Saat Anak Tidak Jujur, Inilah 7 Cara Menghadapi Anak yang Suka Berbohong

17

Cara Menghadapi Anak yang Suka BerbohongPastinya tidak ada orangtua di dunia ini yang ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang suka berbohong. Tapi, berbagai faktor bisa membuat anak yang telah dididik dengan baik tetap saja memiliki kebiasan buruk, seperti suka berbohong.

Salah satu penyebabnya adalah karena pengaruh lingkungan sekitar, mencontoh temannya yang berbohong misalnya. Nah, bagaimana cara menghadapi anak yang suka berbohong ini? Yuk, disimak, Mom.

1. Jelaskan kepada anak bahwa berbohong itu perbuatan yang salah

Salah satu penyebab anak usia dini berbohong adalah karena ketidaktahuannya bahwa berbohong itu perbuatan yang salah. Maka, saat kedapatan anak tengah berbohong, berikan penjelasan yang mudah mengerti anak agar ia paham bahwa kita tidak boleh berbohong. Penting juga untuk menanyakan alasan anak berbohong.

    1. Beritahu anak akibat dari suka berbohong

Anak juga harus diberikan gambaran dan contoh akibat dari anak yang suka berbohong. Seperti bisa dibenci dan dikucilkan oleh teman-temannya dan berbagai akibat lainnya.

Dengan begitu, anak akan menjadi takut untuk berbohong dan tidak ingin mengulanginya lagi. Buatlah juga anak merasakan seperti apa rasanya jika ia sendiri dibohongi. Dengan merasakannya secara langsung, diharapkan anak menjadi lebih paham.

    1. Berikan pendidikan agama

Dalam pendidikan agama anak akan diajarkan untuk berbuat dan bersikap baik. Selain itu anak juga akan menjadi tahu bahwa berbohong termasuk perbuatan dosa dan tidak boleh dilakukan.

Dengan pendidikan agama, anak juga akan mendapat pemahaman tentang dosa dan berbagai pelajaran tentang akhlak yang akan membentuknya menjadi pribadi yang baik dan soleh. Cara menjadi ibu yang baik bisa dengan mendekatkan anak pada keagamaan.

    1. Berikan ganjaran jika kedapatan berbohong

Selain itu agar anak jera untuk berbohong, buat juga kesepakatan dengan anak bahwa jika ia berbohong lagi, ia harus menerima hukuman yang telah disepakati. Tapi perlu diingat untuk tidak memberikan hukuman dalam bentuk kekerasan yang bisa meninggalkan trauma pada anak.

Peran ibu dalam psikologi anak usia dini sangat mempengaruhi ya, Mom. Sangat penting untuk menerakan cara menghadapi anak dengan sabar. Tindakan ini juga efektif untuk cara mengatasi anak remaja yang suka berbohong.

    1. Jangan bosan menasehati anak

Memang terkadang tidak mudah untuk membuat anak bisa mengubah kebiasaan buruknya begitu saja. Maka dari itu, tanggung jawab ibu terhadap anak adalah dengan terus dan tidak pernah bosan untuk menasehatinya. Ini merupakan cara menghadapi anak berbohong yang penting untuk dilakukan.

    1. Jangan pula berbohong di depan anak

Terkadang, demi kebaikan justru kita sendiri malah harus berbohong. Tak jarang pula malah kita menjadi contoh bagi anak karena melakukannya di depan anak.

Jika hal ini terjadi, orangtua harus membuat anak paham kenapa harus berkata bohong. Namun, sebaiknya hindari untuk berbohong di depan anak, jika terpaksa berbohong.

    1. Ajarkan akibat kebohongan dari cerita dan dongeng

Cara menghadapi anak yang suka berbohong yang lainnya bisa dengan menceritakan cerita dongeng, fabel atau hikayat yang mengandung pesan moral tentang berbohong. Tentu saja mendengarkan cerita seperti ini lebih menarik dan cepat dipahami anak.

Atau bisa juga mengambil contoh dari kejadian-kejadian yang ada disekitar kita yang menjadi contoh nyata bagi anak.

Demikinlah 7 cara menghadapi anak yang suka berbohong. Tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak adalah sebagai orangtua harus konsisten dan tidak menyerah dalam mendidik anak. Begitu pula dalam cara menghadapi anak nakal dan cara mengatasi anak yang susah diatur.