Cobalah 5 Trik Memakai Maskara agar Tidak Menggumpal yang Super Mudah

15

trik-memakai-maskara-agar-tidak-menggumpal

Ada beberapa tragedi yang kemungkinan dapat menimpa kita saat mengaplikasikan riasan mata, dan dua dari sekian tragedi yang paling menyebalkan adalah … eyeliner yang belepotan atau maskara yang menggumpal hanya beberapa jam setelah kita melangkah keluar rumah. Riasan yang luntur tanpa disengaja tentunya membuat kita kekiLadies, dan maskara yang menggumpal dapat digolongkan ke dalam salah satu kesalahan make-up paling memalukan yang dapat mempengaruhi tampilan menawan kita (entah itu saat meniru tips makeup simple a la beauty blogger atau trik make-up natural untuk sehari-hari).

Apabila kamu pernah mengalami insiden seperti ini juga (khususnya maskara menggumpal), kami yakin kamu telah meluangkan waktu terlebih dahulu sebelumnya untuk mencari-cari di Google tentang rekomendasi maskara dengan formula waterproof atau tahan air terbaik. Meskipun kamu telah menggunakan maskara yang tepat, tentu saja penting untuk menghindari adegan “maskara yang belepotan” karena maskara yang tahan luntur bukanlah satu-satunya hal yang perlu kamu pertimbangkan. Ingin tahu bagaimana trik memakai maskara agar tidak menggumpal dan mencegahnya luntur? Temukan kelima tipsnya di bawah ini.

1. Hindari maskara bertekstur krim

Meskipun kita menyukai maskara dengan tekstur krim, maskara-maskara jenis ini bukanlah pilihan terbaik jika Ladies ingin mencoba trik memakain maskara agar tidak menggumpal. Coba perhatikan: eyeshadow dan eyeliner bertekstur krim hingga krim mata dapat menjadikan lapisan dasar make up menjadi berminyak dengan seiring berjalannya waktu (belum lagi jika kulitmu adalah kulit berminyak, kamu mungkin memerlukan usaha ekstra untuk mencari cara make up tahan lama dibandingkan kulit sensitif atau kulit kering). Dan, dengan landasan kosmetik yang berminyak seperti ini, kulit menjadi licin dan maskara pun jadi lebih susah untuk diaplikasikan supaya melekat sempurna pada bulu mata – otomatis maskara jadi lebih mudah tercoreng dan luntur.

Apabila kamu cukup sering mengalami hal ini sebelumnya, mulai sekarang abaikan maskara krim yang selalu kamu gunakan dan pilihlah maskara tipe matte atau bubuk.

2. Beralih pada blotting paper

Apakah kelopak matamu juga cenderung berminyak, Ladies? Kelopak mata yang berminyak juga dapat menjadi “kanvas” yang licin bagi riasan mata, menjadikan maskara mudah tercoreng atau menggumpal. Trik memakai maskara agar tidak menggumpal yang super mudah? Tempelkan blotting paper atau kertas minyak pada kelopak mata dan bagian bawah mata sebelum kamu memulaskan maskara untuk menyerap minyak berlebih.

Jika kamu sedang kehabisan blotting paper, gunakan bedak tabur sebagai cara alternatif dan kurangi minyak berlebih seperti salah satu manfaat Innisfree No Sebum Blur Powder – salah satu rekomendasi bedak tabur asal Korea Selatan yang dapat menyetel riasanmu dengan sempurna.

3. Gunakan primer untuk kelopak mata

Bicara tentang kelopak mata yang licin dan berminyak, menggunakan primer mata adalah satu keharusan dari trik memakai maskara agar tidak menggumpal untuk mempersiapkan kelopak mata dalam menyerap warna dan tekstur dari riasan mata serta menciptakan zona mata bebas noda. Oleskan eye primer (bingung eye primer apa yang cocok untuk kulit berminyak sepertimu, Ladies? Coba rasakan manfaat Innisfree Cushion Primer yang multifungsi ini) sebagai langkah pertama dalam rutinitas make up mata kamu dan rasakan perbedaannya.

4. Pilih maskara tahan air

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, maskara terbaik yang tidak mudah luntur apalagi menggumpal adalah maskara yang diformulasikan dengan bahan-bahan penahan air atau waterproof terbaik. Tentukan maskara waterproof yang paling sesuai untukmu dan pastikan keamanan dari maskara tersebut sebelum membeli agar kamu terhindar dari bahaya dibalik kosmetik palsu.

5. Kunci make up dengan setting spray

Setelah kamu merias wajah – termasuk menggunakan maskara – penting untuk mengunci riasan sebagai trik memakai maskara agar tidak menggumpal berikutnya guna menghindari noda serta menahan maskara dan dandananmu agar terjaga sepanjang hari (atau sepanjang malam). Kamu dapat melakukannya dengan bantuan setting spray. Selain itu, kamu juga harus mengunci riasan mata, baik di kelopak maupun bagian bawah mata dengan translucent powder atau bedak tabur.

Ingin mendapatkan solusi lain tentang riasan mata di samping trik memakai maskara agar tidak menggumpal seperti cara memilih eyeshadow sesuai warna kulit ataupun tips keren lainnya? Selalu baca dari sumber terpercaya dan terlengkap seperti Klub Wanita yang benar-benar mengerti tentang wanita ya, Ladies.