Jangan Khawatir! Begini 8 Cara Menghadapi Anak Durhaka Terhadap Orang Tua

105

Cara Menghadapi Anak DurhakaCiri ciri ibu yang baik adalah ibu yang mampu mendidik dan merawat anak dengan baik dan dengan cara yang bisa menjadikan anak yang penurut dan selalu mendengarkan apa yang dikatakan oleh orang tuanya.

Bukan hanya itu saja, seorang ibu yang baik juga tau cara sabar dalam menghadapi anak dengan sabar, karena karakter seorang anak berbeda- beda. Jika seorang ibu memiliki anak yang pembangkang dan susah di atur maka ibu akan merasa jengkel dan marah, bukan? menjadi ibu memang tidak mudah dalam mendidik anak supaya menurut seperti apa yang kita mau.

Maka dari itu seorang ibu harus tau cara sabar menghadapi anak. karena apa? Jika kita tidak sabar menghadapi anak, kita pasti tidak ingin ada hal yang membuat anak tersebut tidak menurut dan membuat anak menjadi durhaka. Cara Menghadapi Anak Durhaka Yang Wajib Ibu Tau:

  1. Memberi Kasih Sayang Yang Lebih

Sebagai seorang ibu yang memiliki anak durhaka, langkah awal yang bisa ibu lakukan adalah dengan memberi kasih sayang yang lebih pada anak. ciri ciri ibu yang baik adalah ibu yang selalu membuat anak nyaman dengan kasih dan sayang yang tak terhingga pada anak mereka. Bukan hanya itu saja, memberi kasih sayang yang lebih pada anak memang sudah menjadi tanggung jawab ibu terhadap anak

  1. Mencari Tau Alasan Anak

Seorang ibu juga harus bisa mencari tau alasan anak, kenapa anak bisa bersikap seperti itu. Apakah faktor keluarga yang mempengaruhi atau faktor luar yang bisa saja mempengaruhi anak tersebut durhaka kepada ibunya.

  1. Menanamkan Karakter Pada Anak

Peran ibu dalam psikologi anak usia dini memang sangat di perlukan, karena sejak dini anak sudah di tanamkan karakter yang membuat dirinya mengerti dan mampu memahami orang tua dan tidak bisa bertindak semunya sendiri. sebagai orang tua memang penting menanamkan karakter sejak dini.

  1. Berbicara Dengan Anak Dari Hati Ke Hati

Tanggung jawab ibu terhadap anak memang tidaklah mudah, apalagi jika anak tersebut berani melawan orang tua atau membangkang orang tua yang bisa menjadikan anak tersebut durhaka kepada orang tuanya. Sebagai ibu yang baik memang sudah seharusnya berbicara pada anak dari hati ke hati supaya ibu mengerti apa yang sedang dialami anak

  1. Mendoakan Anak

Mendoakan anak adalah salah satu cara menghadapi anak durhaka yang bisa membuat seorang anak tau bahwa durhaka pada orang tua tidak diperbolehkan dan melanggar agama yang selalu diajarkan oleh guru di sekolah atau orang tua di rumah.

  1. Mengenalkan Agama Pada Anak Sejak Usia Dini

Mengenalkan agama sejak dini merupakan alternatif lagi orang tua untuk mendidik anaknya agar ketika dia beranjak dewasa dan remaja, mereka memahami bahwa berani pada orang tua dan menjadi pembangkang itu tidak boleh dilakukan.

  1. Mengajak Anak Untuk Berbagi Pengalaman

Mengajak anak untuk berbagi pengalaman juga bisa menjadi salah satu cara alternatif menghadapi anak durhaka pada orang tua. Tanggung jawab ibu terhadap anak memang salah satunya adalah mengajarkan hal baik.

  1. Memberi Contoh Kepada Anak

Memberi contoh pada anak merupakan  hal yang harus dilakukan orang tua saat anak masih kecil atau masih dalam usia dini. Jika karakter sudah ditanamkan pada anak usia dini, saat dewasa nanti anak juga akan mencontoh apa yang dilakukan orang tua mereka.

Nah itu dia 8 cara menghadapi anak durhaka yang bisa membuat anak tersebut menyadari kesalahan yang dia perbuat.