Sponsors Link

15 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil Bagi Ibu Rumah Tangga

Sponsors Link

cara mengatur keuangan rumah tanggaMenjadi seorang ibu rumah tangga tentulah bukan hal yang mudah dan bukan juga hal yang sulit. Tergantung bagaimana kita menjalani hari-hari dengan tugas-tugas dan kewajiban selayaknya ibu rumah tangga. Tidak hanya berperan dalam mendidik anak, ibu rumah tangga juga berperan dalam kesehatan dan juga keuangan.

ads

Tidak bisa dipungkiri kalau keuangan rumah tangga bisa dikatakan menjadi jantung kehidupan dan kebahagiaan dari rumah tangga. Meski memang  uang tidak sepenuhnya menjadi tolak ukur tingkat kebahagiaan suatu keluarga. Namun, jika keuangan buruk, maka kondisi keluarga juga akan buruk.

Bisa Anda bayangkan, bagaimana jika suatu hari anak Anda sakit dan harus segera dibawa ke rumah sakit sedangkan Anda dan suami Anda tidak memiliki biaya untuk membawanya berobat dengan cepat. Kalaupun ada, maka uang itu tidak sedang di tangan.

Nah, itulah kenapa Anda harus tahu cara mengatur keuangan keluarga agar kejadian di atas tidak terjadi pada keluarga Anda. Lantas, apa saja cara mengatur keuangan rumah tangga yang jitu untuk Anda praktekkan? Kita simak artikel berikut ini.

1. Mampu Membedakan antara Keinginan dan Kebutuhan

Anda harus tahu apakah suatu barang atau hal-hal yang membuat Anda harus mengeluarkan uang itu memang suatu kebutuhan atau hanya sebuah keinginan. Bagaiman cara membedakannya? Anda pikirkan seberapa penting hal itu dan apa yang tejadi jika Anda tidak membayarnya.

Misalkan tas sekolah baru untuk anak Anda. Anda harus bisa membedakan apakah itu hanya sebuah keinginan yang tidak terlalu mendadak untuk dibayar atau memang benar-benar membutuhkannya. Coba Anda pikirkan apa yang terjadi jika anak Anda tidak membeli tas sekolah baru. Dan, disanalah Anda dapat membedakannya.

Jika dengan tidak membeli tas sekolah baru maupun membeli tas sekolah baru keadaannya sama saja, itu berarti sebuah keinginan. Karena mungkin tas sekolah anak Anda yang lama masih bisa digunakan dan tidak ada masalah dengan tas itu.

Namun, jika dengan tidak membeli tas sekolah baru anak Anda akan terhambat belajarnya, atau dengan kata lain tas itu memang sudah jelek dan lama. Maka itu sudah bisa digolongkan dengan kebutuhan. Begitu juga saat Anda berbelanja pakaian. Anda harus bisa membedakan kapan itu hanya sebuah keinginan dan kapan memang Anda membutuhkannya.

2. Membuat Prioritas

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang satu ini sangat penting untuk Anda terapkan agar Anda bisa membedakan mana yang penting untuk dibeli mana yang tidak. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari perilaku konsumtif maupun hedonisme.

3. Membuat Daftar Kebutuhan Bulanan

Persiapan menjadi ibu rumah tangga adalah harus tahu cara membuat daftar kebutuhan bulanan. Entah itu membeli perlengkapan dapur, perlengkapan mandi, ataupun kebutuhan sekolah anak Anda. Kalau Anda tidak mampu, maka akan sulit sekali untuk berhemat dan menjaga keuangan rumah tangga Anda tetap aman.

Buatlah perlengkapan dapur apa yang harus dibeli bulan ini. Jangan berlebihan dan boros. Tentukanlah kadar yang secukupnya dan jangan juga kekurangan. Begitu juga dengan perlengkapan mandi. Jangan terlalu boros dalam membelanjakannya karena kebutuhan yang lain masih banyak untuk dibeli. Jadi Anda harus bisa membuat daftar kebututuhan bulanan ini.

Sponsors Link

4. Selalu Menyisihkan Uang untuk Menabung

Sangat penting untuk mengetahui tips menabung untuk ibu rumah tangga agar Anda selalu bisa memiliki sesuatu yang berguna atau aset per bulannya. Berapapun itu, usahakanlah untuk menabung per bulannya. Hal ini untuk menjaga kondisi keuangan yang defisitt. Anda harus memiliki tabungan untuk mengatasi hal-hal yang butuh cepat untuk dibayar.

Menabung sangatlah penting untuk mewujudkan banyak keinginan. Tanpa memiliki kebiasaan menabung, maka akan sulit untuk mewujudkan keinginan. Anda juga bisa melatih kesabaran dalam mendambakan sesuatu karena tidak semua yang Anda inginkan langsung bisa tercapai seketika.

5. Pastikan Anda Memiliki Tabungan untuk Kesehatan

Kesehatan sangatlah penting. Anda harus memiliki bekal uang untuk berjaga-jaga apabila keluarga Anda sakit mendadak dan membutuhkan pembiayaan segera. Kesehatan merupakan hal yang cukup fatal jika kita tidak memiliki cadangan uang yang baik. Itulah kenapa sangat disarankan bagi Anda untuk selalu memiliki tabungan untuk kesehatan.

Jika Anda merasa sudah perlu memiliki asuransi kesehatan, mulailah mendaftarkan Anda beserta keluarga Anda. Pertimbangkanlah dnegan baik asuransi mana dan bagaimana yang akan kalian pilih untuk menjamin kesehatan rumah tangga Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu was-was lagi untuk memikirkan tabungan kesehatan.

6. Selalu Memastikan Keuangan Tidak Defisit per Bulannya

Ibarat pepatah, jangan besar pasak daripada tiang. Anda sebaiknya bisa berjaga-jaga jika keuangan rumah tangga Anda sedang defisit dan cepatlah untuk menyeimbangkannya lagi. Jika tidak, maka Anda bisa terlilit utang dan kehidupan rumah tangga Anda akan bertambah runyam.

7. Pikir Ribuan Kali untuk Berhutang

Tips ibu rumah tangga mengatur keuangan adalah dengan tidak berhutang. Apapapun keadaannya. Apalagi hanya sebatas pemenuhan keinginan yang tidak terlalu mendesak. Lain halnya jika itu menyangkut hidup dan mati keluarga Anda. Misalkan butuh dana cepat untuk operasi.

Itulah kenapa sangat disarankan bagi Anda untuk memiliki tabungan kesehatan yang bisa Anda gunakan sewaktu-waktu di saat diperlukan. Hal ini juga untuk menghindarkan Anda dari lilitan hutang yang mungkin akan makin menjerat keuangan keluarga Anda. 

ads

8. Merencakan Membeli Rumah Sendiri

Jika saat ini Anda masih mengontrak, cobalah untuk mulai menabung untuk membeli rumah. Pelajarilah kiat menabung untuk membeli rumah impian, entah itu dengan menyicil KPR atau mungkin menabung biasa di bank. Karena jika bertahun-tahun terus mengontrak, maka akumulasi uangnya akan jadi sama saja saat Anda memiliki rumah sendiri.

Tidak perlu menunggu bisa memiliki rumah yang mewah. Mulailah membangun rumah sederhana dulu. Asalkan milik sendiri. Daripada Anda bermewah-mewah namun rumah saja masih ngontrak dan bukan hak milik Anda. Inilah cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar-benar harus Anda pertimbangkan.

9. Membuka Usaha untuk Membantu Keuangan

Untuk membantu keuangan rumah tangga, tidak ada salahnya untuk membuka usaha kecil-kecilan agar bisa menambah pemasukan keuangan rumah tangga. Pelajarilah apa saja usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga sehingga Anda masih bisa mengurus anak Anda sambil mengurusi usaha yang Anda bangun.

Bukankah lumayan jika setidaknya Anda bisa membeli kebutuhan dapur dan perlengkapan mandi. Sehingga penghasilan suami Anda bisa difokuskan untuk menabung dan membangun impian. Dan bisa juga sebaliknya. Uang Anda yang difokuskan untuk menabung dan uang suami untuk membeli keperluan sehari-hari.

10. Memilih Pekerjaan yang Cocok

Penting bagi Anda untuk mengetahui tipe pekerjaan yang cocok untuk wanita yang seimbang antara waktu dan tenaga Anda dengan gaji yang diberi. Jika Anda sibuk seharian bekerja namun gaji yang Anda dapatkan tidak terlalu sesuai, ada baiknya Anda berhenti bekerja dan memulai bisnis sendiri.

Hal ini memang butuh pertimbangan dan diskusi yang matang. Anda juga harus tahu jelas dan detail apa yang akan Anda lakukan jika memang berhenti bekerja. Apakah usaha yang Anda lakukan sudah terencana dengan baik atau belum. Jika belum, lebih baik jangan dulu.

12. Masak Sendiri

Sebagian keluarga sangat suka berperilaku konsumtif dan hobi makan dari masakan luar rumah. Nah, Anda sebaiknya jangan. Cobalah untuk terbiasa memasak sendiri dan memenuhi kebutuhan makan keluarga Anda sendiri tanpa harus memakan makanan dari luar rumah.

Selain aman untuk kesehatan dan gizi keluarga Anda, memasak sendiri juga berguna untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Misalkan jika anak Anda terbiasa jajan di sekolah. Mintalah padanya untuk membawa bekal saja. Selain hemat, itu juga akan lebih baik dibandingkan anak Anda jajan sembarangan di luar yang entah apakah berbahaya atau tidak.

13. Selalu Menekan Biaya Pengeluaran

Anda harus bisa mempraktekkan beberapa tips berhemat untuk ibu rumah tangga dengan menekan biaya pengeluaran. Hal ini agar Anda bisa mengalihkan selisih uang tersebut pada hal lain. Sehingga keinginan bisa tercukupi.

Misalkan dengan membeli odol. Anda perkirakan odol yang ukuran mana yang sesuai kebutuhan. Begitu juga dengan sampo. Jangan membelanjakan sesuatu yang sifatnya mubazir. Nah, cara mengatur keuangan rumah tangga yang satu ini memang sangat penting untuk Anda praktekkan.

Dengan tahu cara menghemat pengeluaran rumah tangga, Anda juga bisa mulai menabung untuk kesehatan, pendidikan anak, maupun untuk membeli rumah. Namun ingat, Anda jangan sampai terlalu menekan sehingga kebutuhan jadi tidak tercukupi. Anda tekan saja pengeluaran yang memang tidak terlalu penting dan butuh untuk dibeli. 

Sponsors Link

14. Mengajarkan Anak untuk Menabung

Berilah pendidikan finansial kepada anak Anda sedini mungkin karena kelak, karena pendidikan finansial biasanya tidak benar-bena diajarkan dengan jelas di sekolah. Ajaklah anak Anda untuk memiliki kebiasaan menabung. Selain melatih dia untuk mandiri, ini juga dapat membantu kondisi keuangan rumah tangga Anda.

Mintalah padanya untuk menabung dulu jika memiliki keinginan. Ini akan melatih kesabaran mereka untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan. Coba bayangkan jika anak Anda hanya tumbuh sebagai seorang anak yang kemauannya selalu dituruti. Dia akan tidak terlalu banyak tahu tentang sebuah kemandirian, kesabaran, dan kegigihan.

15. Membeli Aset

Cobalah untuk menabung untuk membeli suatu aset yang berguna untuk menunjang penghasilan rumah tangga Anda. Cobalah dulu untuk fokus menabung aset daripada mobil atau kekayaan lainnya. Cobalah untuk menabung membeli tanah, ruko, ataupun kos-kosan. Hal ini agar Anda tidak perlu bersusuah payah terus menaikkan penghasilan.

Jika sudah memiliki aset yang kuat, makan Anda bisa lebih lega dalam mempraktekkan cara mengatur keuangan rumah tangga yang lainnya karena pemasukan Anda sudah cukup terjamin dan aman. Itulah kenapa sangat penting bagi Anda untuk mulai memikirkan membeli aset.

Baiklah, itulah 15 cara mengatur keuangan rumah tangga yang sangat penting untuk Anda praktekkan. Cobalah untuk mempraktekkan semuanya agar keuangan rumah tangga Anda selalu terjaga dan terlindungi. Dengan begitu, Anda dan keluarga juga bisa terhindar dari lilitan hutang yang lambat laun akan menyengsarakan kalian.

Anda juga bisa memenuhi keinginan-keinginan lain yang terkesan sulit untuk Anda wujudkan. Mungkin Anda bisa umroh, bisa membeli rumah, atau jalan-jalan bersama keluarga. Baiklah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick