Pelajari 3 Cara Meningkatkan Produktivitas Ini, Wanita Karier Wajib Tahu

25

cara-meningkatkan-produktivitas

Sangat sulit untuk bisa menjaga tingkat produktivitas kita di waktu luang, terlepas dari status kita sebagai wanita karier atau ibu rumah tangga yang juga bekerja dari rumah. Kita mudah tergoda dengan tayangan-tayangan TV dan empuknya sofa di ruang tengah. Akhirnya, pada hari libur pun kita memilih untuk menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan. Padahal, hari libur atau waktu senggang adalah momen yang tepat untuk mengisi ulang energi dan produktivitas kita.

Apabila kamu mengalami permasalahan yang sama dan berniat untuk jauh-jauh dari “malas-malasan” di akhir pekan ini, kamu patut mengikuti cara meningkatkan produktivitas a la Lizzie Parra dan girlboss ternama lain yang super efektif di bawah ini.

1. Jauhi gangguan yang bersifat mengalihkan perhatian

Ketika kita berada di rumah, ada banyak benda yang tergolong sebagai distraction alias benda-benda pengalih perhatian. Contohnya? TV, ponsel, majalah – hingga anggota keluarga yang seringkali menyita waktu kita bahkan di hari libur sekalipun. Kita harus pandai-pandai menentukan dimana dan kapan kita bisa merasa paling produktif – dan ini menjadi cara meningkatkan produktivitas yang pertama sekaligus cara menjadi wanita sukses yang pandai mengendalikan waktu. Apabila kamu merasa terganggu dengan suara bising celoteh anak-anak, maka kamu bisa mengunjungi kafe terdekat dan menyelesaikan pekerjaanmu disana. Supaya lebih produktif, kamu harus disiplin dalam memutus gangguan yang bisa mempengaruhi performa bekerjamu.

2. Bekerja secara efektif

Bahkan di hari libur pun para wanita sukses ini tetap bekerja dan bekerja sepanjang hari. Hal ini dikarenakan mereka merasa akan sangat sia-sia jika menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal kurang berfaedah seperti menggosip atau menggulir laman Facebook tanpa henti. Bertekad menjadi produktif di hari libur berarti kita mendedikasikan seluruh waktu yang kita miliki untuk berhenti melakukan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan perkembangan karier kita. Bekerja secara efektif ini juga tergolong dalam salah satu hal yang bisa kita teladani dari Maudy Ayunda, lho. Untuk mewujudkannya, cara meningkatkan produktivitas yang kedua adalah dengan membuat jadwal ketat yang harus kita patuhi. Jangan bersikap lunak pada diri sendiri. Patuhi jadwal yang sudah kamu buat dan bekerjalah secara efisien.

3. Hindari memaksa diri bekerja terlalu keras

Ada banyak hal yang harus kamu tuntaskan di hari liburmu, namun itu bukan berarti bahwa kamu harus mengerahkan sisa tenaga yang kamu punya di pekan itu untuk bekerja terlalu teras. Para wanita sukses tahu bahwa bekerja keras tidak membuahkan hasil yang sama seperti kerja cerdas. Untuk mencegah timbulnya tanda yang muncul di tubuh ketika stres karena bekerja terlalu berat, kamu bisa mengistirahatkan diri tiap setengah jam atau sejam sekali. Kamu bisa melakukan peregangan ringan untuk melemaskan otot-otot yang tegang selagi kamu bekerja, atau menikmati secangkir teh untuk menyegarkan pikiran.

Tak peduli sekeras apapun kamu mencoba cara meningkatkan produktivitas ini, kamu tidak boleh lupa untuk menghadiahi dirimu sendiri dengan pujian dan hadiah karena telah bekerja begitu keras bahkan di hari liburmu. Kamu juga harus bercermin dan merefleksikan hal-hal yang telah kamu perbuat; apakah semuanya berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah kamu susun, apakah hasilnya sesuai dengan harapanmu, hal-hal apa saja yang berjalan sesuai dengan rencana dan apa yang tidak; kesemua pertimbangan ini perlu kamu pikirkan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerjamu di waktu yang akan datang. Have a nice day, Ladies.