Jangan Salah Pilih, Ini 4 Tips Memilih Sunscreen yang Aman untuk Kulit

45

tips-memilih-sunscreen-yang-aman

Sebelum beraktivitas di bawah terik sinar matahari, penting bagi kita untuk memakai tabir surya atau sunscreen untuk mencegah sengatan sinar matahari, penuaan kulit dini, dan kanker kulit. Entah sekadar bersenang-senang di pantai atau mendaki gunung, mengoleskan sunscreen harus menjadi bagian dari keseharian kita ya, Girls. Namun, penting untuk mengetahui jenis sunscreen apa yang cocok dan aman untuk kulit. Saat memilih sunscreen, kita perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti tingkat perlindungan matahari (SPF), bahan-bahan yang digunakan, dan apakah kita membutuhkan sunscreen khusus untuk jenis kulit atau aktivitas tertentu. Kita juga harus mengingat faktor lain yang tak kalah pentingnya seperti alergi dan apakah sunscreen yang kita pilih berpotensi untuk mengganggu keseimbangan hormon kita.

Kalau kamu masih bingung bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat, ikuti tips memilih sunscreen yang aman untuk kulit di bawah ini, ya.

1. Pilih sunscreen dengan SPF 15 atau lebih

Apabila kamu aktif beraktivitas di luar ruangan (misal: pergi dan pulang bekerja atau kuliah), kulitmu rentan terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Rutin menggunakan sunscreen dengan SPF 15 atau lebih setiap hari memberikan manfaat sunblock untuk wajah berjerawat dan sensitif antara lain membantu melindungi kulit kita dari paparan matahari. Jadi ingat, langkah pertama dalam tips memilih sunscreen yang aman adalah untuk mempertimbangkan sunscreen ber-SPF sekurang-kurangnya SPF 15. Namun, jika aktivitasmu menuntutmu untuk berlama-lama di bawah terik matahari, kamu mungkin perlu memilih tingkat SPF yang lebih tinggi.

2. Pilih sunscreen dengan label “broad spectrum”

Tips memilih sunscreen yang aman berikutnya adalah dengan mempertimbangkan untuk menggunakan sunscreen berlabel “broad spectrum”. Artinya, sunscreen atau sunblock tersebut memiliki penangkal sinar UV-A dan UV-B sekaligus, yang mana kedua jenis sinar ultraviolet ini sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Kandungan yang digunakan untuk menangkal sinar UV-A dan UV-B tentunya berbeda, oleh karena itu kamu harus cermat dalam mengetahui bahan-bahan penyusun sunscreen yang tepat. Jika salah pilih, salah-salah kulit bisa terbakar. Jangan sampai tunggu menyesal dan kebingungan mencari tahu cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari.

3. Gunakan tabir surya berjenis “physical sunscreen”

Apa itu physical sunscreenSunscreen tipe yang satu ini bekerja dengan cara menangkal paparan sinar matahari dan memantulkannya kembali ke udara. Selain physical sunscreen, terdapat pula chemical sunscreen yang cenderung “menyerap” paparan matahari ke dalam kulit. Dengan kata lain, physical sunscreen bekerja di permukaan kulit, sedangkan chemical sunscreen tidak. Mengapa tips memilih sunscreen yang aman ini menyarankan kamu siapa memilih physical sunscreen daripada chemical sunscreen?

Tentu saja, dibandingkan chemical sunscreen, bahan-bahan penyusun physical sunscreen cenderung aman karena tidak diserap oleh kulit. Physical sunscreen biasanya ditandai dengan adanya kandungan seng oksida (zinc oxide) atau titanium dioksida (titanium dioxide). Pastikan untuk menggunakan sunscreen setelah memakai pelembab atau sebelum melanjutkan ke make up seperti yang disarankan pada tahap Korean skincare routine ini, ya.

4. Hindari menggunakan sunscreen kadaluwarsa

Selalu pastikan sunscreen yang kamu gunakan masih berada dalam masa pakai yang diperbolehkan, ya. Tips memilih sunscreen yang aman adalah mengetahui kapan expired date dari tabir surya yang kamu kenakan. Jika tanggal kadaluwarsanya sudah terlewati, buang sunscreen tersebut dan ganti dengan yang baru. Hal ini penting untuk diingat karena beberapa bahan aktif yang terdapat di dalam sunscreen dapat memburuk kualitasnya seiring dengan berjalannya waktu. Supaya makin aman, kamu bisa menjadwalkan untuk membeli sunscreen baru setahun sekali untuk menghindari bahan-bahan expired yang bisa membahayakan kulit.

Tips memilih sunscreen yang aman di atas bisa menjadi referensimu untuk mencari sunscreen yang baik buat kulitmu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan cara menggunakan sunblock wajah yang benar agar sunscreen-mu bekerja makin optimal.