Sponsors Link

15 Cara Menjadi Wanita Tegas dalam Membangun Bisnis

Sponsors Link

cara menjadi wanita tegasMungkin selama ini Anda menjadi sosok wanita yang dinilai kurang tegas dalam membangun bisnis Anda yang saat ini sedang start up. Nah, Anda mungkin ingin mempelajari banyak hal mengenai apa saja cara menjadi wanita tegas dalam membangun bisnis Anda.

ads

Hal ini sangat penting untuk cepat Anda kuasai mengingat karyawan dan bawahan Anda semakin bertambah banyak. Nah, kalau Anda tidak tahu bagaiman cara menjadi wanita tegas. Maka hal ini akan membuat Anda tidak terlalu disegani.

Baiklah, kita akan bahas mengenai apa saja Cara menjadi Wanita Tegas dalam membangun bisnis. Simak baik-baik dan jangan lupa untuk dipraktekkan. Karena artikel ini tidak akan mampu menyelesaikan masalah Anda jika tidak benar-benar dipraktekkan.

1. Tidak Bisa Disepelekan

Salah satu cara menjadi wanita berkharisma adalah dengan tidak mau jika ada orang yang menyepelekan Anda. Apalagi jika Anda berstatus sebagai pemimpin. Nah, Anda harus berani untuk tegas pada orang yang menyepelekan tersebut.

Ingat, ya. Tegas beda artinya dengan marah. Jangan terlalu sering marah jika memang Anda tidak seharusnya marah. Ini akan membuat Anda terkesan menjadi pemimpin yang cerewet dan marah dengan alasan yang tidak terlalu masuk akal dan sepele.

Dengan bersikap tegas saat Anda disepelekan, maka orang lain pun akan tidak berani untuk menyepelekan Anda juga. Mereka tentunya akan takut untuk menerima ketegasan yang akan Anda berikan jika mereka melakukan hal yang sama.

Tegas disini bisa dalam bentuk mengingatkan untuk tidak meremehkan dan menyepelekan Anda. Ini adalah cara yang baik untuk tidak membuat salah satu pihak tersinggung dan malu. Namun juga sadar diri kalau dia salah.

2. Marah Jika Ada yang Berbuat Salah

Anda tidak boleh terlalu baik dalam mengawasi kinerja karyawan Anda. Hal ini karena biar bagaimana pun, Anda harus tetap memastikan bahwa pekerjaan maupun bisnis Anda bisa terselenggara dengan baik dan juga lancar.

Memang sangat penting untuk tahu bagaimana cara menjadi wanita yang sabar. Namun kesabaran juga ada batasnya dan Anda juga harus bersikap tegas agar kesalahan yang telah terjadi tidak diulangi lagi. Ini akan membuat para bawahan Anda kapok untuk melakukan kesalahan.

Apa jadinya jika Anda terlalu membiarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh karyawan Anda. Sehingga mereka akan mengulangi lagi dan lagi. Anda harus cepat mengingatkan saat itu juga.

Cara mengingatkannya pun ada beberapa tahap aga bisa tampil menjadi wanita yang benar-benar tegas. Jika kesalahan itu baru pertama kali dilakukan, tegurlah dulu karyawan Anda dengan hanya mengingatkan untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dan jangan sampai hal ini terjadi lagi.

Jika ternyata masih, Anda harus beri peringatan yang kedua, berupa ancaman untuk memberi sanksi jika melanggar lagi kesalahan tersebut. Jika masih juga, maka Anda wajib memberi sanksi yang telah Anda janjikan.

Hal ini akan menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda orang yang tegas, bukan orang pemarah. Hal ini sangat beda makna, sikap, dan contohnya. Dengan begitu, karyawan Anda akan jadi lebih tegas dan lebih serius dalam bekerja.

Sponsors Link

3. Mandiri dalam Melakukan Banyak Hal

Salah satu cara menjadi wanita berkualitas dan pemimpin yang baik adalah dengan mandiri dalam melakukan banyak hal. Mandiri disini dalam artian tidak terlalu bergantung dengan kehadiran karyawan yang sedang sakit ataupun resign secara tiba-tiba.

Urusan karyawan dan tugas yang terabaikan adalah urusan yang berbeda. Jika karyawan Anda tidak masuk kantor dan pekerjaannya menjadi tertunda bahkan terhambat, Anda harus bisa cepat mengatasinya dengan mengganti posisi tersebut dengan orang baru, meminta karyawan lain mengatasinya, atau mungkin Anda sendiri yang dapat mengatasinya.

Anda memang pemimpin namun Anda bukanlah bos. Anda harus bisa melakukan apa yang karyawan Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjadi teladan yang baik bagi para karyawan Anda karena apa yang Anda suruh itu berarti Anda dapat melakukannya.

4. Cepat Tanggap

Jadilah pemimpin yang cepat tanggap dalam permasalahan yang terjadi di bisnis Anda. Mungkin dalam hal keuangan yang tidak sinkron. Anda harus bisa memeriksa dan memperhatikan keuangan yang sudah dipindahtangankan ke orang yang Anda anggap percaya.

tips menjadi wanita pebisnis yang lain adalah dengan bisa menyelesaikan masalah apa yan gterjadi di bisnis Anda. Entah itu karena ada pelanggan yang kecewa, karena ada karyawan Anda yang bekerja berantakan atau mungkin ada competitor yang berusaha menghancurkan bisnis Anda.

Nah, hal ini akan menjadikan Anda sebagai sosok wanita yang tegas dalam menyikapi banyak hal. Ini juga akan membuat Anda banyak latihan dalam mengatasi banyak hal. Sehingga ke depannya Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih tegas lagi.

ads

5. Komitmen

Salah satu cara untuk menjadi wanita tegas adalah selalu memegang komitmen. Anda harus benar-benar melakukan apa yang Anda pernah katakan. Ini akan mnenguji seberapa tegas Anda dalam mengatakan dan melakukan sesuatu.

Misalkan, Anda berkata kepada salah satu karyawan Anda yang melakukan kesalahan. Anda mengatakan kalau Anda akan memberhentikannya jika dia melakukan kesalahan lagi. Nah, saat dia memang melakukan kesalahan lagi, Anda harus benar-benar melakukan apa yang sudah Anda katakan.

Hal itu karena Anda harus bisa menjaga komitmen. Anda harus benat-benar komitmen dengan apa yang Anda pernah katakan. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih dihargai karena apa yang Anda ucapkan pasti akan benar-benar Anda lakukan. Jadi karyawan kapok untuk melakukan pelanggaran.

6. Hati-hati dalam Berucap

Meskipun selama ini mungkin Anda mempelajari banyak hal mengenai bagaimana cara menjadi wanita humoris, Anda harus memiliki sikap kehati-hatian dalam berbicara. Ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan Anda dalam menjadi pemimpin.

Anda boleh saja menciptakan lelucon yang membuat orang lain tertawa. Namun, itu bukan berarti lelucon yang telah Anda ciptakan membuat orang lain tersinggung. Ini tidak akan baik untuk diri Anda yang menjadi pemimpin.

Coba bayangkan. Jika lelucon Anda itu malah menyakiti perasaan salah satu karyawan Anda, maka mungkin akan timbul rasa benci bahkan dendam. Ini akan membahayakan keberlangsungan bisnis Anda.

Apalagi orang tersebut menempati posisi vital dalam bisnis Anda. Jadi, selalu hati-hatilah dalam berbicara kepada orang lain. Jangan sampai perkataan yang Anda lontarkan itu menyakiti hati orang lain tanpa alasan yang kuat kenapa Anda harus mengatakan hal yang menyakiti tersebut.

7. Berpikiran Terbuka

Salah satu cara menjadi wanita tegas adalah dengan memiliki pemikiran yang terbuka mengenai suatu masalah. Salah satu cara menjadi wanita bijak adalah dengan memiliki pemikiran yang terbuka mengenai beberapa masalah.

Coba bayangkan, jika Anda memiliki pemikiran yang tertutup yang tidak menerima pendapat dari luar. Maka mungkin orang yang akan Anda dengarkan adalah orang kepercayaan Anda saja. Sedangkan orang kepercayaan itu yang justru sedang mempengaruhi Anda.

Nah, oleh karena itu, sangat penting untuk menerima beberapa padangan dari orang lain. Memang bukan berarti Anda harus langsung menerima padangan itu. Namun, Anda harus memiliki sikap yang terbuka dalam menerimanya. Lalu memilah mana yang menurut Anda benar.

Jadi, Anda tidak salah dalam mengambil keputusan hanya karena Anda tidak mau menerima pendapat orang yang mungkin belum pernah Anda kenal ataupun tidak Anda percayai padahal dia berkata benar.

8. Mampu Menyelesaikan Masalah dengan Cepat

Anda harus tahu bagaimana cara menjadi wanita independen dalam menyelesaikan berbagai masalah. Hal ini dikarenakan Anda harus terbiasa mengambil keputusan yang cepat. Sehingga Anda bisa tegas dan tidak gegabah dalam memutuskan atau mengambil kebijakan.

Jika Anda tidak terbiasa mengambil keputusan dengan cepat, maka akan mengakibatkan Anda salah mengambil keputusan dan alhasil Anda akan jadi gegabah dan dinilai kurang bijak dalam menangani masalah.

9. Bertindak dengan Cerdas

Pelajarilah banyak hal mengenai cara menjadi wanita cerdas dalam bertindak. Hal ini akan menjadikan Anda sebagai sosok wanita yang tegas dan juga disegani oleh para karyawan maupun kolega bisnis Ada.

10. Memiliki Pemikiran yang Luas

Penting juga untuk memiliki pemikiran yang luas untuk dinilai tegas. Hal ini agar Anda bisa menganalisa lebih jauh dan juga menyeluruh mengenai hal-hal yang cukup kompleks dan krusial. Bukan serta merta menyimpulkan sesuatu tanpa referensi ataupun pengetahuan yang lain.

11. Mampu Memahami Sikap Manusia

Salah satu ciri wanita cerdas di mata pria adalah wanita yang mampu memahami sikap orang lain. Anda harus memahami berbagai sikap yang ditunjukkan oleh para karyawan Anda. Dengan begitu, Anda akan jadi lebih baik lagi dan bisa menentukan bagaimana respon yang baik dan tepat dalam menanggapi masing-masing sikap mereka.

Sponsors Link

12. Bisa Merasakan Apa yang Orang Lain Rasakan

Anda juga harus bisa merasakan apa yang orang lain rasakan. Dengan begitu, keputusan yang Anda ambil akan jauh lebih bijak dan tegas. Dan tentunya bukan suatu keputusan yang merugikan bahkan menyakiti orang lain karena Anda tahu apa yang orang lain rasakan.

13. Memahami Tingkat Kemampuan Seseorang

Penting juga untuk bisa memahami tingkat kemampuan masing-masing orang. Anda harus bisa melakukan hal ini demi kebaikan dan kelancaran bisnis Anda. Coba bayankan apa jadinya jika Anda menempatkan seorang karyawan di posisi vital namun dia sendiri pun tidak mampu melakukan hal tersebut.

14. Mampu Berdiskusi dengan Baik

Salah satu cara menjadi wanita cerdas adalah dapat diajak berdiskusi dan mampu berdiskusi dengan baik. Hal ini sangat penting karena dalam mengambil keputusan, Anda juga sebaiknya bisa melibatkan pendapat dan pandagan orang lain. Hal ini akan membuat semua keputusan yang Anda ambil lebih bijak.

15. Tidak Segan Marah Jika Ada Kesalahan Fatal

Jika memang ada kesalahan fatal yang membuat bisnis Anda jadi tidak lancar ataupun macet, Anda tidak boleh merasa segan untuk marah. Meskipun itu karyawan kepercayaan Anda ataupun mungkin sudah lama bersama perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa bersikap lebih objektif dalam beritndak.

Nah, itulah 15 cara menjadi wanita tegas dalam membangun bisnis Anda saat ini. Hal ini penting untuk Anda lakukan agar bisa mendirikan bisnis yang berfondasi kuat dan tangguh. Selamat mempraktekkan dan semoga berhasil untuk memajukan bisnis Anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick