari botol, Bunda selalu mencarikan solusi dengan memberikan sedotan agar anak-anak mau meminumnya. Sebaiknya, Bunda tidak selalu menuruti keinginan si kecil. Mencarikan alternatif minuman yang lain adalah solusi yang terbaik. Biasakan anak bunda meminum dengan menggunakan gelas. Hal ini dapat mengurangi udara yang masuk ke dalam mulut.

5. Mengurangi konsumsi jus buah

Memberikan jus buah kepada anak lebih dari satu gelas perhari dapat membuat perut anak menjadi kembung. Gula buah yang ada pada buah tidak semua dapat tercerna oleh sistem pencernaan anak, sehingga dapat menimbulkan perut kembung pada anak.

Oleh karena itu, Bunda sebaiknya membatasi asupan konsumsi jus bauh per hari pada anak. Meskipun selalu membatasi asupan konsumsi jus buah, sebaiknya tidak selalu memaksa anak-anak untuk meminum jus, tetapi dapat diganti dengan langsung memakan buah-buahan tersebut. Tidak memaksa anak adalah salah satu cara menjadi ibu yang lemah lembut untuk anak-anaknya.

6. Memakan makanan dengan baik

Mengunyah makanan yang tidak terlalu terburu-buru dapat meminimalisir terjadinya kembung pada perut anak. Begitu pula ketika terlalu lama mengunyah makanan. Bunda sebaiknya membiasakan anak-anak untuk mengunyah makanan tidak terlalu cepat namun juga tidak terlalu berlama-lama yang dapat merusak kesehatan gigi anak.

Kemudian, usahakan anak-anak berjalan-jalan usai makan, agar perut tidak terasa begah. Atau ajak anak berkeliling di kebun atau taman agar anak tidak langsung duduk bermain dengan mainan. Mengajak anak berjalan bersama merupakan cara menjadi ibu yang menyenangkan. Karena anak-anak tidak hanya terfokus pada mainannya saja, namun dapat bermain di alam dengan ibunya.

Melihat anak-anak kembali sehat dan ceria merupakan kebahagian tersendiri bagi orang tua bila dibandingkan harus melihat anak-anak dalam keadaan tak berdaya dan kurang lincah, sehingga tidak dapat beraktivitas ceria. Cara menjadi ibu bahagia adalah melihat pertumbuhan anak-anaknya tetap sehat dan ceria. Jadi, ketika anak-anak mengalami keluhan ibu jangan panik terlebih dahulu, kenali gejalanya kemudian lakukan pencegahan ataupun pengobatan yang tepat.