6 Tips Agar Tetap Berenergi Bagi Ibu Rumah Tangga Paling Mudah

17

Menjadi ibu rumah tangga atau ibu bekerja adalah pilihan masing-masing, setiap pilihan tentu saja ada konsekuensinya seperti menjadi ibu rumah tangga maka anda harus sudah siap untuk menjalankan tanggung jawab ibu terhadap anak maupun keluarga.

Selain itu anda juga harus mengerti bahwa fungsi ibu dalam keluarga sangatlah penting, sehingga anda tidak boleh main-main dalam melaksanakan kewajiban anda.

Berbeda dengan ibu bekerja yang setiap hari keluar rumah dan bertemu dengan teman, ibu rumah tangga rentan mengalami kejenuhan dengan rutinitasnya setiap hari. Namun banyak orang yang beranggapan bahwa salah satu ciri-ciri ibu yang baik adalah ibu yang selalu menghabiskan waktunya bersama keluarga dirumah.

Namun sepertinya anggapan ini tak berlaku bagi ibu pekerja, karena menurutnya salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik adalah dengan mampu membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga.

Menanggapi ulasan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa baik ibu rumah tangga maupun ibu pekerja asalkan mereka tetap dapat menjalankan tanggung jawab ibu terhadap anak maupun keluarga dengan baik maka hal tersebut tidak lah bermasalah.

Hanya saja sebagai ibu rumah tangga nampaknya merek membutuhkan perhatian khusus karena mereka tidak memiliki aktivitas seperti ibu pekerja, sehingga mereka akan cenderung mudah jenuh dan bosan.

Untuk itu, dibawah ini akan kami jelaskan mengenai tips bagi ibu rumah tangga agar tetap berenergi untuk menjalankan aktivitas keseharian nya. Yuk disimak:

    1. Sajikan menu makanan sehat

Suami dan anak-anak cenderung akan mengikuti menu makanan yang disiapkan oleh istri. Oleh sebab itu, kreasikan berbagai menu sehat dan bergizi. Dengan begitu, Anda sudah menciptakan kebiasaan makan dengan pola yang sehat.

Selain baik bagi kesehatan Anda, hal ini juga memberikan manfaat sehat bagi seluruh anggota keluarga, buakn hanya itu, memasak masakan sendiri untuk anggota keluarga menjadi aktivitas yang bisa mendekatkan hubungan antar anggota keluarga.

2. Kurangi makan terlalu banyak gula

Makanan penutup atau camilan tak selalu harus berupa makanan sarat gula dan tinggi kalori. Jika anak-anak terbiasa mengonsumsi camilan atau makanan penutup, sediakan buah-buahan segar. Kaya akan serat dan nutrisi, buah-buahan bisa menjadi alternatif yang sehat.

Langkah awalnya, biasakan untuk memperbanyak buah-buahan segar untuk menjadi menu andalan camilan ketika belanja bulanan. Sediakan buah-buahan yang ramah lingkungan, mudah ditemukan, memiliki harga yang terjangkau namun tetap memiliki manfaat yang besar.

3. Tetap rajin berolahraga

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas  atau olahraga ringan seperti membersihkan rumah, berbelanja ke pasar, mengantar anak sekolah, atau mengajak tetangga untuk membuat kegiatan aerobik bersama.

Yang pasti, hindari kebiasaan bermalas-malasan atau terlalu banyak tidur saat pekerjaan rumah tangga sudah selesai. Karena hal ini tentu saja akan berakibat pada berat badan dan kesehatan anda.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, meskipun kesibukan sebagai ibu rumah tangga mungkin akan membuat anda kelelahan. Oleh karena itu anda tetap harus cukup istirahat.

5. Bagi pekerjaan dengan anggota keluarga yang lain

Setiap anggota keluarga harus ikut berperan dalam mengurus rumah tangga. Berikan anak-anak tugas sesuai porsi usianya. Dengan begitu, tugas di rumah jadi semakin ringan.

6. Selalu perhatikan “me time” anda

Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk diri anda sendiri seperti beristirahat, berbelanja, jalan-jalan dan lain sebagainya karena hal ini sangat penting untuk menjaga stamina dan energi anda.

Itulah tadi tips agar tetap berenergi bagi ibu rumah tangga yang bisa anda terapkan dirumah dengan mudah dan aman. Selamat membaca dan semoga bermanfaat, terima kasih.