5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan yang Belum Banyak Orang Ketahui

82

Daun yang memiliki bau khas yang wangi ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit ladies lho. Mudah ditemukan dan harga yang terjangkau tidak akan menguras kantong ladies ketika ladies memutuskan untuk perawatan secara alami dengan menggunakan daun kemangi ini. Nah apa saja manfaat rahasia dibalik segarnya daun kemangi? Yuk simak manfaat rahasia dibalik segarnya daun kemangi berikut ini.

  1. Menghempaskan jerawat

Bau yang khas pada kemangi menandakan bahwa daun tersebut memiliki zat antibakteri dan antiinflamasi alami yang bermanfaat untuk menghempaskan jerawat yang sudah matang. Kandungan antibakteri yang ada pada daun kemangi tidak hanya sebagai cara menghilangkan jerawat saja, namun juga dapat menjadi cara mencegah jerawat tumbuh lagi pada wajah ladies.

Selain itu, kandungan antiinflamsi pada daun kemangi ini dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Caranya cukup mudah. Ambil beberapa helai daun kemangi dan satu ruas kunyit kemudian haluskan kedua bahan dan campur hingga merata. Selanjutnya aplikasikan campuran kedua bahan pada jerawat yang sudah matang.

  1. Menyamarkan flek hitam pada wajah

Selain manfaatnya yang dapat menghempaskan jerawat, daun kemangi yang digunakan masker untuk seluruh wajah dapat membantu menyarkan flek hitam pada wajah. Tidka hanya itu, daun kemangi juga dapat membantu menyamarkan bekas luka. Untuk membuat masker, ambil beberapa helai daun kemangi kemudian haluskan.

Selanjutnya tambahkan satu sendok makan madu dan air perasan jeruk lemon. Kemudian campur hingga rata dan aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan maksimal 3 kali seminggu.

  1. Menyamarkan tanda-tanda penuaan

Zat antioksidan yang terkandung pada daun kemangi diketahui bermanfaat untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan yang telah timbul pada wajah. Selain itu, menggunakan masker daun kemangi secara rutin juga dapat mengencangkan kulit.

Nutrisi yang ada pada daun kemangi membantu melindungi kulit dari radikal bebas akibat terpaan sinar ultraviolet yang ada pada sinar matahari. Sehingga secara otomatis kulit akan tampak sehat, cerah dan kencang. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan kerutan wajah dengan bahan alami.

Cara membuat masker daun kemangi yaitu ambil beberapa helai daun kemangi. Kemudian tumbuk hingga menjadi halus dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Selanjutnya aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan 15-20 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini maksimal 3 kali seminggu.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Untuk ladies yang memiliki masalah kesehatan pada mata, disarankan untuk mengonsumsi daun kemangi secara rutin.

Daun kemangi sendiri diketahui memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi sebanyak 100 gram daun kemangi segar setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan mata ladies.

  1. Menyembuhkan infeksi pada kulit

Sifat antimikro dan antiinflamasi pada daun kemangi segar diketahui dapat meringankan dan menyembuhkan eksim kulit.

Cukup menumbuknya dengan halus dan mengaplikasikan pada kulit-kulit yang sedang eksim, maka seiring berjalannya waktu, kulit akan membaik. Tidak hanya itu, luka yang dirawat dengan daun kemangi tidak akan meninggalkan bekas luka pada kulit ladies.