Jangan Panik Mom Begini7 Cara Menghadapi Anak yang Rewel Agar Cepat Tenang

30

Cara Menghadapi Anak yang RewelAnak rewel? Sudah menjadi hal yang biasa dan sering dialami oleh para orangtua, pastinya. Anak menjadi rewel karena berbagai sebab, bisa karena merasa tidak nyaman, takut atau malah karena keinginannya tidak kesampaian.

Rewel juga menjadi cara bagi anak untuk mengekspresikan perasaannya karena anak belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya secara gamblang. Hal yang sering terjadi ketika anak rewel adalah orangtua menjadi ikutan emosi. Kalau sudah begini sebaiknya simak dulu deh cara menghadapi anak yang rewel.

1. Peluk dan tenangkan anak

Hal yang pertama yang bisa dilakukan untuk cara menghadapi anak yang rewel adalah dengan menenangkan anak dengan cara memeluknya. Mendekap tubuh anak akan membuatnya menjadi lebih nyaman dan tenang.

Usap-usap punggung anak dan berbicaralah kepada anak dan mintalah ia untuk segera tenang. Hal ini juga bisa dilakukan pada cara mengatasi anak bayi rewel pada malam hari.

2. Ajak anak berbicara dan tanyakan apa yang diinginkannya

Jika anak menginginkan sesuatu biasanya ia juga belum bisa mengutarakannya dengan jelas. Maka cobalah untuk bertanya kepada anak perihal apa yang ia inginkan. Mungkin anak sedang menginginkan atau membutuhkan sesuatu.

3. Tanyakan apa yang dirasakan anak

Jika anak masih rewel, tanyakan juga atau pahami apa yang sedang ia rasakan. Mungkin saja anak merasa takut, terusik, kepanasan, kedinginan atau malah anak merasa kesakitan pada bagian tubuhnya.

Jika anak belum bisa berbicara dengan leluasa, orangtualah yang harus lebih peka memahami kerewelan anak. Begitu juga untuk cara mengatasi anak rewel setelah imunisasi.

4. Perlihatkan hal yang menarik

Hal berikutnya yang bisa dilakukan sebagai cara menghadapi anak yang rewel adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Sama dengan cara mengatasi anak tantrum, alihkan perhatiannya kepada objek lain yang menarik dan bisa membuatnya berhenti bertingkah. Jika anak rewel tidak disebabkan oleh rasa sakit, biasanya akan sangat mudah teralihkan.

5. Jangan emosian apalagi marah-marah pada anak

Sebaiknya hindari memarahi anak saat ia rewel dengan keras. Justru ini bisa membuat anak semakin rewel bahkan bisa tantrum. Sering memarahi anak juga bisa membuat anak memberikan label yang jelek kepada orangtuanya.

Anak juga bisa merasa orangtuanya tidak lagi sayang padanya. Jika tidak bisa mengatasi dengan cara sabar menghadapi anak rewel, bisa mempengaruhi juga pada psikologi anak, lho. Peran ibu dalam psikologi anak usia dini itu sangatlah penting, maka sayangi anak cara menjadi ibu yang baik buat anak.

6. Pusatkan perhatian pada anak

Beragam penyebab yang bisa membuat anak menjadi rewel, salah satunya adalah karena kurang perhatian dan merasa diabaikan. Oleh karena itu, ketika anak rewel, cobalah untuk memusatkan perhatian padanya. Ajaklah anak untuk bermain dan berbicara padanya sehingga anak tidak rewel lagi.

7. Ajak anak menghirup udara segar

Jika anak rewel saat berada di keramaian atau berada dalam ruangan yang penuh sesak, cobalah untuk mengajak anak keluar ruangan dimana ada udara yang lebih segar dan tidak penuh sesak. Jika anak berhenti menangis dan rewel, bisa jadi memang karena ia merasa tidak nyaman berada di tempat yang sebelumnya.

Demikianlah 7 cara menghadapi anak yang rewel agar ia bisa tenang dengan mudah. Berbeda lagi dengan cara mengatasi anak cengeng yang biasanya juga suka rewel karena takut dengan cara melatih mental anak agar berani. Simak juga ya cara mengatasi anak cepat marah dan emosian.