Bunda, Inilah 7 Tips Menghemat Pengeluaran Di Bulan Ramadhan Paling Mudah

18

Ramadhan menjadi salah satu rangkaian bulan yang harus dilaksanakan oleh umat islam, yang didalam nya terdapat kegiatan puasa, sahur, berbuka bahkan hari raya atau lebih akrab kita kenal dengan sebutan lebaran.

Sebagai seorang yang penting dalam keluarga, fungsi ibu dalam keluarga sangatlah penting dalam hal ini baik mempersiapkan masa puasa maupun persiapan menyambut masa lebaran kelak. Untuk itu salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik adalah dengan menyiapkan dan merencanakan persiapan menyambut bulan ramadhan ini dengan sangat baik.

Sebagai seorang ibu yang memiliki beberapa tanggung jawab ibu terhadap anak maupun anggota keluarga lainnya, saat bulan ramadhan ini hal yang paling penting adalah selalu menjaga dan mengontrol semua pengeluaran pembelanjaan.

Karena, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bulan ramadhan menjadi salah satu bulan dimana terjadi banyak pengeluaran. Oleh sebab itu salah satu ciri-ciri ibu yang baik adalah dengan mampu mengontrol semua pengeluaran maupun pemasukan.

Untuk itu, dibawah ini kamu akan menjelaskan mengenai tips mengehemat pengeluran yang bisa ibu terapkan dirumah nanti sehingga ibu bisa menjadi seseorang yang menerapkan salah satu cara menjadi ibu teladan. Yuk disimak:

      1. Hindari buka puasa di luar

Hindari untuk berbuka puasa di luar atau membeli makanan di luar, karena harga-harga akan menjadi mahal saat berpuasa dan tidak ada penurunan harga. Untuk itu, jika memang bukan suatu yang mendesak, maka lebih baik hindari untuk membeli makanan ataupun minuman di luar.

2. Memasak menu masakan sendiri

Memasak menu makanan sendiri di rumah bagaimanapun akan tetap hemat dan murah. Selain hemat dan murah masak sendiri akan terjamin kualitas kesehatan nya  dan sesuai dengan keinginan kita.

Hanya saja, walaupun hemat, memasak sendiri di rumah memerlukan waktu dan tenaga yang cukup. Namun jika anda benar-benar ingin berhemat saat ramadhan maka memasak menu masakan sendiri ini patut untuk anda coba dirumah.

3. Makan dengan porsi secukupnya

Makan secukupnya dan berbuka secukupnya adalah tips hemat yang harus dilakukan. Makan secukupnya bukan berarti harus memakan semua jenis makanan yang ada di meja makan dan tidak harus selalu mengikuti hawa nafsu pribadi. Untuk itu, makanlah makanan yang menurut anda patut untuk dijadikan prioritas anda.

4. Berbuka dengan menu yang mengenyangkan

Untuk menghindari membeli banyak makanan, maka hendaknya berbuka puasa dengan yang manis dan memilih makanan berbuka dengan makanan yang mengenyangkan. Jika kita kenyang, maka akan mudah untuk tidak banyak makan kembali dan membeli sesuatu yang berlebihan.

Hal ini patut untuk selalu diperhitungkan oleh ibu yang ingin berhemat karena hal ini benar-benar sangat berguna.

5. Jangan jajan berlebihan

Jajan atau membeli sesuatu saat masih berpuasa ,menjadi hal umum dan sangat wajar. Namun, belilah sesuatu baik itu makanan atau minuman yang benar-benar menjadi prioritas anda.

Jangan hanya mengikuti hawa nafsu sehingga semua jenis makanan ingin anda beli, karena tidak bisa dipungkiri bahwa saat ramadhan semua makanan akan terlihat menggiurkan.

6. Jangan belanja berlebihan

Memasuki ramadhan pasti orang –orang juga akan mempersiapkan diri untuk berlebaran atau idul fitri. Jika tidak disiapkan atau diantisipasi biasanya kita akan mudah membeli barang atau berbelanja untuk alasan kepentingan lebaran.

Untuk itu anda harus benar-benar mengendalikan keinginan belanja anda dan anggaran dana belanja anda.

7. Memperbanyak ibadah di bulan ramadhan  haru

Memperbanyak ibadah di masjid atau di rumah membuat kita lebih fokus untuk menikmati nuansa ibadah bulan ramadhan. Memperbanyak ibadah membuat kita terhindari dari godaan untuk berbelanja berlebihan.

Itulah tadi tips menghemat pengeluaran saat bulan ramadhan yang bisa ibu terapkan dirumah. Selamat membaca dan semoga bermanfaat, terima kasih.