Sponsors Link

7 Cara Menjadi Ibu Tiri yang Baik Bagi Anak Tirinya

Sponsors Link

cara menjadi ibu tiri yang baikPernahkah anda mendengar kisah ibu tiri sebagaimana dalam lagu atau film Cinderella ?. Tentunya kisah ibu tiri yang bersikap jahat kepada anak tirinya sudah sangat familiar.

ads

Inilah yang kemudian memberikan kesan negatif kepada para ibu tiri. Pada faktanya diluar sana tidak semua peran ibu tiri sejahat apa yang di gambarkan dalam kisah Cinderella.

Peran ibu tiri yang dilakoni oleh artis cantik Ashanty memberikan sebuah angin segar dan sedikit merubah persepsi negatif kepada ibu tiri.

Tentunya bagi anda yang sedang dalam posisi yang sama, dalam artikel ini kami akan memberikan tips mengenai 7 Cara Menjadi Ibu Tiri Yang Baik dan Paling efektif sebagaimana cara menjadi ibunyang dicintai anaknya  . Simak selengkapnya.

1. Cintai Anak dengan Tulus

Ketulusan merupakan modal utama untuk menjadi ibu tiri yang baik. Sebab anak akan selalu mampu merasakan seseorang yang tulus ataupun pura-pura seperti juga pada cara menjadi ibu yang baik bagi anak perempuan . Seorang ibu tiri yang mencintai anak tirinya dengan tulus pasti akan mendapatkan nilai positif dimata anak tirinya tersebut.

2. Jangan Berharap Anak akan Memanggil Anda “Mama” atau “Ibu”

Jangan memiliki ekspektasi lebih ketika anda memilih menjadi seorang ibu tiri seperti cara menjadi wanita sabar dan penyayang , ekspektasi tersebut adalah anda berharap dipanggil ibu atau mama. Sebab bagi mereka anda hanyalah sosok pengganti ibu bagi mereka. Figur ibu yang mereka sesungguhnya adalah ibu kandung yang pastinya melahirkan mereka.

3. Selalu Ada untuk Anak

Sebagai ibu tiri, maka cobalah untuk selalu hadir bagi anak. Anda harus mengupayakan selalu berada di dekat mereka terutama disaat mereka membutuhkan. Sebab, dengan begini maka tentu anak akan merasa bahwa perhatian anda hanya terfokus bagi mereka seperti juga pada cara sabar menhadapi anak rewel . Hal ini lah yang bisa mengikis stigma negatif ibu tiri yang melekat.

4. Bangun Hubungan yang Positif

Cara menjadi ibu tiri yang baik selanjutnya adalah mencoba membangun hubungan yang positif. Artinya anda harus menghindari konflik yang bisa timbul antara anda dan anak. Jangan terlalu keras mendidik mereka, sebab anda harus sadat bagaimana posisi anda. Terlebih lagi jika anda terlalu mengatur terutama kehidupan pribadi mereka maka mereka hanya akan mulai membenci anda.

5. Buat Aturan

Sebagi ibu tiri anda juga berhak memberikan aturan bagi anak sebagaimana cara melatih kesabaran menghadapi anak  . Sebab dengan demikian maka anda memiliki peran sebagai orang tua. Jangan merasa membebaskan anak akan membuat anda dekat dan menjadi baik dimata mereka. Sebab cara tersebut bukan solusi untuk seorang ibu tiri. 

Sponsors Link

6. Komunikasikan dengan Terbuka Kepada Suami

Jangan lupa untuk mengkomunikasikan segala sesuatu dengan terbuka kepada suami. Ini merupakan pilihan tepat disaat saat genting. Sebab sebelum anda jauh masuk kekehidupan mereka, sosok yang paling mengenal anak-anak tidak lain adalah ayah. Mintalah dukungan pada suami dan lakukan dengan ketulusan dan keikhlasan sebagai tanggung jawab ibu terhadap anak .

7. Jangan Perlakukan Anak Kandung Anda Secara Berbeda

Jika suatu saat anak diberikan kesempatan memiliki anak landung dari amda sendiri dan suami. Maka berlakulah bijak sebagai ciri-ciri ibu yang baik , jangan menanamkan nilai bahwa anak kandung dan anak tiri adalah berbeda. Pada dasarnya mereka adalah sama yakni sama-sama anak anda. Perlakuan yang berbeda pada kaduanya malah akan dapat menimbulkan citra anda adalah benar-benar ibu tiri yang jahat.

Itulah tadi 7 Cara Menjadi Ibu Tiri Yang Baik dan paling efektif. Isi peran anda dengan ketulusan dan bukan kepura-puraan. Sebab anak selalu tau mana yang pura-pura dan mana yang benar-benar tulus. Hal ini akan memuluskan jalan anda untuk bisa diterima ditengah keluarga baru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Parenting