7 Metode Belajar Sederhana Anak Down Syndrome Paling Mudah Dilakukan

27

Anak down syndrome merupakan kelainan genetik pada anak yang menyebabkan adanya perbedaan fisik pada anak, perbedaan fisik ini dapat dilihat dari bentuk telinga, mata, jari kaki yang berbeda dengan kondisi anak normal.

Namun, ada beberapa hal yang berbeda dari mereka sehingga Moms harus tahu tips sabar mengahadapi anak kecil yang berkebutuhan khusus. Merawat anak down syndrome memang tidak mudah, orang tua tetap bisa tetap memberikan pelajaran  dengan menggunakan 7 metode sederhana berikut.

    1. On task behavior

Metode ini dapat diterapkan kepada anak dengan cara meminta anak untuk duduk sebentar kemudian minta anak untuk memperhatikan kita. sampaikan materi dengan singkat, sederhana dan jelas sehingga anak bisa menerima pesan yang kita sampaikan dengan baik.

Lalu minta anak untuk langsung mengerjakan tugas terkait dengan materi yang sudah disampaikan. Anak yang mengalami keterlambatan akan bisa melakukan beberapa cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak atau dirinya sendiri.

    1. Imitation

Metode ini dilakukan dengan cara meminta anak untuk meniru apa yang kita sampaikan. Kemudian berikan tugas kepada anak berupa tugas menulis yang dibantu dengan titik-titik yang sudah disediakan, meminta anak untuk mencocokkan angka dan huruf yang kita sebutkan. Selain itu meminta anak untuk mewarnai gambar yang sudah kita sediakan.

    1. Discriminative use of objects

Metode ini memberikan pelajaran kepada anak melalui interaksi dengan lingkungan sekitar. Dengan metode pelajaran seperti ini anak akan memiliki kemampuan untuk membedakan antara objek dengan kejadian.

Anak yang mengalami keterlambatan mungkin bisa terkena depresi atau keputusasaan yang membuatnya kerap marah dan bersikap agresif. Oleh karena itu, ini juga bisa menjadi salah satu cara menghadapi anak gampang marah.

    1. Work recognition

Metode pembelajaran ini dengan cara anak mengenal kata dari sesuatu yang dia lihat. Disini peran orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua harus bisa memberikan perhatian lebih kepada anak sehingga mampu memberikan efek yang positif dalam perkembangan anak.

    1. Taman bermain

Ajak anak bermain di taman untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Dengan banyak berinteraksi dengan teman-teman dan orang banyak, anak akan mengenal cara berinteraksi sosial dengan orang lain.

Bukan hanya membuat anak tenang, ini juga menjadi salah satu cara mengatasi anak cepat marah yang sangat efektif tanpa memarahinya.

    1. Metode Puzzle

Metode ini merupakan metode belajar sambil bermain yang menyenangkan. Dengan menggunakan metode ini anak akan termotivasi untuk belajar. Contoh pembelajaran dengan menggunakan metode ini yaitu dengan mengajak gambar-gambar dan huruf-huruf nanti anak diminta untuk menggabungkan huruf-huruf tadi menjadi kosa kata yang benar

    1. Belajar sambil bernyanyi

Metode ini sangat menarik, karena anak akan merasa senang dengan cara ini anak akan lebih betah belajar dan akan cepat ingat dengan materi yang kita sampaikan.

Bukan hanya membuat si kecil jadi paham dengan kata-kata baru dan tidak bosan, ini adalah salah satu cara menjadi ibu teladan bagi para Moms.

Dengan 7 metode sederhana pembelajaran di atas, si kecil yang menyandang down syndrome akan tetap bisa produktif. Dengan terus menggali potensi si kecil dan memberikan perhatian lebih sehingga memberikan efek yang positif untuk masa perkembangan dan kemajuan si kecil.