Coba 4 Tips Menghadapi Tekanan dari Atasan di Tempat Kerja Tanpa Stres

22

tips-menghadapi-tekanan-dari-atasan

Menjadi seorang wanita dewasa yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan merupakan gambaran ideal pengusaha wanita sukses di dunia yang selalu kita idam-idamkan. Permasalahannya adalah kita tidak sepenuhnya sanggup mengemban tanggung jawab kita tanpa merasa ketakutan terhadap sosok atasan kita yang tampak “kejam” dan “beringas”.

Tapi, sebelum kamu panik, sebaiknya kamu tenangkan dulu pikiranmu sebelum kamu benar-benar berpikiran kalau bosmu adalah makhluk paling menyeramkan di dunia ini.

Merasa terintimidasi oleh atasan di tempat kerja merupakan hal yang normal dan bisa menimpa siapa saja, tak terkecuali pekerja senior sekalipun. Jika hanya dengan melihat bosmu memasuki ruangan saja sudah cukup membuatmu merinding, sepertinya kamu harus mengingat tips menghadapi tekanan dari atasan yang ada di bawah ini. Kamu akan jauh lebih produktif di tempat kerja jika kamu bebas dari belenggu rasa takut dan gugup.

1. Ingat bahwa bosmu juga manusia biasa

Tips menghadapi tekanan dari atasan yang satu ini terdengar remeh, ya? Namun, seperti dilansir dari situs Hercampus.com, Jane Scudder – pelatih pengembangan karier ternama – menegaskan bahwa tips ini adalah saran yang baik bagi siapa saja yang merasa terintimidasi oleh bosnya di tempat kerja.

Pikirkanlah atasanmu itu sebagai seorang manusia biasa, dia tidak jauh berbeda darimu: di rumah, dia berperan sebagai seorang anak, ibu, atau istri dari seseorang. Di luar kantor, dia adalah teman kuliah seseorang.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu bisa bertindak seenaknya dengan atasanmu. Tips ini menganjurkan supaya kamu tidak berlebihan merasa takut terhadap bosmu yang tidak lain juga memiliki kehidupan sebagai manusia biasa sepertimu. Atasanmu juga memiliki kekurangan sebagai seorang manusia, dia juga pasti pernah melakukan kesalahan di sepanjang karier profesionalnya.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa tertekan di tempat kerja. Rileks dan kerjakan tugas-tugas yang diberikan padamu dengan baik. Ini termasuk dalam hal dasar dari rahasia pengusaha wanita sukses di Indonesia yang tak banyak diketahui orang-orang.

2. Bosmu ingin kamu selalu melakukan yang terbaik

Tak cukup hanya dengan melakukan yang terbaik, bosmu juga mau kamu selalu menghasilkan yang terbaik. Inilah tips menghadapi tekanan dari atasan yang kedua sekaligus cara menjadi wanita sukses di tempat kerja.

Mereka ingin kamu – sebagai karyawan – mampu mengembangkan diri dan kariermu selagi kalian bekerja sama sebagai atasan dan bawahan. Daripada berpikiran yang tidak-tidak terhadap bosmu, lebih baik kamu menganggapnya sebagai seorang mentor atau pelatih yang bisa membinamu untuk menjadi pegawai yang lebih profesional.

Mana ada seorang atasan yang ingin melihat rekan kerjanya gagal? Jika kamu sukses, tentunya atasanmu juga akan merasa bahagia atas pencapaiamu tersebut. Apabila kamu gagal, bosmu akan membantumu bangkit kembali.

3. Kamu direkrut karena alasan yang jelas

Apabila kamu baru saja merasakan dunia kerja yang asing, mungkin sulit bagimu untuk mempercayai kemampuan dan potensi emas yang kamu miliki. Sebelumnya kamu tidak punya banyak pengalaman. Karena hal itu, kamu ragu pada dirimu sendiri apakah kamu benar-benar pantas diterima di perusahaan tempatmu bekerja.

Tips menghadapi tekanan dari atasan untuk melewati keragu-raguanmu adalah dengan meyakini bahwa kamu adalah kandidat terpilih yang dipercaya untuk memegang jabatan ini karena suatu alasan, dan apapun alasannya itu, bosmu telah menyetujui keputusan tersebut dengan besar hati.

Percaya pada keterampilan diri sendiri juga termasuk salah satu tips menjadi wanita karier yang sukses dimanapun kamu berada.

4. Alihkan rasa tertekan dan takut menjadi sumber motivasi

Solusi atau tips menghadapi tekanan dari atasan yang berikutnya adalah menggunakan rasa cemas yang kamu alami itu sebagai motivasi untuk melecutkan semangatmu agar selalu memberikan upaya terbaik di kantor.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan supaya tetap termotivasi di tempat kerja, seperti meminta penjelasan ulang tentang tugas-tugas rumit pada atasanmu, datang ke kantor tepat waktu setiap hari, dan mempersiapkan diri untuk bekerja dengan baik akan membuatmu merasa lebih nyaman di tempat kerja.

Selalu persiapkan mentalmu untuk kemungkinan-kemungkinan yang akan datang di masa depan. Dengan demikian, kamu sudah menjadi wanita cerdas dan sukses.

Adalah hal yang normal ketika kamu merasa tertekan oleh bosmu, tetapi kamu tidak boleh membiarkan hal itu menghalangi pekerjaanmu. Alih-alih merasa takut atau terintimidasi, cobalah mencari tahu mengapa kamu berpikiran seperti itu dan solusi dari permasalahan tersebut.

Percaya pada diri sendiri dan selalu lakukan yang terbaik; serahkan saja sisanya pada pengalaman kariermu. Tips menghadapi tekanan dari atasan ini akan selalu ada buatmu melewati krisis dunia kariermu. Good luck, Ladies.