Inilah 5 Tips Memaksimalkan Lebaran Bersama Keluarga Agar Semakin Berkesan

24

Lebaran menjadi hal yang sangat dinanti oleh banyak kaum muslim yang sudah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh ini, lebaran juga menjadi salah satu waktu yang sangat tepat untuk berkumpul bersama keluarga maupun sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu.

Fungsi ibu dalam keluarga maupun fungsi ayah saat menjelang lebaran sangatlah penting karena dalam menyambut lebaran ini dibutuhkan banyak sekali persiapan, sehingga kerjasama antar anggota keluarga menjadi hal yang sangat-sangat penting.

Selain itu, tanggung jawab ibu terhadap anak maupun terhadap keluarga dalam menyambut lebaran ini juga sangat besar, tanggung jawab tersebut berupa penyambutan tamu kelak, dekorasi rumah, makanan yang akan disajikan maupun pakaian keluarga yang akan dikenakan bersama nantinya.

Lebaran terkadang menjadi satu-satu nya waktu yang pas untuk berkumpul bersama keluarga besar, karena biasanya setiap anggota akan sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan nya. Sehingga lebaran menjadi waktu yang pas dan harus dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh setiap anggota keluarga.

Untuk itu, dibawah ini akan kami jelaskan mengenai tips dan cara memaksimalkan waktu bersama keluarga sat lebaran yang bisa anda terapkan nantinya. Yuk disimak:

    1. Pastikan bahwa keluarga menjadi prioritas utama

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menjadikan keluarga sebagai prioritas paling penting dan utama, lakukan setiap kegiatan yang melibatkan anggota keluarga. Ajak anggota keluarga untuk mengobrol banyak topik yang menarik sehingga obrolan akan semakin seru.

2. Mengajak anggota keluarga untuk berlibur bersama

Terkadang lebaran menjadi salah satu waktu istirahat paling panjang bagi para pekerja kantor, sehingga lebaran juga bisa digunakan sebagai waktu yang paling pas untuk mengajak anggota keluarga berlibur atau berjalan-jalan ke suatu tempat yang menyenangkan bersama-sama.

Mudik juga menjadi salah satu kegiatan yang bisa mengakrabkan kedekatan antar anggota keluarga, untuk itu manfaat kan waktu mudik dengan sebaik-baiknya.

3. Jangan melewatkan waktu makan bersama

Salah satu ciri-ciri ibu yang baik adalah dengan mengerti dan memenuhi setiap keinginan anggota keluarga dengan baik, keinginan untuk berkumpul bersama anggota keluarga menjadi keinginan paling mendasar yang diinginkan oleh hampir semua anggota keluarga. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu berkumpul bersama anggota keluarga adalah dengan selalu makan bersama keluarga.

Untuk menambah nikmat waktu makan bersama ibu harus menyajikan menu masakan yang enak contohnya dengan menerapkan resep sarapan praktis dan resep masakan lainya yang bisa anda temui dengan mudah di internet.

Itulah tadi cara memanfaatkan waktu berkumpul bersama keluarga saat lebaran yang bisa anda terapkan dirumah. Selamat membaca dan terimakasih.