4 Penyebab Rambut Beruban dan Fakta Menarik tentang Uban pada Wanita

35

penyebab-rambut-beruban

Ladies, sudahkah kamu menemui uban pertamamu? Sejak usia dini kita sering kali menjumpai atau mendengar bahwa kebanyakan orang secara alami akan mendapatkan uban pertama mereka seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya umur. Meskipun mungkin Ladies bersikap “bodo amat” dan “iya-iya” saja menerima fakta ini tanpa sangsi sedikit pun, kemungkinan besar Ladies pasti pernah bertanya-tanya mengenai apa saja yang jadi penyebab rambut beruban. Dan jika penyebab rambut beruban adalah sesuatu yang selalu membuat kamu penasaran, maka kamu sangat beruntung! Sebab, di bawah ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan tentang mengapa rambut kita berubah menjadi putih, termasuk apakah stres merupakan salah satu penyebab rambut beruban atau tidak. Bersiaplah untuk menerima perubahan warna rambut Ladies dengan elegan dan anggun!

Mengapa rambut kita berubah putih, ya? Ternyata, ada lebih dari satu faktor yang berkontribusi terhadap perubahan warna rambut. Berikut adalah empat kemungkinan penyebab rambut beruban.

1. Pengurangan atau kekurangan jumlah melanin

Sebelum kita menyelam lebih dalam tentang penyebab rambut beruban yang satu ini, mari kita pelajari satu materi terkait sains secara singkat sebagai intermezzo. Melanin menentukan rona rambut manusia, dan seperti pencampuran warna cat, jumlah dan kombinasi melanin menentukan warna rambut seseorang. Rambut putih atau biasa kita sebut sebagai “uban” adalah akibat dari berkurangnya melanin di dalam rambut, yang sebagian disebabkan oleh penurunan jumlah sel penghasil melanin secara bertahap seiring bertambahnya usia, serta beberapa faktor lainnya yang memungkinkan terjadinya penurunan jumlah melanin, seperti tanda yang muncul di tubuh ketika stres berat.

2. Tekanan batin atau stres

Kita semua pasti pernah mengalaminya – stres karena pekerjaan (yang harus segera ditangani dengan tips menghadapi tekanan dari atasan), ujian akhir, atau masalah-masalah lain tentang kehidupan secara umum hingga tanpa disadari rambut menjadi beruban dengan sendirinya. Apakah ada kebenaran di balik stres sebagai salah satu penyebab rambut beruban? Ternyata ada, lho; namun hanya sampai batas tertentu. Kemungkinan besar, rambut manusia tidak akan secara mendadak kehilangan warna karena stres atau ketakutan yang mendalam terhadap sesuatu. Artinya, stres dapat menjadi penyebab rambut beruban secara berangsur-angsur dalam jangka panjang. Di samping itu, radikal bebas – bahan kimia bersifat merusak yang dapat disebabkan oleh stres atau faktor lain seperti merokok (karena berbahaya bagi wanita, hindari akibat merokok bagi wanita sedini mungkin) – dapat bertanggung jawab pula dalam menghancurkan sel-sel induk penghasil pigmen di dalam rambut.

3. Pengaruh gen

Seperti yang bisa ditebak, gen juga berpengaruh terhadap penyebab rambut beruban yang berikutnya. Hal ini dikarenakan gen di dalam DNA manusia turut serta berperan dalam mengendalikan produksi melanin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas London, ditemukan terdapat satu gen spesifik bernama “IRF4” yang menyumbang sekitar 30% penyebab rambut memutih. Selain itu, hasil penelitian lainnya yang dipublikasikan oleh Jurnal Dermatologi menunjukkan bahwa terdapat tiga gen di dalam tubuh manusia yang dapat membantu mempertahankan jumlah sel penghasil melanin secara stabil.

4. Merokok

Para ilmuwan menduga merokok dapat menyebabkan perubahan kimia yang berdampak pada rusaknya sel penghasil melanin. Lebih jauh lagi, suatu studi menegaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara timbulnya uban sebelum usia 30 tahun dengan merokok, dimana perokok rata-rata memiliki rambut yang memutih lebih awal daripada mereka yang tidak merokok. Terlebih lagi, disebutkan juga bahwa gaya hidup dan pola tidur yang tidak sehat (seperti bahaya begadang untuk kesehatan) juga berpengaruh secara signifikan terhadap timbulnya uban lebih dini.

Pertanyaannya, bisakah kita mencegah rambut beruban? Nah, mencegah rambut beruban selamanya mungkin bukan pilihan yang dapat kita buat. Meskipun kita sudah mengambil langkah-langkah yang dirasa tepat untuk menghindari faktor-faktor penyebab rambut beruban seperti merokok dan meminimalkan stres, tidak banyak yang dapat kita lakukan tentang gen kita (yang sejatinya merupakan fitrah kita sebagai manusia secara biologis) dan proses penuaan itu sendiri.

Apabila Ladies kurang menyukai tampilan baru dengan rambut beruban dan memilih untuk kembali ke warna rambut asli Ladies – tanpa warna putih atau abu-abu – strategi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengecat atau mewarnai rambut. Tentu saja, Ladies tidak harus menggunakan warna solid seperti hitam legam atau coklat terang untuk menyamarkan uban. Ikuti tren terkini dengan memadukan uban dengan teknik highlight dan lowlight rambut.