Jadi Sosok yang Bisa Diandalkan, Inilah 4 Tips Membantu Teman agar Cepat Move On

29

tips-membantu-teman-agar-cepat-move-on

Ini adalah malam minggu yang kesekian kali sejak sahabat terbaikmu memulai “hobi” terbarunya: membicarakan tentang mantan dan sejuta kenangan yang dia tinggalkan. Bagaimana mantan kekasihnya itu selalu mengiriminya pesan singkat siang dan malam, bagaimana dulu mereka tampak seperti pasangan yang sempurna, bagaimana do’i-nya itu masih mengungkit-ungkit tentang kebiasaan buruk penyebab hubungan asmara tak lagi harmonis sewaktu mereka masih bersama, dan lain-lainnya lagi yang membuatmu tak henti memutar bola mata.

Meskipun kamu bersedia mendengarkan masalahnya, kamu mungkin merasa cemas atau lelah mendengarkan cerita yang sama tentang mantan kekasihnya itu. Tetapi karena kamu menyayangi sahabatmu itu lebih dari apapun, kamu ingin membantunya merasa baikan, bahagia, dan bebas dari belenggu masa lalu yang menyiksanya itu.

Jadi, apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk membantu menyembuhkan sakit hatinya itu? Berikut adalah beberapa tips membantu teman agar cepat move on yang bisa kamu lakukan tanpa membebani atau membuat temanmu itu merasa kewalahan dengan nasehat-nasehatmu.

1. Alihkan perhatiannya pada hal/kegiatan lain

Alih-alih secara langsung memaksanya untuk berhenti berbicara tentang mantannya, cobalah mengubah topik pembicaraan sebagai tips membantu teman agar cepat move on yang pertama. Kalau kamu tahu tontonan favoritnya, tanyakan padanya tentang acara TV apa yang selalu membuatnya terkikik. Atau ketika dia tidak bisa berhenti mengenang tentang kencan pertamanya dengan mantannya, minta padanya untuk merencanakan jalan-jalan di akhir pekan yang luar biasa demi mengalihkan pikirannya dari hubungan yang telah usai!

Dari meluangkan waktu untuk window shopping hingga berjalan-jalan santai di pesisir pantai, ada banyak ide dan topik yang bisa kamu coba sisipkan ke dalam obrolan kalian sehingga kamu juga bisa beristirahat untuk sejenak! Kamu juga bisa menyarankan padanya untuk mendengarkan lagu yang bikin kamu cepat move on jika dia terjebak lagi dalam kenangan masa lalunya itu. Awalnya dia mungkin akan menolak ide-ide segarmu, namun biarkan dia menentukan sendiri keputusannya. Jika dia setuju dengan ajakanmu, maka perlahan-lahan dia bisa mengubah suasana hatinya agar membaik.

2. Bersimpatilah terhadap masalahnya

Meskipun kamu ingin supaya temanmu itu segera memutuskan semua ikatan dengan mantannya, tetapi jika kamu tiba-tiba menyuruhnya berhenti secara paksa, selalu pastikan untuk melakukannya dengan cara yang meyakinkan dan lembut (terutama jika dia masih merasa agak sedih). Pada saat-saat seperti ini, tips membantu teman agar cepat move on yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendengarkan bagaimana perasaannya dan membiarkannya untuk menumpahkah segala keluh kesahnya padamu.

Tidak ada cara cepat move on dari putus yang menyakitkan yang kamu sarankan pada temanmu akan berhasil dia lakukan jika kamu tidak menjadi sahabat yang dewasa, penuh simpati, dan bisa diandalkan. Salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai sahabatnya adalah kamu hanya perlu berada di sampingnya ketika dia merasa down dan tawarkan tisu atau makanan ringan untuk membuat perasaannya baikan. Sangat bagus untuk memberitahunya bahwa kamu akan selalu ada untuknya dan memberikan saran terbaik untuk membantunya berpisah dari masalah ini.

3. Bersikap tegas dan jujur

Kalau kamu benar-benar merasa tidak nyaman dengan obrolan tentang mantannya yang seakan-akan tidak ada akhirnya itu, jangan takut untuk memberitahunya bahwa kamu tidak tahan lagi mendengar keluhannya. Penting untuk menjaga hubungan pertemanan kalian supaya tidak ada satu pihak yang merasa “dimanfaatkan” karena peristiwa sial ini. Tips membantu teman agar cepat move on yang berikutnya adalah dengan bersikap tegas dan jujur pada teman dekatmu tentang apa yang kamu rasakan.

Kamu bisa memberitahunya dengan mula-mula menyarankan padanya untuk mencoba tips move on setelah putus cinta, kemudian dilanjutkan dengan memintanya untuk berhenti mengeluh. Kamu bisa mengatakan padanya,”Meskipun aku yakin mantan pacarmu adalah orang yang luar biasa dan perhatian padamu, aku pikir kamu hanya menyulitkan dirimu sendiri untuk move on dan melupakan mantanmu itu jika kamu selalu mengenangnya seperti ini”. Meskipun sulit, namun temanmu akan menghargaimu karena kamu sudah berani bersikap jujur padanya.

4. Dengarkan curhatnya dengan sungguh-sungguh

Meskipun sepertinya hanya itu satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan, secara aktif mendengarkan curhat dari temanmu akan membantumu untuk memberinya nasehat yang tepat, dan akhirnya membantunya untuk move on. Biarkan temanmu belajar bahwa tak peduli seberapa bergantungnya dia dengan mantan pacarnya di masa lalu, sekarang dia memiliki kebebasan untuk memahami dirinya sendiri dan kesalahan-kesalahan yang sudah dia perbuat. Dengan begitu, dia bisa menginstropeksi dirinya sendiri dan membuat rencana untuk melanjutkan hidup yang lebih baik.

Cobalah membantu temanmu keluar dari masa “berkabungnya” dengan cara-cara kecil yang bisa memotivasinya ketika dia mengambil langkah pertama untuk move on, mulai dari menghapus nomor telepon mantannya atau membuang dress hadiah pemberian mantannya yang masih bersembunyi di belakang lemarinya. Jika dia masih perlu membicarakan tentang mantannya, cukup dengarkan saja. Pastikan untuk menjaga kesabaranmu dan bersikap positif terhadap temanmu itu, dan yakinilah bahwa pada akhirnya dia akan berhasil untuk sepenuhnya melupakan mantan kekasihnya. Semoga tips membantu teman agar cepat move on ini berhasil, Girls.