Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Anak Penakut Paling Efektif

Sponsors Link

ads

Cara Mengatasi Anak PenakutPeran ibu dalam psikologi anak usia dini memang sangat di perlukan, menanamkan rasa percaya diri serta menjadi seorang pemberani memang harus ditanamkan sejak kecil karena hal ini akan di bawa anak hingga dia beranjak remaja. Mengatasi anak yang penakut, seorang ibu harus tau cara melatih mental anak agar berani.

Bukan hanya itu saja, ciri ciri ibu yang baik juga mampu memberikan arahan pada anak dalam hal positif agar anak mempunyai rasa percaya diri dan tidak takut. Banyak ibu bertanya, bagaimana cara mengatasi anak penakut? Ulasan di bawah ini akan membahas secara rinci tentang beberapa Cara Mengatasi Anak Penakut.

  1. Melatih Mental Anak

Peran ibu dalam psikologi anak usia dini memang sangat penting,  karena menumbuhkan karakter pada anak usia dini akan di bawa hingga remaja dan dewasa. Melatih mental anak untuk menjadi pemberani memang tidaklah mudah, maka harus di tanamkan sejak dini. Apalagi anak pernah mengalami trauma, maka akan sulit melatih nya jika tidak sejak dini.

2. Memberikan Contoh Pada Anak

Memberikan contoh pada anak tentang keberanian memang harus di terapkan, karena seorang ibu menjadi teladan bagi anaknya itulah salah satu cara menjadi ibu yang teladan. Kenapa seorang ibu harus memberi contoh pada anaknya? Karena anak itu mencontoh perilaku seorang ibu dalam segala hal. Ibu yang pemberani juga mampu mendidik anak yang penakut menjadi pemberani.

3. Usahakan Jangan Membantunya

jika memang keadaan masih dalam taraf wajar, sebaiknya ibu tidak usah membantu anak, agar anak bisa menjadi berani dan tidak penakut lagi, hal itu di mulai dari percaya pada dirinya sendiri, maka anak tersebut mampu menghadapi rasa takut tersebut. Begitu juga jika kita sering membantu, hal itu membuat anak tidak percaya diri dan tidak akan menjadi pemberani.

4. Mengenalkan Sesuatu Yang Baru

Mengenalkan anak pada sesuatu yang baru memang tidak mudah, tapi jika seorang ibu mampu berusaha mengenalkan sesuatu yang baru pada anak, anak akan mengerti dan tidak menjadi anak penakut lagi. Memang itulah cara menjadi ibu yang baik untuk anak.

5. Petualang Bersama Anak

Petualang merupakan sesuatu yang asik jika dilakukan bersama dengan keluarga, terutama dengan anak. dengan petualang kita bisa mengajarkan anak untuk mengenal sesuatu dan mengenalkan tentang dunia luar, hal itu bertujuan agar anak menjadi seorang pemberani. 

Sponsors Link

6. Mengajarkan Anak Berdoa

Mengajarkan anak berdoa agar anak bisa lebih berani dalam menghadapi beberapa hal yang di anggap menakuti dirinya. Beberapa orang tua memang sering mengajarkan keberanian seorang anak dengan mengajarkannya berdoa, agar sesuatu berjalan dengan lancar. 

7. Mencari Solusi Bersama Agar Anak Berani

Sebagai orang tua, anda di tuntut untuk mencarikan solusi bersama penyebab anak penakut, alasan apa yang membuat dia takut. Maka mencari solusi bersama dengan anak memang sangat di perlukan dalam melatih keberanian nya. Agar nanti ketika remaja dan beranjak dewasa anak tersebut tidak menjadi seorang penakut.

8. Memberinya Buku Tentang Contoh Keberanian

Terkadang cara yang ibu lakukan contohnya memberinya buku tentang keberanian, atau terkadang ada yang menonton film bersama dan mencontohkan tentang keberanian agar anak tidak penakut lagi. Hal itu juga sering dilakukan oleh para ibu dalam melatih keberanian anak.

Nah, itu dia 8 Cara Mengatasi Anak Penakut yang wajib ibu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para ibu yang mempunyai anak penakut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Parenting
Search
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Sekarang ini banyak sekali masker instan yang mudah kita dapatkan di toko toko produk kecantikan. Namun banyak juga kita temui efek sampingnya. Oleh karena itu, mengapa tidak kita coba beralih ke yang alami? berikut Manfaat Masker Kopi dan Gula untuk Wajah dan cara membuatnya