Wajib Tahu Ladies Inilah 7 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan !

55

Biji chia, yang merupakan tanaman asli Amerika Tengah, telah lama disebut-sebut sebagai makanan super karena kandungan gizi dan manfaatnya.

Biji chia biasanya dibuat menjadi puding, dicampur menjadi smoothie atau oatmeal, dan bahkan dipanggang menjadi roti! Tidak hanya serbaguna, tetapi juga penuh dengan manfaat kesehatan layaknya manfaat infuse water lemon untuk kesehatan ataupun manfaat herbal dan rempah rempah.

Selain mempunyai rasa yang lezat dan enak, berikut ini ladies adalah manfaat kesehatan dari biji chia, seperti di bawah ini :

1. Biji Chia tinggi antioksidan

Antioksidan pada dasarnya membuat hal yang mustahil menjadi mungkin mereka memperlambat tanda-tanda penuaan, menghasilkan kulit yang tampak lebih muda, rambut lebih sehat, dan bahkan dapat mengurangi risiko kanker seperti pada bahan alami untuk mengobati kanker serviks. 

2. Tinggi kandungan serat dan bernutrisi

Hampir semua karbohidrat dalam biji chia sebenarnya adalah serat. Ini berarti banyak hal baik, salah satunya anda akan tetap kenyang lebih lama dan Ini akan membantu menjaga kesehatan usus.

3. Sumber asam lemak omega-3

Omega-3 adalah salah satu nutrisi penting. Omega-3 memiliki berbagai macam manfaat, dari memerangi depresi, memperbaiki tidur, hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Sayangnya, tidak banyak makanan yang memasok omega-3.

Itupun hanya ada ikan, kenari, dan biji rami. Lebih dari setengah lemak biji chia adalah omega-3, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk semua kesehatan terkait omega.

4. Tinggi protein!

Bagi orang yang tidak makan daging, menemukan makanan dengan protein bisa menjadi hambatan. Jangan khawatir, benih chia memberikan asupan protein yang tinggi ! Ada 4 gram protein per 2 sendok makan. Pasangkan dengan selai kacang di atas gandum dan anda punya cukup energi untuk bertahan selama sepanjang hari.

5. Tinggi kalsium

Percaya atau tidak, biji chia memiliki lebih banyak ons ​​kalsium untuk ons ​​daripada kebanyakan produk susu seperti manfaat susu jahe. Jika anda tidak mengkonsumsi susu, ini bisa menjadi pilihan anda.

Jika anda mengonsumsi susu, pasangkan dengan yogurt untuk mendapatkan dosis sehat yang baik dan bergizi.

6. Biji chia dapat menurunkan risiko penyakit jantung anda

Karena biji chia mengandung serat, protein dan omega-3 yang tinggi, biji chia dapat mengurangi risiko penyakit jantung layaknya manfaat kayu manis.

Manfaatnya telah diperiksa dalam beberapa studi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji chia secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi, yang merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung.

Secara keseluruhan, ada kemungkinan bahwa biji chia dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, tetapi mereka mungkin tidak akan memiliki pengaruh besar kecuali jika disertai dengan perubahan gaya hidup dan pola sehat lainnya.

7. Biji Chia Dapat Mengurangi Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi adalah gejala khas diabetes tipe 2 yang tidak diobati. Kadar gula darah tinggi secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Tetapi lonjakan sementara dalam kadar gula darah setelah makan juga dapat memiliki efek kesehatan yang buruk ketika mereka secara berlebihan tinggi secara teratur.

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa biji chia dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, menstabilkan kadar gula darah setelah makan.