6 Tradisi atau Kebiasaan Puasa Ala Anak Kost yang Jarang Orang Ketahui

111

Bulan Ramadhan bulan berpuasa bagi umat Islam, kamu si anak rantau yang juga ngekos dan ikut menjalankan ibadah puasa, kamu tidak sendiri kok. Di belahan daerah lainnya juga merasakan seperti yang kamu rasakan. Hidup jauh dari orang tua, melakukan segala sesuatu seorang diri, termasuk ketika mempersiapkan segalanya untuk sahur dan berbuka puasa seorang diri. Jadi tak perlu bersedih lagi ya! Kami akan membagikan tips agar hari-hari Ramadhanmu di kos-kosan menjadi lebih bermakna dan tentunya menjadi lebih berwarna!

Tradisi Ala Anak Kost

Terkadang, hidup menjadi terlihat mengenaskan jika menjalankan ibadah puasa seorang diri tanpa ada orang tersayang yang menemani. Tidak ada orang tua, keluarga, maupun saudara yang senantiasa meramaikan kehidupan kita pada saat di rumah. Namun lihatlah sisi positifnya. Kamu bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa dan mampu menjalani ibadah puasa dengan penuh makna.

Artikel kami siap menemani kamu. Kami akan membagikan tips yang selama ini sudah menjadi gaya anak kos si anak rantau dalam rangka menjalankan ibadah puasa di kampung orang. Yuk, simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini!

  1. Sahur Mewah

Walau kamu anak kos, kamu tetap bisa hidup mewah kok. Akan tetapi mewah yang dimaksud bukan berarti harus makan di sebuah restoran mahal. Cukup menyiapkan menu buka puasa sehat dan juga bergizi. Tapi sahur dengan harga yang jauh lebih mahal dari itu semua, yakni masakan orang tua yang dikirimkan melalui paket untuk kamu. Masakan orang tua bagi anak perantauan akan menjadi masakan yang paling nikmat tiada duanya. Hal ini dikarenakan masakan ini sudah dimasak oleh orang tua dengan penuh cinta untuk anaknya. Namun, ada juga beberapa jenis menu sahur yang wajib dihindari lho!

  1. Buka Bersama di Acara Sosial

Selain mendapatkan pahala dengan berpuasa, kamu juga bisa mengikuti acara sosial organisasi. Kamu akan mendapat pahala menyayangi anak yatim, mampu mengasah kepekaanmu juga terhadap sekitar. Selain itu kamu tentunya akan mendapat bonus berbuka puasa bersama dengan cukup membayar separuh dari harga puasa atau malah buka puasa gratis di sana.

Atau bisa juga kamu mengikuti acara pengajian di sebuah masjid. Selain mendapat siraman rohani, kamu juga akan mendapat buka puasa gratisan di sana. Wah, dapat plus-plus ya! Jika Anda seorang wanita karir yang sedang ngekost, Anda bisa mempertimbangkan beberapa cara masak menu buka puasa dan sahur untuk wanita karir yang lebih simple dan cepat.

  1. Buka Bersama dengan Penghuni Masjid

Cara ini adalah yang paling sering digunakan oleh anak kos. Mungkin salah satunya adalah kamu. Apalagi jika masjid-masjid itu berada di tempat area perkuliahan. Kamu bisa menjelajahi masjid dari satu masjid ke masjid lainnya untuk berbuka puasa di sana. Bahkan kami menyarankan kamu untuk melist tempat masjid-masjid mana saja yang menyediakan buka puasa gratis.

Selain bisa menjadi tips agar tak mudah marah saat puasa, dijamin pengeluaran kamu juga pasti akan menjadi lebih hemat. Perlu diperhatikan pula, jangan sampai kamu datang ke masjid ketika sudah mendekati adzan Maghrib! Hal ini karena ditakutkan nantinya kamu malah kehabisan takjil gratis oleh orang-orang yang datang duluan sebelum kamu.  

  1. Bekal Makan Sahur dari Jalanan

Ternyata ada juga lho beberapa masjid yang menyediakan kotakan nasi untuk sahur. Bagi kalian yang khawatir bagaimana agar tetap bisa sahur tanpa mengeluarkan biaya, masjid adalah solusinya. Kotakan nasi akan menjadi penyelamat kamu nantinya.

Tidak hanya masjid saja yang menyediakan bekal sahur ini. Coba telusuri jalanan dan kamu akan menemukan beberapa orang yang terlihat sedang menyebarkan kotakan nasi ini di jalanan. Biasanya pembagian bekal sahur ini berlokasikan di perempatan jalan atau di trotoar yang tampak ramai dengan orang berkumpul.

Yuk, perlu dicoba! Pastikan kamu untuk tidak bangun terlambat ya!

  1. Ngabuburit Gratisan

Terkadang, sebelum berbuka kita menginginkan banyak macam makanan dan minuman yang tampak berjejeran di jalan. Saat itu kita khilaf dan membeli banyak makanan dan minuman tersebut untuk dimakan ketika berbuka puasa. Akan tetapi ketika berbuka, perut kita hanya sanggup memakan beberapa jenis makanan saja. Sehingga beberapa jenis makanan lainnya tidak sempat disentuh.

Nah, daripada mengeluarkan banyak uang untuk takjil tapi ujung-ujungnya tidak dimakan karena kekenyangan. Kamu bisa mencari gratisan dengan berkunjung ke lokasi perbelanjaan yang menyediakan takjil gratis. Diniati untuk kencan sambil ngabuburit bersama pasangan dijamin uang hemat, kenyangpun dapat!

  1. Mie Instan Sejati

Kalau ini sudah tidak perlu banyak dijelaskan lagi. Namanya juga anak kos. Nama mie instan sudah pasti sudah terlalu melekat bagi para anak kost. Apalagi jika kamu sedang berada di akhir bulan yang menyebabkan kamu harus benar-benar bisa menghemat pengeluaran uang. Tak ada salahnya untuk kamu yang ingin sahur dan berbuka puasa dengan menu mie instan. Tapi, jangan terlalu berlebihan juga ya!

Nah, itu tadi enam kebiasaan puasa ala anak kost. Hayo, kamu paling sering yang mana? Jika ada poin yang belum kamu lakukan, ayo lakukanlah sekarang. Tapi jangan hanya memikirkan makan saja, utamakan kebersihan mulut juga ini adalah salah satu tips agar tak bau mulut saat puasa. Hidupmu sebagai anak kos yang sedang berpuasa di kampung orang pasti akan menjadi lebih berwarna!