Coba 4 Cara Mengatasi Masalah Seputar Tidur yang Ampuh Membuatmu Terlelap Malam Ini

49

cara-mengatasi-masalah-seputar-tidur

Jika ada produk ajaib yang mampu membuatmu menjadi lebih sehat secara fisik dan psikis, apa kamu bersedia menggelontorkan sejumlah uang untuk membelinya? Hebatnya, kamu enggak perlu membuang-buang uang untuk membeli apapun karena tidur bisa menjadi solusinya. Sayangnya, lebih dari 1/3 populasi orang dewasa mengaku mereka tidur selama kurang dari 7 jam per hari! Padahal dengan cukup tidur, kamu bisa menjadi lebih bertenaga di pagi hari. Pikiranmu pun jadi lebih jernih.

Ketahui cara mengatasi masalah seputar tidur dan nikmati malam-malam bebas gangguan demi tidur lelap dan tenang.

1. Cara mengatasi masalah seputar tidur: mendengkur

Solusi dari permasalahan yang satu ini adalah dengan berpegang pada dua kunci penting bernama “kesabaran” dan “ketekunan”. Mendengkur sewaktu tidur disebabkan oleh renggangnya lapisan sel pada bagian belakang tenggorokan yang menyumbat saluran pernapasan ketika kita berbaring. Pada sebagian orang, volume dengkurannya bisa jadi lebih kencang ketika mereka tidur dengan posisi tengkurap. Namun, ada penyebab ngorok pada wanita lainnya yang bervariasi. Coba trik unik ini: jahit bola tenis pada bagian kantung saku baju dan kenakan pakaian itu secara terbalik ketika tidur. Awalnya terasa enggak nyaman, namun hal ini bisa mencegah tubuhmu untuk tidur dalam posisi yang kurang pas secara natural. Atau, kamu bisa mendatangi dokter THT dan konsultasikan solusi medis untuk mengatasi persoalan ini.

2. Cara mengatasi masalah seputar tidur: sering bergerak-gerak

Susah tidur karena suamimu selalu bergerak kesana kemari sewaktu tidur? Atau, justru suamimu mengeluh susah tidur di malam hari karena gerak tubuhmu sewaktu tidur? Persoalan yang satu ini juga bisa jadi salah satu alasan mengapa pria beristri masih selingkuh, lho. Jadi, jangan sampai kamu juga mengalaminya! Ganti kasurmu dengan jenis ranjang yang mampu meredam efek “pantulan” akibat gerakan yang ditimbulkan. Atau, kalau kamu sudah enggak betah lagi, pertimbangkan untuk tidur di kasur yang berbeda. Ini demi meminimalisir gangguan yang kamu terima selagi tidur.

3. Cara mengatasi masalah seputar tidur: susah tidur

Jika kamu mengalami problem yang satu ini, cara mengatasinya adalah dengan menyusun bedtime routine atau melakukan serangkai kegiatan yang bisa menenangkan tubuhmu sebelum kamu benar-benar beristirahat di kasur. Kegiatan-kegiatan yang rileks ini akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa inilah saatnya untuk mengumpulkan kembali energi untuk beraktivitas esok pagi. Eits, tapi jangan sampai salah mengartikan bahwa bedtime routine ini bisa mencakup kegiatan relaksasi seperti bermain game atau berselancar di dunia maya, ya.

Sebisa mungkin kurangi frekuensi penggunaan ponsel ataupun alat elektronik lainnya minimal 2 jam sebelum tidur malam. Radiasi yang dipantulkan oleh layar benda-benda elektronik menghambat terbentuknya melatonin, hormon yang dibutuhkan untuk membuatmu tertidur. Ganti lampu ruangan dengan lampu tidur yang nyalanya redup untuk menciptakan atmosfer lebih nyaman. Kalau kamu tidur dalam suasanya yang enggak nyaman, ini bisa menimbulkan stres dalam jangka panjang dan kamu harus tahu apa saja tanda yang muncul di tubuh ketika stres.

4.  Cara mengatasi masalah seputar tidur: terbangun di malam hari

Seringkali kita tiba-tiba terbangun di malam hari. Menurut para ahli, hal ini terhitung normal apabila kita bisa kembali tidur dengan mudah. Tapi, kalau kamu merasa terganggu karena kebiasaan buruk yang satu ini dan kesulitan untuk menyambung mimpimu yang tiba-tiba terputus, mungkin kamu harus menganggap serius problem yang satu ini. Alih-alih memaksa dirimu untuk terbaring di kasur karena khawatir kamu enggak bisa tidur lagi sampai pagi datang, lebih baik alihkan fokusmu pada hal-hal yang bisa menenangkan pikiranmu. Misal: membaca buku, merajut, atau melakukan kegiatan wanita sukses di waktu senggang yang ampuh merilekskan tubuh. Setelah melakukan kegiatan-kegiatan rileks ini, kamu akan segera mengantuk dan kembali tidur dengan pulas.

Selalu ingat untuk mendapatkan cukup tidur di malam hari, Ladies. Kurang tidur atau tidur dengan kualitas buruk dapat mempengaruhi mood-mu. Kamu akan kesulitan untuk berpikir jernih, sering mengantuk, dan tingkat konsentrasimu menurun drastis. Dengan tidur cukup dan nyenyak setiap hari, kamu bisa terhindar dari empat masalah seputar tidur di atas. Sleep tight, Ladies!