4 Aktivitas Seru Mengisi Ramadhan yang Cocok untuk Buah Hati Anda

18

Ramadan menjadi bulan yang ditunggu bagi semua orang. Tidak terkecuali bagi anak-anak. Bisa jadi tahun ini merupakan tahun pertama untuk mereka belajar berpuasa. Rasa antusiasme pasti pertama kali menyergap mereka.

Tetapi lamban laun biasanya antusias tersebut menjadi rasa malas karena kebanyakan sudah tidak kuat harus menahan rasa haus dan lapar.

Aktivitas yang padat karena pagi hingga siang harus sekolah, dengan terik matahari menyengat ke tubuh, membuat anak akan merasa capek sehingga rasa lapar dan haus akan dirasakan.

Ditambah saat siang menuju sore, aktivitas anak tergolong longgar. Mau main dengan teman sebaya akan membuat makin rasa lapar dan haus bertambah.  Sebagai salah satu tanggung jawab ibu terhadap anak, untuk menyemangati anak agar belajar berpuasa penuh, maka berikut aktivitas yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka :

  1. Mendongeng

Rasa malas dan enggan beraktivitas harus dapat dikalahkan, maka bagi Anda sebagai orang tua harus memberikan semangat dan mengajak mereka melakukan kegiatan yang positif. Salah satunya adalah mendongeng.

Kegiatan ini tidak hanya mengisi waktu luang, tetapi juga bisa menstimulasi otak anak. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah membaca bersama, kemudian berbagi cerita tentang apa yang dibaca.

Kegiatan ini cukup ampuh untuk mendekatkan Anda dan anak dan sekaligus sebagai cara mengenalkan perpustakaan pada anak. Ketika mendongeng tidak akan memunculkan rasa bosan karena cerita yang ada di Indonesia cukup beragam, sehingga banyak pilihan untuk dibaca bersama anak. Misalnya cerita rakyat seperti Malin Kundang, Tangkuban Perahu, atau Cinderella.

  1. Memasak

Mengajak anak untuk memasak bersama akan menjadi kegiatan yang positif. Selain bisa menjalin kebersamaan, anak akan terlatih untuk memasak makanannya sendiri. Untuk memasak bersama pada tahap awal bisa melakukan dari hal yang ringan seperti cara membuat takjil sederhana dengan memasak kue.

Anda bisa membagi tugas, dengan anak bertugas untuk mengaduk adonan atau membentuk adonan kue sehingga secara tidak langsung melatih kreativitas. Kegiatan ini tidak hanya untuk anak perempuan, tetapi anak laki-laki juga senang untuk dilibatkan.

Mereka akan senang bisa dipercaya dan mempunyai tanggung jawab. Setelah jadi, anak dapat merasakan hasil kerja kerasnya.

  1. Menonton Film

Tubuh yang lemas bisa diahlikan dengan aktivitas melihat film yang positif. Mengajak anak menonton film bersama juga tergolong cara menjadi ibu yang menyenangkan lho. Kegiatan ini tidak membuang energi yang besar, karena bisa dilakukan dengan duduk atau sambil tiduran.

Pilihlah film khusus anak yang dapat memberikan energi positif bagi mereka. Film religius juga bisa dipilih, seperti kisah nabi atau kisah islami lainnya. Dengan aktivitas tersebut, anak memiliki pengetahuan baru yang berasal dari cerita yang ditontonnya.

  1. Bersepeda Sore Hari

Tidak minum atau makan bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Anda bisa mengajak anak melakukan olahraga ringan yang menyenangkan seperti bersepeda. Jika anak masih belum mahir bersepeda, Anda bisa menerapkan cara mengajari anak agar bisa mengendarai sepeda dengan asyik.

Lagipula, olahraga satu ini tidak mengeluarkan energi yang besar. Selain itu, dapat berkeliling taman atau komplek rumah. Dan dengan bersepada juga, bisa bertemu dengan banyak orang.

Sehingga waktu menunggu berbuka tidak akan terasa, dan tubuh menjadi sehat karena pergerakan saat mengayu sepeda. Maka puasa anak akan menjadi senang dan gembira.