Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Anak Remaja Yang Suka Berbohong Kepada Orang Tua

Sponsors Link

ads

Cara Mengatasi Anak Remaja Yang Suka BerbohongPeran ibu dalam psikologi anak usia dini memang perlu di tanamkan agar saat dia beranjak remaja sikap yang sudah di tanamkan bisa di bawa sampai nanti dia dewasa.

Cara menjadi ibu teladan untuk anak salah satunya mampu mengajarkan dan memerikan contoh yang baik agar anak memiliki sifat yang tidak merugikan orang  lain maupun merugikan dirinya sendiri. seperti sifat berbohong pada anak remaja masa kini yang terkadang sulit di tebak.

Sebagai seorang ibu memang harus bisa membedakan sikap anak yang berkata jujur dan sikap anak yang berkata bohong, maka pendidikan karakter untuk anak usia dini memang perlu di terapkan dalam rumah.

Untuk para ibu yang ingin mengetahui cara mengatasi anak remaja yang suka berbohong , simak ulasan Cara Mengatasi Anak Remaja yang Suka Berbohong berikut ini.

  1. Menyikapi Dengan Bijak

Tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak salah satunya adalah bisa mengendalikan sikap dan menyikapi apa yang di perbuat anak dengan bijak. Sebagai orang tua bisa menegur anak dengan perkataan yang halus, supaya anak mau mengakui apa yang di perbuat nya. Menjadi seorang ibu memang tidaklah mudah dalam menyikapi sikap anak yang ketahuan bohong, tapi sebisa mungkin bijaklah dalam mengatasi permasalahan tersebut.

2. Cari Tahu Alasan Dan Penyebabnya

Salah satu cara mengatasi anak remaja yang suka bohong adalah mencari tau alasan anak dan apa penyebab anak tersebut berbohong, atau karena anak takut kepada orang tua atau karena anak tidak berani mengatakan hal yang sebenarnya pada orang tuanya.  Hal itu juga merupakan salah satu cara menjadi ibu yang baik untuk anak

3. Jangan Terbawa Emosional

Usahakan tidak terbawa emosional saat bertanya kepada anak, karena hal itu tidak akan menambah masalah tapi akan membuat anak merasa takut dan akan mengulangi perbuatannya lagi nantinya. Cara melatih kesabaran menghadapi anak, dengan tidak terbawa emosional karena akan memperkeruh keadaan

4. Memberikan Hukuman Yang Mendidik

Berikan anak hukuman yang mendidik contohnya menyapu halaman rumah, mencuci piring atau hal lainnya yang membuat dia terdidik dan jera seperti membuat mereka membantu orang tua di rumah atau mengerjakan pekerjaan lainnya. 

5. Jelaskan Akibat Jika Berbohong

Jelaskan pada anak akibat dari berbohong akan merusak dirinya sendiri dan merugikan dirinya serta orang lain. salah satu tanggung jawab ibu terhadap anak dengan mendidik anak supaya tidak berbohong dan menjelaskan apa yang akan terjadi jika dia berbohong terus menerus. 

Sponsors Link

6. Menghargai Seorang Anak

Hargai lah seorang anak yang sudah jujur dengan apa yang dilakukannya , meskipun kesalahan itu terkadang membuat orang tua jengkel. Hargai anak anda ketika jujur, beri dia sesuatu yang bisa membuat dia bahagia , hal itu akan membuat dia mengerti bahwa kejujuran adalah hal yang baik.

7. Mendengarkan Pendapatnya

Dengarkan apa yang membuat dia berbohong, mencoba memahami mengapa anak melakukan hal tersebut. Dan terangkan padanya secara perlahan dampak dia berbohong akan merugikan dirinya sendirian bisa merugikan orang lain

8. Tanamkan Pendidikan Agama

Cara menjadi ibu teladan salah satunya mampu menanamkan pendidikan agama untuk anaknya, menanamkan nilai agama juga bisa di mulai saat anak usia dini karena jika anak remaja pastinya mereka terkadang cuek dengan hal itu. Maka menanamkan nilai agama pada anak usia dini memang sangat di perlukan.

Nah itu dia 8 cara mengatasi anak remaja yang suka berbohong. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting
Search
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Sekarang ini banyak sekali masker instan yang mudah kita dapatkan di toko toko produk kecantikan. Namun banyak juga kita temui efek sampingnya. Oleh karena itu, mengapa tidak kita coba beralih ke yang alami? berikut Manfaat Masker Kopi dan Gula untuk Wajah dan cara membuatnya