Sponsors Link

20 Bahaya Begadang bagi Wanita yang Sebaiknya Mulai Dipertimbangkan

Sponsors Link

bahaya begadang bagi wanitaBegadang merupakan suatu kebiasaan buruk. Namun anehnya, masih banyak saja wanita yang hobi begadang dan tidak menyadari betapa banyak bahaya begadang bagi wanita. Hal ini mungkin karena tuntutan pekerjaan, karena mengurus rumah tangga, atau malah insomnia dan terbiasa begadang.

ads

Nah, Anda sebaiknya mulai menyadari beberapa bahaya begadang bagi wanita ini. Mungkin setelah ini Anda akan berpikir ribuan kali untuk begadang lagi demi kesehatan dan kenyamanan diri Anda sendiri.

1. Konsentrasi Menurun

Sangat penting untuk tidur yang teratur dalam beraktivitas dan berpikir. Oleh karena itualh kurang tidur dapat mempengaruhi badan dan pikiran menjadi kurang baik. Salah satu bahaya begadang bagi wanita ini harusnya Anda perhatikan.

Apa jadinya jika konsentrasi Anda menurun? Hal ini dapat mengganggu tingkat kewaspadaan,  penalaran, konsentrasi,  dan pemecahan masalah. Hal ini dapat berdampak buruk pada pembelajaran dan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya ada bahaya sering minum bersoda bagi wanita yang harus Anda renungkan. Namun bahaya begadang yang satu ini sebaiknya mulai Anda pikirkan. Apa gunanya Anda begadang jika hal itu malah hanya menurunkan konsentrasi Anda dalam berpikir, bekerja, maupun beraktivitas.

2. Pelupa

Nah, Anda tentu tidak mau cepat-cepat pikun, bukan? Jadi bunuhlah kebiasaan tersebut dan lakukanlah aktivitas yang biasanya Anda lakukan tengah malam ke menjelang subuh. Hal ini lebih efektif agar pikiran Anda lebih bugar dan baik.

3. Penyakit Serangan Jantung

Dampak lain dari kebiasaan begadang ini adalah bisa berkemungkinan penyakit jantung bisa menyerang Anda. Oleh karena itu, daripada Anda akan mengidap banyak penyakit yang cukup serius, lebih baik Anda hindari. Selagi hal  tersebut masih bisa dihindari. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Nah, kalau Anda sudah tahu hal ini. Alangkah lebih baiknya kalau Anda benar-benar menghilangkan kebiasaan buruk begadang ini. Selain memang tidak baik untuk badan Anda, juga tidak baik bagi pikiran Anda. Lagi pula, tidak ada gunanya juga bergadang, bukan? Hanya berguna di saat itu juga. Namun bisa Anda sesali kemudian.

4. Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Ini juga bahaya begadang bagi wanita yang tidak kalah membahayakan dan beresiko. Terlalu banyak begadang membuat Anda bisa berkemungkinan mengidap penyakit darah tinggi. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi pada Anda, bukan? Oleh karena itu, selagi bisa dihindari, maka lebih baik Anda hindari saja kebiasaan buruk yang satu ini.

Hal ini tentunya akan menjadi hal yang cukup membahayakan jika Anda masih tidak kunjung menghentikan kebiasaan begadang ini. Lebih baik Anda menjaga kesehatan mulai sekarang juga daripada menyesal kemudian.

5. Minum Kopi yang Membahayakan

Meski ada beberapa manfaat minum kopi untuk wanita, namun kopi juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan kita. Orang yang tidak kuat begadang namun terpaksa atau memang hobi begadang biasanya suka sekali minum kopi.

Nah, kopi sendiri juga tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika terdapat banyak kafein di kopi. Ini akan maki nemperparah kesehatan Anda. Jadi, hindarilah kopi dan juga begadang. Anda bayangkan, minum kopi saja sudah membahayakan. Apalagi juga ditambah dengan begadang. Anda tentu tidak ingin jadi orang yang penyakitan, bukan?

Sponsors Link

6. Menyebabkan Depresi

Penelitian dari Universitas Pennsylvania yang dilakukan tahun 1197 menyebutkan jika orang-orang yang  jam tidurnya kurang dari lima jam dalam sehari selama seminggu,  akan mudah terserang stress,  kelelahan mental, marah, dan sedih. Hal inilah yang dapat memicu tingkat depresi menjadi lebih tinggi.

Nah, hal ini mungkin pada malam hari yang biasanya sepi, Anda terbiasa memikirkan banyak hal dan pikiran itu bertambah jauh dan dalam. Hal ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan Anda yang seharusnya Anda jaga. Apalagi jika Anda sedang dalam masalah. Maka dengan begadang, maka pikiran itu akan makin berlarut-larut.

7. Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Salah satu tips menjadi wanita yang menarik adalah memiliki kulit yang baik, bukan? Kebanyakan orang mengalami kulit yang tidak cerah dan matanya bengkak setelah beberapa malam bergadang/kurang tidur. Keadaan tersebut sangatlah benar karena kurang tidur yang berlebihan akan mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata. Bila anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh anda melepaskan lebih banyak hormon stress atau kortisol.

8. Penyakit Stoke

Bahaya begadang bagi wanita yang satu ini cukup mengerikan, bukan? Masihkah Anda berani untuk begadang setelah mengetahui betapa bahayanya kebiasaan Anda ini? Anda sendiri yang tahu jawabannya. Mulailah untuk berpikir ulang tentang hal ini.

9. Tubuh Menjadi Lesu

Terlalu sering tidur larut malam mengakibatkan tubuh Anda terasa begitu lesu untuk melakukan berbagai aktivitas. Cobalah untuk melakukan perawatan tubuh ala korea untuk menyegarkan kembali tubuh Anda. Atau mungkin beristirahatlah agar tubuh Anda bisa kembali bugar lagi.

ads

10. Kantung Mata

Terlalu banyak membuat Anda memiliki kerutan hitam di bawah mata yang bisa membuat Anda tampak lebih tua dan berumur. Tentu Anda tidak ingin ini terjadi, bukan? Meski memang sebenarnya ini hal yang lumrah. Mungkin Anda bisa mempelajari cara orang korea merawat kulit wajah mereka dan cara menghilangkan kantung mata Anda agar tidak terlihat terlalu tua dan keriput.

11. Mengacaukan Aktivitas Seharian

Bahaya begadang yang lainnya adalah dapat mengacaukan akitivitas seharian. Hal ini terjadi karena konsentrasi Anda yang menurun sehingga tidak fokus untuk melakukan kerja di hari itu. Bisa juga karena badan Anda yang sangat lesu dan rasanya sangat sakit serta malas untuk melakukan berbagai aktivitas di hari itu.

12, Ngantuk

Bahaya begadang yang satu ini memang sangat masuk akal. Namun, mengantuk bisa menyebabkan banyak dampak lagi, loh. Coba bayangkan ketika Anda sedang mengemudi dan Anda sedang mengantuk. Maka kemungkinan kecelakaan itu akan menjadi sangat mungkin.

Mungkin juga saat Anda sedang menempuh ujian. Anda jadi tidak fokus dalam mengerjakan ujian sehingga mungkin Anda salah mengisi dan mungkin bisa saja berakibat fatal bagi nilai maupun kelulusan Anda.

13. Sulit Berpikir

Kalau Anda begadang hanya karena ulangan besok. Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini. Colah untuk menghindari sikap SKS dan mulailah belajar dengan menyicil. Hal ini juga tidak ada gunanya Anda belajar jika jadi tidak bisa berpikir saat ujian.

14. Merusak Tulang

Terlalu banyak begadang membuat tulang menjadi sakit. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Apalagi Anda masih mudah. Apa jadinya jika tulang Anda sudah cepat sekali rapuh. Anda tidak bisa lagi mempraktikkan cara tampil cantik dan menawan di hadapan pria idaman Anda.

15. Sering Gugup

Bagi Anda yang saat ini menjadi wanita karir dan pekerjaan Anda banyak hal-hal yang membuat terkejut atau mungkin gugup, sebaiknya lebih baik Anda menghentikan kebiasaan begadang. Hal ini untuk menjaga kelancaran pekerjaan Anda sendiri. Memang ada beberapa alasan menjadi wanita karir yang bisa jadi pilihan Anda. Namun ini sangat membahayakan Anda jika terus begadang karena pekerjaan Anda.

Apa jadinya jika pekerjaan Anda sebagian besar harus tampil di depan umum? Kalau Anda mudah gugup, tentunya hal ini benar-benar tidak baik untuk Anda dan pekerjaan Anda, bukan. Jadi pastikan Anda selalu tidur cukup untuk bekerja keesokan harinya.

Kalau Anda tetap memaksakan diri, maka ini tentu tidak ada gunanya. Apa gunanya Anda mempersiapkan waktu sedemikian rupa namun tidak bermanfaat karena ketika hari esok Anda jadi gugup bahkan sakit.

16. Masuk Angin

Mungkin selema ini Anda begadang karena harus mengurus bayi atau balita Anda. Memang itu merupakan salah satu ciri-ciri ibu yang baik. Namun jangan sampai Anda jadi tidak bisa menjaga kesehatan badan Anda dan masuk angin.

Jika Anda sakit, maka yang repot juga keluarga Anda dan tentunya Anda sendiri. Pekerjaan rumah jadi berantakan dan anak Anda pun jadi tidak dapat terurus dengan baik. Beruntung jika suami Anda dapat dengan sigap menggantikan tugas Anda.

17. Kekebalan Tubuh

Inilah salah satu bahaya begadang bagi wanita yang sebaiknya juga Anda hindari. Begadang dapat menyebabkan kekebalan tubuh Anda menurun sehingga sangat mungkin kondisi Anda jadi sangat menurun bahkan benar-benar sakit. Kalau sudah sakit, maka akan repot juga, bukan?

Kalau kekebalan tubuh sudah tidak baik. Tentunya dapat berdampak pada aspek lain. Misalkan pekerjaan Anda jadi kacau. ujian jadi berantakan, dan hal lainnya. Sebaiknya Anda meminum banyak vitamin agar sistem kekebalan tubuh Anda bisa balik lagi.

Sponsors Link

18. Pernafasan

Banyak begadang dan menghirup udara malam memang tidak baik untuk Anda. Nah, jika Anda begadang. Maka pastilah Anda banyak terhirup angin malam yang dapat mengganggu pernafasan Anda. Memang tidak Anda rasakan sekarang. Namun mungkin nanti.

19. Urusan Rumah Jadi Berantakan

Salah satu cara menjadi ibu yang baik buat anak adalah selalu ada untuk anak dan juga mengurusinya dengan baik. Apa jadinya kalau Anda malah sakit akibat dari begadang. Anak Anda jadi tidak terurus dengan baik.

Nah, selain itu, pekerjaan rumah Anda juga akan makin menumpuk dan berantakan. Suami Anda juga tidak dapat terurus sehingga rumah Anda benar-benar kacau karena tidak ada yang membersihkan, menyapu, atau mengepel. Beruntung jika Anda memiliki asisten rumah tangga yang dapat menggantikan peran Anda ketika sedang sakit.

20. Gangguan Mental

Jika Anda terlalu sering begadang bahkan sudah terbiasa tidur beberapa jam dalam sehari, Anda sebaiknya tahu bahaya begadang bagi wanita yang satu ini. Anda dapat mengalami gangguan mental. Meski belum ada alasan kuat yang mendukung, namun tidak ada salahnya Anda pertimbangkan lagi hal ini. Semuanya demi kebaikan diri Anda sendiri dan juga keluarga Anda.

Baiklah, itulah 20 bahaya begadang bagi wanita yang sebaiknya benar-benar Anda renungkan. Apalah artinya Anda menjadi orang terbaik di suatu perusahaan alias karir Anda baik karena sering begadang namun kesehatan Anda sangat buruk dan mudah ambruk.

Begitu juga dengan ibu rumah tangga. Jika Anda terlalu sering begadang, maka akan memungkinkan jika Anda jadi masuk angin sehingga akan banyak pekerjaan rumah yang terbengkalai. Malah memperburuk keadaan, bukan?

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan