8 Pil KB yang Tidak Menimbulkan Flek Hitam di Wajah dan Aman

641

Bagi wanita yang sedang menjalani program KB, banyak pertanyaan mengenai efek samping yang ditimbulkan.

Artikel lain membahas efek samping berupa badan yang gemuk dan juga flek hitam atau jerawat pada wajah.

Banyak pil KB yang diindikasikan mempengaruhi berat badan loh dan juga hormon pada kulit terutama wajah. Bahkan beberapa juga mengkonsumi obat yang mencegah terjadinya penyakit lain seperti obat penyakit kista pada wanita, obat jerawat dan sebagainya.

Tetapi tenang saja, ada 8 pil KB yang tidak menimbulkan flek hitam di wajah dan aman loh ladies. Simak ya!

1. IUD non hormonal

Jika kamu sudah mencari skincare untuk menghilangkan whitehead atau jerawat, lebih baik simpan dulu uangmu dan gunakan IUD non hormonal.

Jenis KB ini seperti alat yang berbetuk huruf T dan di pasang di dalam rahim. Bukan berupa pil ladies, tetapi aman karena tidak menimbulkan efek secara perubahan hormon.

2. Spermisida

Kedua, spermisida adalah gel, krim, atau bisa yang digunakan bersama alat kontrasepsi dan membunuh sperma yang masuk ke dalam rahim. Alat ini cukup ampuh namun memang belum populer di kalangan masyarakat. Jadi kamu gak perlu deh cari cara menghilangkan komedo hitam, jerawat batu atau bahkan flek hitam pada kulit wajah.

3. Diafragma

Ketiga kamu dapat menggunakan diafragma sebagai alat KB yang berbentuk kubah dan diposisikan di dalam mulut rahim. Alat ini aman digunakan dan berfungsi untuk mematikan sel sperma yang akan masuk loh. Jika kamu sudah menggunakan ini, masih boleh kok melakukan perawatan tubuh ala korea agar tetap terlihat cantik.

4. Cervical Cap

Keempat, jika kamu sudah lelah mengikuti saran beauty blogger indonesia untuk menghilangkan flek hitam, lebih baik gunakan cervical cap. Ini merupakan alat KB yang mirip dengan diafragma. Pemasangan ini dilakukan dengan saran dokter dan juga harus dilakukan oleh dokter sendiri di rumah sakit.

5. Kondom

Kelima, jika kamu ragu menggunakan pil kb, lebih baik gunakan alat kontrasepsi kondom yang dikenal di masyarakat. Kondom terbuat dari karet atau lateks. Kondom tidak hanya untuk pria saja tetapi juga ada yang diperuntukkan bagi wanita dimana pemasangannya dilakukan 8 jam sebelum melakukan hubungan.

6. Levonorgestrel

Flek hitam membandel, jerawat tumbuh dimana-mana, wah cocok banget liat review masker korea yang bagus nih. Tapi mau sampai kapan? Lebih baik gunakan pil Levonorgestrel yang rentan menyebabkan jerawat.

Pil ini digunakan saat darurat bukan untuk dikonsumsi secara rutin. Namun tentu ada efek samping lain yang ditimbulkan seperti haid tidak teratur, mual, lemas dan sakit kepala.

7. Drospirenone

Ketujuh, jika kamu sering menggunakan sunblock, pasti ada efek samping sunblock. Sama seperti menggunakan pil KB satu ini. Drospirenone merupakan pil KB yang mempunyai kandungan untuk mengobati jerawat. Namun sayangnya tidak dapat digunakan pada wanita yang mempunyai ganguan ginjal, hati dan adrenal.

8. Cyproterone acetate

Terakhir, kamu dapat gunakan CPA yang mampu mengatasi gejala hiperandrogen bagi wanita usia produktif. CPA merupakan hormon sintetis yang mampu menekan produksi minyak dan tidak menimbulkan jerawat.

Itulah 8 pil KB yang tidak menimbulkan flek hitam di wajah dan aman ladies. Banyak pil KB atau bahkan alat KB yang aman digunakan dan tidak berefek samping pada hormonmu. Namun tetap harus dalam pengawasan dokter ya.