5 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Baik untuk Stabilkan Tekanan Darah

79

makanan-penurun-darah-tinggi

Sebanyak 57 milyar penduduk dunia mengidap tekanan darah tinggi. Menurut WHO, badan kesehatan dunia, tekanan darah tinggi berisiko menyebabkan serangan jantung, stroke, kerusakan retina, bahkan pada kasus terburuk dapat berujung pada kematian.

Faktanya, siapa saja dapat terjangkit penyakit yang satu ini, tanpa memandang umur ataupun jenis kelamin.

Beberapa faktor yang berpotensi memicu munculnya tekanan darah tinggi antara lain kebiasaan makan yang tidak sehat (mengkonsumsi frozen food yang jelas-jelas mengandung bahaya mengkonsumsi frozen food), gaya hidup sedentari masyarakat perkotaan, dan stres akibat tekanan atasan ataupun karena hubungan sehari-hari.

Beruntungnya, 99% dari masalah ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengubah gaya hidup sedentari menjadi lifestyle yang lebih sehat. Sekarang, Anda cukup duduk dan rileks. Artikel tentang makanan penurun darah tinggi ini akan membeberkan makanan apa saja yang dapat Anda konsumsi untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki khasiat untuk mengusir efek-efek negatif dari gaya hidup penuh tekanan yang terjadi pada sebagian besar dari kita. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, zat potasium yang terkandung di dalam mayoritas sayuran berdaun hijau membantu mengeluarkan kelebihan sodium (salah satu dari sekian penyebab terjadinya tekanan darah tinggi) dari tubuh kita.

Inilah mengapa makanan penurun darah tinggi ini bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah tinggi.

Berikut adalah referensi sayuran hijau yang sebaiknya Anda konsumsi secara teratur untuk menurungkan tekanan darah tinggi:

2. Susu skim dan yogurt

Susu skim dan yogurt adalah makanan penurun darah tinggi selanjutnya. Kedua jenis olahan susu sapi ini mengandung rendah lemak, dan merupakan sumber kalsium serta potasium yang baik. Seperti yang kita tahu, kalsium dan potasium berkhasiat untuk mengeluarkan sodium dari dalam tubuh.

Disebutkan dalam salah satu jurnal kesehatan berjudul “Nutrients”, mengkonsumsi yogurt secara reguler dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Apabila Anda menderita darah tinggi, ada baiknya untuk minum 2 gelas susu rendah lemak dan 1-2 cup kecil yogurt rendah lemak per hari untuk menstabilkan tekanan darah Anda.

3. Buah beri

Buah beri memiliki potensi tinggi menjadi makanan penurun darah tinggi berikutnya. Beragam buah beri kaya akan kandungan vitamin C, polyphenol, tinggi serat, dan anthocyanin.

Para ilmuwan menegaskan bahwa para wanita yang mengkonsumsi jus buah beri mengalami penurunan tekanan darah dan pelemasan arteri kaku secara signifikan. Sumber lain juga membuktikan jika konsumsi jus buah beri secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah pada lansia berumur 50-70 tahun.

Untuk mencegah tekanan darah tinggi sejak dini, Anda dapat menyajikan smoothie buah beri (yang notabene adalah camilan sehat untuk anak) tiap hari untuk menjaga tekanan darah anak.

4. Oatmeal

Selama ini, oatmeal dikenal sebagai salah satu alternatif sarapan di samping nasi dan roti. Selain itu, secara turun-temurun oatmeal juga dinobatkan sebagai salah satu resep ramuan pencerah kulit alami yang ampuh mengembalikan cerah kulit.

Siapa sangka, rupanya oatmeal juga berperan sebagai makanan penurun darah tinggi yang efektif mengontrol tekanan darah. Oatmeal mengandung serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral dalam jumlah tinggi. Jenis makanan penurun darah tinggi ini juga baik dikonsumsi sebagai makanan diet.

Tidak berhenti sampai disitu, manfaatnya untuk pengidap darah tinggi juga tidak kalah luar biasanya. Para peneliti menemukan dampak positif pada orang-orang yang mengkonsumsi sekitar 5 gram oat per hari dimana terjadi penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 7,7 mm/Hg, dan penurunan tekanan darah tinggi diastolik sebesar 5,5 mm/Hg.

Kini, konsumsi oatmeal untuk sarapan bergizi dan berenergi tiap hari menjadi makanan yang ramah untuk pengidap darah tinggi juga, ya.

5. Dark chocolate

Akhirnya, jenis makanan penurun darah tinggi yang jadi favorit kita semua! Dark chocolate adalah makanan penurun darah tinggi yang efektif mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonol yang terdapat di dalam dark chocolate.

Para peneliti dari Universitas Adelaide menemukan hasil yang menarik. Dikatakan bahwa konsumsi dark chocolate harian sebanyak 30-1000 mg menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan. Untuk mengontrol tekanan darah Anda, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan sekeping dark chocolate sebagai kudapan di siang atau sore hari.

Kesimpulannya, jangan remehkan tekanan darah tinggi. Kunjungi dokter spesialis Anda dengan teratur, minum obat-obatan yang dianjurkan, dan ikuti gaya hidup sehat untuk mengatasi dampak negatif dari tekanan darah tinggi. Yang terpenting, konsumsi selalu makanan penurun darah tinggi untuk menjaga tekanan darah Anda.