Ladies, Inilah 5 Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Berkafein !

30

Kopi dan teh adalah minuman yang sangat digemari dan mempunyai manfaat kopi untuk kesehatan wanita. Sebagian besar mengandung kafein, suatu zat yang dapat meningkatkan mood, metabolisme, dan kinerja mental dan fisik Anda.

Studi juga menunjukkan bahwa kandungan tersebut aman bagi kebanyakan orang ketika dikonsumsi dalam jumlah rendah hingga sedang seperti konsumsi resep ramuan pencerah kulit alami.

Namun, kafein dosis tinggi mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan berbahaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa gen Anda memiliki pengaruh besar pada toleransi Anda terhadapnya. Beberapa dapat mengonsumsi lebih banyak kafein daripada yang lain tanpa mengalami efek negatif.

Selain ada efek samping cuka apel untuk wanita. Berikut adalah 6 efek samping dari terlalu banyak konsumsi kafein :

1. Kecemasan

Kafein diketahui meningkatkan kewaspadaan.Ini bekerja dengan menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang membuat Anda merasa lelah. Pada saat yang sama, itu memicu pelepasan adrenalin, hormon “melawan atau melarikan diri” yang terkait dengan peningkatan energi.

Namun, pada dosis yang lebih tinggi, efek ini dapat menjadi lebih jelas, yang menyebabkan kecemasan dan kegugupan.

Asupan harian sangat tinggi 1.000 mg atau lebih per hari telah dilaporkan menyebabkan kegugupan, kegugupan dan gejala serupa pada kebanyakan orang, sedangkan asupan moderat dapat menyebabkan efek yang serupa pada individu yang sensitif terhadap kafein.

Selain itu, dosis sederhana telah terbukti menyebabkan pernapasan cepat dan meningkatkan tingkat stres.

2. Insomnia

Kemampuan kafein untuk membantu orang tetap terjaga adalah salah satu kualitasnya yang paling berharga. Di sisi lain, terlalu banyak kafein dapat menyulitkan untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Penelitian telah menemukan bahwa asupan kafein yang lebih tinggi tampaknya meningkatkan jumlah waktu yang diperlukan untuk tertidur. Ini juga dapat mengurangi total waktu tidur, terutama pada orang tua.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa terlalu banyak kafein mengganggu tidur Anda jika Anda meremehkan jumlah kafein yang Anda konsumsi.

3. Sering buang air kecil

Peningkatan buang air kecil adalah efek samping umum dari asupan kafein yang tinggi selain manfaatnya untuk kecantikan seperti manfaat kopi untuk kecantikan, karena efek stimulasi senyawa pada kandung kemih.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Anda perlu sering buang air kecil ketika minum lebih banyak kopi atau teh daripada biasanya.

Sebagian besar penelitian yang melihat efek senyawa pada frekuensi kemih telah difokuskan pada orang tua dan mereka yang memiliki kandung kemih yang terlalu aktif atau inkontinensia

4. Tekanan Darah Tinggi

Secara keseluruhan, kafein tampaknya tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada kebanyakan orang.

Namun, telah terbukti meningkatkan tekanan darah dalam beberapa studi karena efek stimulasi pada sistem saraf

Tekanan darah yang meningkat adalah faktor risiko serangan jantung dan stroke karena dapat merusak arteri seiring waktu, sehingga membatasi aliran darah ke jantung dan otak Anda.

Untungnya, efek kafein pada tekanan darah tampaknya bersifat sementara. Selain itu, tampaknya memiliki dampak paling kuat pada orang yang tidak terbiasa mengkonsumsinya.

5. Kerusakan otot

Rhabdomyolysis adalah kondisi yang sangat serius di mana serat otot yang rusak memasuki aliran darah, menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya.

Penyebab umum rhabdomyolysis termasuk trauma, infeksi, penyalahgunaan obat, ketegangan otot, dan gigitan ular atau serangga beracun.

Selain itu, ada beberapa laporan rhabdomyolysis terkait dengan asupan kafein yang berlebihan, meskipun ini relatif jarang terjadi

Itulah tadi ladies efek samping terlalu banyak konsumsi kafein selain manfaat minum kopi untuk wanita, semoga bermanfaat !