Sulit Memahami Anak? Begini 7 Cara Menghadapi Anak Tertutup pada Orangtuanya

22

Cara Menghadapi Anak TertutupSikap tertutup dan suka menyimpan perasaan sendiri dikenal dengan kepribadian introvert. Tidak akan menjadi masalah jika kepribadian ini dimiliki oleh orang dewasa, karena ada kelebihan wanita pendiam di mata pria.

Tapi, jika pada anak usia dini yang memiliki kepribadian introvert ini, akan menjadi kesulitan tersendiri bagi orang tua untuk memahami si anak. Kepada demikian? Anak yang cenderung tertutup biasanya tidak suka berbagi banyak kepada orang lain, termasuk kepada orang tuanya sendiri.

Sehingga orangtua pun bisa menjadi tidak mengenali pribadi si anak dengan baik. Bagaimana cara menghadapi anak tertutup ini?

1. Pandai-pandai dalam mendekati si anak

Jika si anak tertutup, maka tugas orang tua untuk menjadi dekat dengannya. Anak yang tertutup memiliki kecanggungan dalam mendekatkan diri dan berinteraksi. Sulit sekali baginya untuk merasa nyaman dan terbuka kepada orang lain, juga kepada orangtuanya sendiri. Ini adalah cara menghadapi anak intuiting introvert yang harus orangtua lakukan.

2. Orangtua harus bisa memancing anak untuk menjadi terbuka

Cara menghadapi anak tertutup dan tidak banyak omong berikutnya adalah dengan memancing anak untuk menjadi terbuka. Banyaklah bertanya tentang teman-temannya dan kehidupannya di sekolah dan apa saja yang ia lakukan saat bersama teman-temannya.

3. Jangan jadi orangtua ‘galak’ di mata anak

Jika mengetahui sang anak memiliki kepribadian introvert, janganlah menjadi orangtua yang galak untuk anak. Jika bersikap galak, keras dan tidak bersahabat dengan anak, ia akan menjadi takut dan bisa saja membuat pembatas antara dirinya dengan orangtua.

4. Jadilah pribadi yang ekstrovert di mata anak

Jadilah pribadi yang ceria dan terbuka di depan anak. Sikap seperti ini secara tidak langsung bisa membuat anak menyerap energi positif dari orang tuanya. Jika anak terbiasa dengan lingkungan yang terbuka dan interaktif, perlahan sikap tertutupnya bisa ia kendalikan. Tanggung jawab ibu terhadap anak itu juga mencangkup pendidikan karakter dan pribadi si anak.

5. Biasakan mengajak anak untuk berkomunikasi

Sesibu apa pun Anda, sempatkanlah mengajak anak untuk berkomunikasi sesering mungkin. Jangan sebagai orang tua yang membuatnya takut untuk berbicara banyak, tapi jadilah orang tua yang juga bisa menjadi teman baginya sehingga anak pun nyaman berbicara dengan Anda.

6. Bersikap hangatlah kepada anak

Memberikan sikap hangat kepada anak sangatlah penting dalam membangun hubungan kedekatan antara orang tua dengan. Sikap hangat Anda akan membuat anak merasa nyaman dan tidak sungkan untuk terbuka dan berbagi cerita dengan Anda.

Ini juga menjadi cara menjadi ibu yang dicintai anaknya paling ampuh, lho. Misalnya saja seperti cara menjadi ibu modern dan asik untuk anak.

7. Dorong anak untuk bersosialisasi

Anak yang tertutup tidak begitu menyukai sosialisasi. Maka dari itu, untuk cara menghadapi anak tertutup agar bisa sedikit terbuka dengan lingkungan sekitarnya, biasakanlah untuk mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Bisa dengan mengajaknya bertamu ke rumah teman dan kerabat, atau mengadakan acara perkumpulan di rumah. Hal ini akan membuat anak semakin terbiasa untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Ini juga menjadi cara menghadapi anak feeling introvert yang paling ampuh.

Itulah 7 cara menghadapi anak tertutup dengan orangtua. Beda lagi jika sifat ini dimiliki oleh wanita dewasa, pendiam dan sedikit tertutup merupakan sifat wanita idaman pria yang membuat banyak pria menjadi penasaran. Simak juga cara menjadi ibu rumah tangga yang sukses dan cara menjadi ibu bijak dalam mendidik anak