4 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Wanita yang Wajib Dihindari

47

bahaya-begadang-untuk-kesehatan

Seringkali kita memutuskan untuk begadang karena beragam alasan: belajar untuk ujian, menyusun materi meeting, atau menunggui anak yang sedang sakit. Sewaktu muda, begadang bukanlah hal besar yang bisa mempengaruhi performa kita keesokan harinya. Namun seiring dengan bertambahnya usia, begadang jadi satu tantangan terbesar yang pernah kita alami. Kita tahu betapa menyakitkan terbangun di pagi hari setelah mengalami malam yang panjang namun tidak mendapat cukup tidur.

Kita semua tahu bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan bermaca-macam hal buruk: mengurangi tingkat produktivitas selagi bekerja, mengacaukan suasana hati, dsb. Tapi, tahukah kamu apa bahaya begadang untuk kesehatan? Beginilah pengaruh buruk yang dapat timbul akibat kurang tidur atau begadang semalaman bagi kesehatan tubuh.

1. Beresiko terkena hilang ingatan jangka pendek

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa memiliki kualitas tidur yang 75% lebih buruk dibandingkan anak-anak. Lalu, apa bahaya begadang untuk kesehatan yang berhasil disimpulkan dari penelitian ini? Faktanya, orang dewasa yang kurang tidur di malam hari ingatannya 55% lebih buruk daripada mereka yang cukup tidur atau tidak begadang. Hilang ingatan jangka pendek ini bisa berupa lupa melakukan hal-hal yang tergolong sederhana, seperti lupa membalas email penting, atau melupakan kata sandi ke akun email dan media sosial yang sering kita gunakan sehari-hari. Jika kamu begadang dikarenakan susah tidur atau memiliki gangguan lain yang berhubungan dengan tidur, coba atasi dengan cara mengatasi masalah seputar tidur.

2. Kurang fokus atau konsentrasi

Kita akan kehilangan konsentrasi atau susah fokus terhadap satu hal jika tubuh kita bekerja keras di bawah tekanan tanpa istirahat yang cukup. Tubuh kita akan berjuang mati-matian supaya bisa bertahan dengan energi seadanya, padahal ada banyak hal yang menguras energi kita yang harus kita kerjakan saat itu juga. Ini dapat berujung pada bahaya begadang untuk kesehatan yang berikutnya, yaitu dapat menimbulkan kurang fokus dan konsentrasi. Jika lelah, sebaiknya hindari memaksakan diri untuk terus belajar atau bekerja sepanjang malam.

Permasalahannya adalah alih-alih tidur, kebanyakan orang justru mengkonsumsi minuman berkafein supaya tetap terjaga. Padahal, ada banyak efek samping terlalu banyak konsumsi minuman berkafein yang tak baik buat kesehatan. Bisa dibilang, dampaknya sama buruknya seperti begadang.

3. Memperkeruh suasana hati

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa ketika kamu lelah, situasi selalu tampak jauh lebih mengerikan daripada biasanya? Ketika kurang tidur, bahaya begadang untuk kesehatan yang mungkin timbul adalah emosi kita mudah terpancing dan kesabaran kita gampang menipis. Akibatnya, kita jadi lebih mudah terserang stres. Beberapa tanda yang muncul di tubuh ketika stres pun bermunculan. Ketika lelah, sebisa mungkin tubuh kita mendapat cukup istirahat supaya pikiran dan jiwa kita tenang dan terhindar dari stres.

4. Mudah terserang penyakit

Ketika kurang tidur, tubuh kita mengalami kesulitan untuk mengatur koordinasinya sendiri. Tubuh kita dapat diibaratkan seperti mesin, ia butuh bahan bakar dan istirahat yang cukup agar bisa bekerja secara maksimal. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum-minuman beralkohol (intip akibat merokok bagi wanita yang wajib kamu waspadai), begadang adalah salah satu faktor yang dapat mempercepat “aus”-nya tubuh kita. Apa yang terjadi kemudian? Sistem imun kita melemah sehingga kita mudah terserang penyakit.

Jadi, jika lain kali kamu memiliki deadline tugas atau proyek besar yang sangat mendesak, selalu ingat untuk tidak begadang dan kerjakanlah sesuai dengan jadwal yang sudah kamu susun sedemikan rupa sehingga kamu tidak perlu mengorbankan waktu tidurmu yang berharga. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari bahaya begadang untuk kesehatan yang mengerikan ini dan tetap produktif, ceria, serta sehat sepanjang tahun!