Moms, Jangan Lupa Terapkan 5 Cara Sederhana Menstimulasi Anak Agar Cepat Berjalan Berikut Ini

59

Menjadi seorang ibu merupakan suatu kebahagiaan yang akan dirasakan oleh setiap kaum wanita, sebagai seorang ibu, diharapkan anda harus bisa menerapkan tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak, adapun tips tersebut bisa terlaksana bila anda mengetahui bagaimana cara menjadi ibu teladan dan mengetahui cara menjadi wanita yang sabar terutama terhadap buah hati.

Ada banyak fungsi ibu dalam keluarga yang harus dilakukan dan tidak sembarang orng bisa menjalankan nya, salah satunya adalah dengan penerapan tips menjadi ibu yang sukses mendidik anak. 

Seorang ibu berkewajiban untuk mendidik anak nya, terutama mngajarkan anak ketika dia akan mulai belajar berjalan. Seorang ibu berkewajiban untuk menstimulasi motorik anak sehingga dia berkeinginan untuk berjalan.

Dibawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menstimulasi anak agar dia mau belajar berjalan, yuk disimak:

1. Titah Anak

Hal pertama yang bisa ibu atau orang tua lakukan adalah dengan membantu anak untuk berdiri dengan kedua telapak kakinya menjejak tanah, pegang kedua tangannya dan bantu anak untuk bisa melangkah atau bergerak maju dan mundur.

Dampingi ia saat latihan jalan, jika anak  terjatuh dalam posisi terduduk, maka beri dukungan pada anak untuk bisa bangun sendiri. Hal ini akan membuat anak untuk tetap bersemangat dan mengulang kegiatan nya belajar berjalan.

2. Sediakan Tempat Berjalan yang Aman

Buat tempat yang nyaman dan aman untuk latihan si kecil supaya tidak terluka saat berjalan dengan kaki telanjang nya, dengan membiarkannya bertelanjang kaki, anak akan bisa lebih mudah menyeimbangkan tubuhnya dan menggunakan otot serta sendi-sendinya untuk berjalan dengan lebih mudah.

Meskipun membiarkan anak bertelanjang kaki untuk menyeimbangkan tubuhnya, hal ini haruslah selalu diawasi oleh orang tua karena dikhawatirkan anak akan jatuh dalam posisi yang membahayakan.

3. Ajarkan Anak Untuk Berjongkok

Berjongkok bisa sangat membantu anak untuk menguatkan jalan dan tubuhnya, kita bisa stimulasi anak untuk berjongkok. Salah satu caranya dengan menaruh mainan di lantai yang lebih rendah.

Sehingga dia harus berjongkok untuk mengambilnya, gerakan berdiri dan berjongkok ini bisa menguatkan otot-otot pinggul dan pahanya. Namun hal terpenting lainnya adalah dengan selalu mengawasi setiap pergerakan anak.

4. Gunakan Musik dan Beri Respon

Bayi sangat suka menyesuaikan gerakan tubuhnya dengan musik yang didengarnya, disini kita bisa memainkan dan menggunakan musik untuk membuat anak menggerakkan tubuhnya. Si kecil pasti merasa lebih semangat untuk berjalan dengan iringan musik, saat anak mulai berdiri dan melangkah, kita bisa bertepuk tangan dan menyemangatinya.

Dengan reaksi dan respon ini, anak bisa memiliki energi untuk terus melangkah dan berjalan, saat anak mendapat dukungan dan motivasi dari orang di sekitarnya, anak akan lebih terpacu untuk bisa cepat jalan.

Saat anak terjatuh sekalipun tetaplah berikan semangat kenapa anak untuk pantang menyerah dan kembali mencobanya.

5. Ajak Anak untuk Selalu Berlatih

Membiasakan semuanya dengan rutin berlatih lama-kelamaan akan mebuahkan hasil, cara melatihnya cukuplah mudah kita bisa menaruh mainan di meja atau tempat yang lebih tinggi, yang memungkinkan anak harus berdiri untuk bisa memegang atau mengambilnya.

Sebagai orang tua yang baik, kita juga perlu bersabar dalam membantu anak agar bisa cepat jalan. Tak perlu memaksanya atau terlalu terburu-buru, cukup distimulasi dan terus didampingi agar anak mampu berjalan dengan kemampuannya sendiri.

Itulah tadi tips bagaimana cara menstimulasi anak agar bisa cepat berjalan. Selamat mencoba ya moms, dan terima kasih.