Sponsors Link

15 Cara Menjadi Wanita Mandiri yang Di Idam-Idamkan Semua Orang

Sponsors Link

Kaum wanita selalu diidentikkan sebagai makhluk yang lemah lembut, manja dan harus dilindungi. Di tengah kehidupan yang semakin keras dan berat, wanita tidak boleh terus-menerus mempertahankan stigma yang telah melekat berabad-abad lamanya pada mereka.

ads

Wanita harus mandiri dan tangguh menghadapi kehidupan yang tidak selalu manis dan berpihak adil. Kabar baiknya, menjadi wanita mandiri, kuat dan tangguh tidaklah sesulit yang dibayangkan. Lalu bagaimana caranya? Selain membahas cara menjadi wanita yang anggun dan berwibawa serta cara menjadi wanita berkelas, di kesempatan ini Klubwanita akan membahascara menjadi wanita mandiri yang dapat diterapkan dalam keseharian.

  1. Mengubah Mindset atau Pola Pikir

Memiliki mindset atau pola berpikir yang tepat adalah hal pertama yang paling penting dilakukan jika ingin menjadi wanita yang lebih mandiri dari sebelumnya. Cobalah untuk pelan-pelan mengubah pola pikir bahwa kedudukan wanita itu lebih inferior dari pria dan ditakdirkan untuk tergantung dengan pasangan, teman, saudara atau orangtua karena secara fisik dan emosional lebih lemah.

  1. Bangun Rasa Percaya Diri

Kepercayaan diri yang tinggi adalah salah satu komponen yang dapat membentuk karakter seseorang menjadi mandiri. Tanpa percaya diri, kita tidak mampu mengambil keputusan-keputusan dalam hidup. Kita selalu akan minder dan takut untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik karena terus-menerus berpikir kita tidak mampu. Dengan meningkatnya rasa percaya diri, bonusnya kita juga akan terlihat wanita yang memiliki kelas.

  1. Berhenti Mengeluh

Terkadang hidup memang tidak selalu berjalan seperti yang kita kehendaki. Meskipun demikian, bukan berarti setiap saat kita harus mengeluh ketika dihadapkan pada situasi yang tidak nyaman. Mengeluh memang membuat diri kita merasa lega namun tidak menyelesaikan masalah. Daripada mengeluh, kenapa tidak mensyukuri apa yang kita telah miliki atau memikirkan solusi apa yang bisa dilakukan agar kondisi yang terjadi berubah menjadi lebih baik?

Membiasakan diri untuk tidak terus-menerus mengeluh dapat membawa dampak yang baik bagi kita dan orang lain. Dengan begitu, orang-orang sekitar tidak akan terganggu dengan keluhan yang kita lontarkan dan kita pun akan dianggap wanita matang yang dapat mencari jalan keluar atas masalah-masalah yang terjadi di hidup kita.

  1. Belajar Mengenali Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri adalah salah satu cara menjadi wanita mandiri. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang sederhana dilakukan karena memerlukan proses yang lama dan sulit. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa belajar mengenali diri sendiri. Apabila telah mengenali diri sendiri, kita dapat berusaha mengontrol diri sendiri dari hal-hal yang tidak terpuji dan merugikan.

Kita pun akan berusaha sekuat tenaga untuk melakukan segala sesuatu yang sekiranya di luar kemampuan diri. Memahami betul siapa sebenarnya diri kita, otomatis kita juga mengetahui bagaimana cara mengatasi hal-hal yang di luar keinginan kita dan menghargai diri sendiri.

  1. Jelajahi Dunia Sendirian

Tidak selamanya orangtua, teman, atau pasangan selalu memiliki waktu untuk menemani kita menjelajahi dunia. Ada kalanya kita harus menyingkirkan rasa takut dan segan untuk melakukan perjalanan solo. Jangan takut untuk menjelajahi dunia sendiri. Biasanya kita akan mendapatkan sesuatu yang baru dari perjalanan tanpa didampingi siapapun seperti teman baru, pengalaman baru, dan pelajaran-pelajaran yang di dapat diambil selama perjalanan.

Sponsors Link

  1. Keluar dari Zona Nyaman

Mencoba sesuatu yang belum pernah dicoba dan menantang tentunya sangat bermanfaat untuk hidup kita. Banyak yang dipelajari ketika kita melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, kita dipaksa untuk berpikir kritis, analitis sekaligus strategis bagaimana menghadapi situasi baru tersebut. Kita juga sedikitnya belajar bagaimana mengkalkulasikan resiko agar kita tidak menjadi korban atas keputusan yang diambil. Tapi ingat ya, keluar dari zona nyaman tidak berarti melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

  1. Berani Berpendapat

Di era modern, wanita mandiri dituntut untuk tidak takut menyuarakan pendapatnya. Kita hidup berdampingan dengan orang-orang yang berbeda isi kepala dan karakter. Dengan mengemukakan apa yang ada dalam pikiran kita, mereka menjadi mengerti keinginan dan pandangan kita. Posisi kita akan jauh lebih dihargai daripada ketika hanya diam dan mengikuti suara terbanyak. Selama itu benar dan tidak bermaksud buruk, maka tidak ada salahnya diungkapkan. Berani berpendapat juga salah satu cara menjadi wanita yang matang dalam berpikir dan bertindak.

8. Mampu Memotivasi Diri Sendiri

Berikutnya cara menjadi wanita mandiri adalah mampu memotivasi diri sendiri. Tidak selamanya orang-orang terdekat dapat berada di samping memberikan dukungan ketika kita sedang terpuruk. Agar dapat segera bangkit dari situasi yang sulit, kita harus dapat memotivasi diri sendiri dan tidak tergantung dari motivasi yang datangnya dari orang lain. Percayalah, motivasi yang terbesar itu adalah yang berasal dari diri sendiri.

ads

  1. Selalu Menjaga Kesehatan Tubuh

Wanita mandiri selalu bertanggungjawab dengan apapun yang terkait dengan dirinya, termasuk kesehatan. Cara menjadi wanita energik nan mandiri yang peduli dengan kesehatan tubuh adalah cukup dengan rutin berolahraga, minum air putih 8 gelas sehari dan memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi, Selain itu, kita menjadi tidak gampang lelah dan terserang penyakit. Coba bayangkan jika kita jatuh sakit? Berapa banyak waktu yang akan habis di atas ranjang?

  1. Tidak Mengandalkan Orang Lain

Menjadi sosok yang mandiri tidak berarti merasa tidak membutuhkan orang lain terutama laki-laki. Namun, apabila ada pekerjaan-pekerjaan mudah yang masih dapat dikerjakan sendiri kenapa harus mengandalkan orang lain? Cara menjadi wanita kuat yang mandiri adalah dengan tidak membiasakan diri untuk tidak mengandalkan orang lain, karena kelak akan lebih banyak masalah-masalah yang datang dan hanya dapat ditangani sendiri.

  1. Temukan Passion

Passion itu sangat penting dalam hidup. Tanpa passion, hidup kita akan terasa datar, tidak mengerti arah tujuan hidup yang tepat untuk kita itu sebenarnya apa. Seandainya pun kita pada akhirnya tidak menekuni passion sebagai profesi, passion dapat bermanfaat sebagai obat stress dan merupakan salah satu cara menjadi wanita paling bahagia.

  1. Bangun Karier

Belajar menikmati apa yang kita kerjakan karena jika tidak, malah akan menjadi bumerang. Apabila kita setengah hati dalam bekerja, pekerjaan  menjadi tidak optimal dan reputasi kita di dunia kerja menjadi terancam. Cara menjadi wanita sukses dalam karir adalah dengan menetapkan tujuan dalam karier agar lebih semangat dalam bekerja. Kalau perlu, bersahabatlah dengan semua orang-orang bekerja di kantor yang sama dengan kita.

  1. Disiplin dan Teliti Soal Keuangan

Wanita mandiri dituntut tidak tergantung secara finansial dengan orang lain. Disinilah kedisiplinan dan ketelitian menyangkut keuangan wajib untuk diperhatikan. Kita harus berusaha mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan baik (jika anda telah berumah tangga), jangan sampai gaji yang telah didapatkan dengan susah payah menguap begitu saja. Hal tersebut untuk menghindari ketidakmampuan menghadapi kondisi darurat yang membutuhkan banyak uang.

Setidaknya lakukanlah secara rutin pencatatan pengeluaran dan pendapatan, menyimpan dana darurat sebanyak 3 – 12 bulan pengeluaran, dan teliti saat berbelanja. Jangan gampang berutang untuk membeli barang-barang konsumtif yang nilainya terus tergerus waktu.

14. Jangan Berhenti Belajar

Saat ini perubahan di dunia terjadi sangat cepat. Selalu saja ada hal baru yang dapat kita temukan untuk dipelajari. Wanita mandiri mengerti benar bahwa manusia tidak dapat berhenti belajar. Dengan banyak mempelajari hal-hal baru kita dapat menjadi cerdas dan mampu menentukan tiap pilihan tanpa bantuan orang lain. Ada banyak cara untuk menjadi wanita cerdas yang senang mempelajari hal-hal baru, baik itu belajar dari pengalaman yang dialami sendiri dan orang lain maupun melalui media-media yang dapat dengan mudah diakses seperti buku, surat kabar, serta internet.

  1. Menerima Kenyataan Bahwa Hidup itu Tidak Adil

Salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui oleh wanita mandiri adalah hidup tidak berjalan sesuai dengan apa yang dipikirkan. Sewaktu masih kecil, orangtua kita berusaha untuk membesarkan kita di dalam lingkungan yang adil dan baik. Akan tetapi, ketika semakin beranjak dewasa seringkali dalam hidup kita menemui orang yang diperlakukan lebih baik entah itu karena penampilannya lebih menarik, rasnya yang berbeda, kecerdasaannya yang lebih unggul, warna kulitnya yang lebih putih, uang yang dimiliki lebih banyak, dsb. Jangan jadikan itu sebagai sebuah alasan untuk berhenti mengejar tujuan hidup kita atau apa yang kita sangat ingin lakukan.

Bagaimana? Tidak sulit menjalankan tips dan trick cara menjadi wanita mandiri dan diidam-idamkan semua orang, kan? Nikmati setiap fasenya dan jangan memaksakan diri untuk langsung menjadi pribadi yang mandiri ya karena untuk mempraktekkan cara menjadi wanita independen atau mandiri itu membutuhkan proses.

, , , , , ,
Yuk Join KlubWanita

ig-halosehatgroup

Selain menyehatkan tubuh, ternyata cuka apel juga bisa digunakan untuk perawatan kulit loh. Yuk tonton videonya!

Klubwanita TV