Bunda, Yuk Terapkan 6 Cara Membujuk Anak Yang Malas Pergi Ke Sekolah Ini

21

Seorang wanita yang sudah menjadi ibu dituntut untuk bisa menjadi ibu dan istri yang baik sekaligus, untuk itu mereka harus mengerti tentang bagaimana cara menjadi ibu yang kuat, harus bisa menerapkan tips menjadi ibu yang baik untuk anak, sehingga apabila ibu menerapkan keduanya tandanya ibu sudah menerapkan cara menjadi ibu yang dicintai anaknya.

Ada banyak tugas dan tanggung jawab ibu terhadap anak salah satunya adalah tentang pendidikan, saat bersekolah biasanya ada beberapa problem yang akan ibu hadapi salah satunya adalah malasnya anak untuk pergi bersekolah, biasanya dalam hal ini ibu perlu menerapkan cara melatih kesabaran menghadapi anak,karena bagaimana pun juga ibu pasti akan marah jika anaknya tidak mau sekolah.

Karena itu, untuk membantu ibu mengatasi anaknya yang malas sekolah, dibawah ini akan dijelaskan tips nya sehingga anak akan tetap bersemangat untuk sekolah. Yuk disimak:

      1. Periksa keadaan anak

Hal pertama yang perlu ibu ketahui adalah tentang keadaan sang anak, apakah anak dalam keadaan yang sehat atau justru sakit ketika akan bersekolah. Jika anak mengeluh gejala fisik, ibu bisa membawanya ke dokter untuk diperiksa hal ini berguna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Bicara baik-baik ke anak

Hal kedua yang bsia ibu lakukan adalah dengan berbicara dengan baik-baik kepada sang anak, bicarakan tentang apa yang mengganggunya sehingga dia malas bersekolah, serta bujuk ia untuk mau kembali ke sekolah.

Namun, ingatlah bahwa beberapa anak tidak dapat menggambarkan apa yang mengganggu mereka, jangan paksa percakapan jika tidak ada hasil. Jika anak merasa kurang nyaman ketika berada disekolah ibu haruslah mencari tahu penyebabnya lewat orang-orang yang ada di sekitar anak.

3. Hindari berdebat atau memarahi anak

Meskipun berbicara bersama anak merupakan hal yang penting untuk memecahkan masalah, namun hindari diskusi panjang dan perdebatan tentang pentingnya pergi ke sekolah. Memberi nasehat secara paksa tidak akan ada gunanya, hal itu malah memperburuk keadaan.

4. Bicarakan hal ini pada guru

Jika anak memiliki musuh atau suatu hal yang tidak disukai disekolah maka ibu perlu berkonsultasi dengan guru kelas atau kepala sekolah. Karena guru biasanya memiliki informasi seputar pribadi, kebiasaan, perilaku anak ketika berada di sekolah sehingga bisa dengan cepat mengetahui penyebab anak malas sekolah.

Bisa jadi anak malas bersekolah karena gurunya yang terlalu galak, suka memberi banyak tugas, atau lain sebaginya. Sehingga tidak ada salahnya anda juga menasehati guru kelas yang mengajar agar lebih professional dan pengertian dalam mengajar.

5. Meminta bantuan teman terdekat anak

Salah satu alasan paling besar kenapa anak malas bersekolah adalah sering dibully oleh teman-temannya, baik dalam bentuk kekerasan fisik, dalam bentuk perkataan yang menghina dan lain-lain, sehingga anak merasa tidak nyaman ketika berada di sekolah.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa bertemu dengan teman-teman kelasnya, lalu menasehati agar mau berteman dengan anak anda dan minta untuk tidak membully anak anda.

6. Memberi hadiah jika anak menurut

Salah satu metode yang sangat efektif untuk menumbuhkan semangat anak termasuk dalam menumbuhkan semangat anak untuk bersekolah adalah dengan menjanjikan anak anda hadiah, misalnya menjanjikannya untuk membelikan dia mainan yang paling dia sukai dengan syarat harus bersemangat ketika berangkat sekolah atau bisa juga dengan menjanjikan untuk mengajaknya pergi berlibur ke tempat yang dia sukai.

Dengan menerapkan cara tersebut kemungkinan besar anak anda akan lebih rajin untuk ke sekolah karena berharap apa yang anda janjikan kepadanya bisa segera terpenuhi.

Itulah tadi cara mengatasi anak yang malas sekolah yang bisa ibu coba terapkan. Selamat mencoba dan terima kasih.