Siapkan Diri dengan Mengikuti 5 Tips Persiapan Wawancara Kerja Ini

12

tips-persiapan-wawancara-kerja

Apakah sebentar lagi kamu akan mendatangi sebuah wawancara kerja? Selamat, kamu berhasil maju selangkah lagi mendekati karier impianmu! (Kalau kamu masih sangsi dengan profesi apa yang cocok buatmu, cari tahu dengan menjawab pertanyaan krusial ini bantu kamu temukan karier impian) Namun, sebelum kamu hadir di interview tersebut, pastinya terdapat beberapa hal yang harus kamu persiapkan supaya kamu memberikan kesan pertama yang baik di mata atasanmu nanti.

Tips persiapan wawancara kerja ini akan sangat berguna buatmu dalam mencari tahu keterangan lebih tentang perusahaan, melatih kemampuan menjawab pertanyaan, mengatur penampilan untuk menghadiri interview, membawa cukup barang ke tempat wawancara, dan membiasakan diri untuk beretiket interview yang santun.

1. Kaji profil perusahaan

Sebelum kamu datang di interview kerja nanti, tak cukup jika kamu mengggali lebih banyak informasi tentang pekerjaanmu saja, kamu juga harus mencari tahu lebih banyak lagi tentang calon perusahaan tempatmu bekerja nanti. Tips persiapan wawancara kerja yang pertama ialah dengan melakukan “riset” kecil mengenai perusahaan yang akan dituju. Proses ini sangat krusial dijalankan sebelum menghadiri interview kerja.

Manfaatnya antara lain kamu akan cakap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara terkait hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan. Di samping itu, kamu juga berkesempatan untuk sekali lagi menilai apakah budaya bekerja di perusahaan tersebut cocok buatmu atau tidak. Mengumpulkan sebanyak mungkin informasi sebelum menghadiri wawancara kerja merupakan salah satu cara menjadi wanita cerdas dan sukses dalam berkarier. Jangan sampai kelewatan, ya!

2. Berlatih menjawab pertanyaan wawancara

Tips persiapan wawancara kerja yang kedua yaitu menyediakan waktu yang cukup untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan pada saat interview kerja. Arahan yang satu ini juga bisa meringankan rasa tegang atau gugup yang kamu alami menjelang wawancara kerja. Ulas soal-soal yang biasanya diajukan pada interview kerja dan rencanakan bagaimana sekiranya kamu akan merespon pertanyaan tersebut. Datang ke tempat wawancara dengan perencanaan matang menunjukkan bahwa kamu tipe wanita yang disukai pria pekerja keras seperti calon bos atau rekan kerjamu.

3. Tentukan busana interview

Jangan menunda sampai detik terakhir untuk memutuskan busana apa yang akan kamu kenakan di hari-H nanti. Tips persiapan wawancara kerja yang berikutnya meliputi tips menata penampilan wawancara kerja yang pas dengan suasana interview nanti. Pakai setelan yang mencerminkan sosok wanita karier dengan etos kerja tinggi, dengan begitu kamu akan meninggalkan kesan pertama yang baik di mata atasanmu. Sekalipun tempatmu bekerja nanti bercirikan lingkungan kerja yang kasual, kamu tetap harus mengutamakan busana yang rapi, tidak lusuh, serta penampilan yang bersih untuk memperoleh penilaian positif.

4. Bawa barang seperlunya

Kamu wajib tahu barang-barang apa saja yang perlu kamu bawa saat menghadiri wawancara kerja. Tips persiapan wawancara kerja yang keempat yakni membawa barang-barang penting berikut bersamamu ketika menghadiri wawancara kerja nanti, antara lain: 2 salinan resume atau CV, daftar pertanyaan untuk pewawancara, alat tulis, air mineral, cermin, sisir, dan wewangian (ikuti tips memilih parfum wanita yang berguna untuk memancarkan aura positif selama proses interview nanti).

5. Pelajari etiket wawancara kerja yang baik

Etiket interview yang santun dan hormat sangat penting prinsipnya untuk kamu biasakan sejak dini. Pastikan kamu menyapa petugas front office atau resepsionis, calon atasan, dan siapa saja yang kamu temui setibanya di tempat wawancara nanti dengan sopan dan ramah.

Sepanjang proses interview, perhatikan bahasa tubuhmu: jabat tangan si pewawancara atau calon atasanmu dengan mantap dan buat kontak mata tiap mengutarakan jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Taruh perhatian lebih pada soal-soal tersebut, dengarkan dengan seksama, serta tunjukkan ketertarikan terhadap proses wawancara secara keseluruhan. Kamu bisa melatihnya berbarengan dengan poin kedua di atas.

Semoga tips persiapan wawancara kerja ini membuatmu makin yakin dan mantap menjalani interview berikutnya. Good luck, Ladies!