Sponsors Link

15 Cara Menjadi Ibu yang Cerdas bagi Anak Remaja Zaman Now

Sponsors Link

cara menjadi ibu yang cerdasMemiliki anak remaja memang sesuatu yang menyenangkan, namun juga melelahkan dan membuat kewalahan. Hal ini karena di usia remaja adalah masa dimana anak sangat membutuhkan perhatian yang lebih dan juga ditangani dengan cara yang tepat.

ads

Lantas, apa saja cara menjadi ibu yang cerdas bagi anak remaja? Yuk kita bahas satu per satu. Anda harus bisa mempraktekkan cara menjadi ibu rumah tangga yang sukses yang akan dikagumi oleh suami maupun anak Anda.

  1. Memposisikan Diri Anda sebagai Teman

Salah satu cara menjadi ibu yang cerdas adalah dengan bisa memposisikan diri kita sebagai teman bagi anak remaja kita. Hal ini karna anak remaja bukanlah anak kecil lagi. Mereka akan kurang suka jika kita memposisikan mereka seperti anak kecil.

Alangkah lebih baiknya jika kita bisa mengerti dan menyikapi mereka layaknya teman mereka. Dengan begitu, mereka akan lebih terbuka dengan kita. Nah, untuk Anda yang sekarang belum menyadari ini, segera lakukan cara ini.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Penting juga bagi Anda untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak Anda. Hal ini karna anak remaja biasanya memiliki dunianya sendiri. Sehingga Anda harus bisa menjadi pendengar yang baik. Sehingga Anda bisa mengerti perasaan dan keinginannya dengan lebih baik lagi.

Anda harus tahu cara menjadi wanita peka yang bisa mengerti anak Anda. Dengan mendengarkan, Anda bisa melakukan hal-hal yang mungkin tidak Anda lakukan jika tidak mendengarkannya dengan baik.

  1. Memberi Pengertian dengan Cara yang Tepat

Anda harus bisa memberi pengertian kepada anak remaja Anda dengan tepat. Jangan hanya menasehati namun tidak bisa mereka mengerti dan cerna. Jadi, hati-hatilah dalam memberi pengertian pada anak remaja Anda agar mereka tidak enggan untuk menuruti apa yang kita mau.

Anda harus tahu cara menjadi ibu bijak dalam memberi pengertian. Jangan sampai anak Anda jadi menjauhi Anda karna dia menganggap Anda hanya memperlakukan mereka seperti anak kecil yang masih perlu diomelin.

  1. Kenal dengan Teman-temannya

Anda juga sebaiknya harus kenal dengan teman-temannya. Hal ini agar Anda bisa banyak bertanya dan bisa memantau anak remaja Anda dengan lebih mudah. Dengan begitu, Anda akan tahu apa yang sedang dia lakukan dan bisa tahu jika terjadi apa-apa dengan anak Anda.

Sponsors Link

  1. Berhubungan Baik dengan Gurunya di Sekolah

Salah satu cara menjadi ibu yang cerdas bagi anak remaja adalah memiliki hubungan yang baik dengan gurunnya. Hal ini agar Anda bisa tahu apa yang terjadi di sekolah jika terjadi apa-apa atau mungkin ada yang perlu untuk dibicarakan bersama guru ataupun kepala sekolah.

Anda harus bisa mencari cara yang tepat dalam mendidikan anak agar pintar di sekolah. Bukan hanya cuap cuap tanpa gerakan dan progress yang berarti. Anda harus bisa menemukan solusinya. Dengan berhubungan baik dengan gurunya di sekolah, Anda bisa meminta saran dan nasehat dari guru tersebut.

  1. Tidak Memarahi tanpa Sebab

Ini adalah hal yang patut Anda hindari. Anak Anda bukan anak kecil lagi. Jika Anda senang sekali marah-marah tanpa sebab, itu akan membuatnya risih pada Anda. Alhasil, dia menyembunyikan banyak hal dari Anda. 

ads

  1. Memahami apa yang Dia Inginkan

Anda sebaiknya bisa memahami dengan baik mengenai apa yang anak remaja Anda inginkan. Paham memang belum tentu harus mengabulkan apapun yang dia inginkan. Namun, setidaknya Anda bisa memahami keinginan itu dan memberikan pengertian jika Anda tidak bisa mengabulkan keinginannya.

Anda harus tahu cara menjadi ibu teladan bagi anak remaja Anda. Jangan hanya menuntut ataupun menolak tanpa bisa memahami apa yang anak Anda rasakan dan yang dia inginkan. Anda harus bisa memberi contoh bagaimana menghargai dan memahami seseorang sehingga dia pun kelak akan memahami Anda juga.

  1. Mengenali Dunia Remajanya

Jika anak Anda sedang di masa jatuh cinta, Anda bukannya malah memarahi ataupun mengekang. Biar bagaimanapun, Anda tentunya pernah mudah. Jadi, pantaulah dengan sewajarnya dunia remaja anak Anda. Jangan menjadi ibu yang terlalu posesif sehingga anak Anda akan malas untuk bercerita dengan Anda.

Ajarkanlah kepadanya mengenai cara menjadi wanita remaja yang baik, dalam hal penampilan, perilaku, maupun pendidikan. Anda harus bisa menyelami dunia remajanya. Sehingga Anda bisa diposisikan sebagai sahabatnya yang bisa diterima nasehat dan saran dari Anda.

  1. Memberikan Nasehat yang Membangun

Berilah nasehat yang bisa membangun masa remajanya menjadi lebih baik lagi. Misalkan anak Anda belum terlalu suka berdandan, ajaklah untuk berdandan yang elegan dan tidak terlalu norak. Ini akan membuatnya jadi lebih dekat dan nyaman dengan Anda.

  1. Tidak Memaksakan Keinginan Anda

Misalkan Anda begitu ingin anak Anda menjadi pintar, jangan terlalu memporsir diri mereka untuk menjadi seperti yang Anda inginkan. Dia sudah remaja dan sudah bisa memilih. Anda harus mendengarkan apa yang dia inginkan, jangan hanya apa yang Anda inginkan.

Ini juga merupakan salah satu tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak agar menjadi anak yang lebih baik lagi. Jika Anda terlalu memaksakan keinginan Anda tanpa bisa memahmi dia, maka itu akan memperburuk keadaan dan hubungan kalian. Jadi, jangan terlalu egois sebagai ibu.

  1. Tidak Membatasi Potensinya

Beberapa anak remaja memiliki potensi yang terkadang tidak kita duga. Anda tidak boleh membatasi potensi yang dimiliki oleh anak Anda. Bahkan harusnya Anda ikut mengembangkannya agar anak Anda bisa menjadi terhebat sesuai potensinya.

  1. Mendukung Hal yang Dia Minati

Anda harus bisa menjadi pendukung yang baik untuk anak Anda. Apapun yang dia minati, seharusnya Anda dukung. Meski terkadang Anda tidak suka dan tidak setuju akan hal itu. Namun selama itu tidak membahayakan, Anda harusnya tidak perlu terlalu melarang.

Mungkin dengan menemaninya berolahraga, menari, atau belajar bisa menjadi salah satu  cara mengisi waktu luang bagi ibu rumah tangga seperti Anda. Anda juga bisa sekaligus menunjukkan kalau Anda mendukung apa yang dia minati. 

Sponsors Link

  1. Mengajaknya Berdiskusi

Salah satu cara menjadi ibu yang cerdas adalah dengan mengajak anak Anda berdisuksi. Bukan hanya sekedar menggurui. Biar bagaimanapun, usia Anda dan anak Anda berbeda. Tingkat pemahaman kalian berbeda. Jadi, libatkanlah anak Anda untuk berdiskusi, jangan hanya mengajari tanpa dia paham.

  1. Memuji Sewajarnya

Anda juga jangan terlalu memuji berlebihan anak Anda. Ini akan membuatnya menjadi tinggi hati dan cepat puas. Pujilah sewajarnya saja. Mintalah dia untuk melakukan yang lebih baik lagi sehingga dia tidak cepat puas dengan apa yang dia gapai.

Anda harus tahu cara menjadi ibu yang penyayang, namun bisa memberikan dukungan berupa pujian secukupnya. Dengan begitu, anak Anda akan tetap nyaman kepada Anda. Namun juga tidak terlalu berharap banyak penghargaan dari Anda.

  1. Memperhatikan Nutrisi yang Dia Konsumsi

Salah satu cara menjadi ibu yang cerdas adalah dengan senantiasa memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi anaknya. Hal ini karena akan sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak Anda.

Baiklah, itulah 15 cara menjadi ibu yang cerdas bagi anak remaja. Semoga hubungan Anda dan anak remaja Anda bisa menjadi lebih baik lagi setelah melakukan cara-cara di atas.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting