5 Gejala Infeksi Saluran Kemih yang Wajib Diwaspadai Para Wanita

49

Salah satu penyakit yang patut diwaspadai kaum hawa adalah Infeksi Saluran Kencing. Penyakit yang juga dikenal sebagai Infeksi Saluran Kemih atau ISK tersebut merupakan satu dari sekian penyakit yang dapat menjadi pembunuh kebanyakan wanita.

Selain ISK, penyakit lain yang paling sering menyerang wanita adalah kanker payudara, kanker serviks, keputihan, serta depresi.

Oleh sebab itu para kaum hawa wajib mengetahui penyebab kanker payudara, penyebab kanker serviks, serta penyebab keputihan gatal lebih dini. Dengan begitu hal yang menjadi pemicunya dapat dihindari. Terkait ISK sendiri, berikut adalah Gejala Infeksi Saluran Kemih yang harus diperhatikan.

    1. Nyeri ketika buang air kecil

Kamu sebaiknya mulai menjaga pola hidup ketika sering merasakan nyeri saat buang air kecil. Normalnya buang air kecil tidak terasa nyeri. Sehingga jika timbul rasa nyeri hingga seakan terbakat, itu berarti ada sesuatu yang salah.

Langkah pertama untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Tetapi jika rasa nyeri terus datang, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

    1. Keinginan buang air kecil meningkat

Frekuensi buang air kecil yang normal adalah sekitar enam sampai delapan kali dalam sehari. Jumlah urin yang dikeluarkan pun berkisar antara 400 hingga 2000 ml jika cairan yang dikonsumsi sekitar 2 liter dalam sehari. Meskipun begitu faktor lain yang turut mempengaruhi jumlah dan frekuensi urin antara lain mengonsumsi obat, jumlah air yang diminum, serta usia.

Adapun penyakit yang mempengaruhi keinginan buang air kecil perhari adalah diabetes, anemia, hingga pembesaran prostat. Hal berbeda terjadi jika kamu memiliki gejala infeksi saluran kemih.

Biasanya gejala yang ditimbulkan selain perasaan nyeri ketika buang air kecil adalah keinginan untuk buang air kecil terus meningkat, padahal jumlah urin yang dikeluarkan sangat sedikit.

    1. Perut bagian bawah terasa sakit

Kondisi lain yang patut diwaspadai sebagai gejala ISK adalah perut bagian bawah terasa sakit yang menyebar hingga punggung, bahkan selangkangan. Hal ini disebabkan karena beberapa organ seperti uretra, kandung kemih, sistem urine, hingga ginjal terletak di bagian bawah perut. Dimana semua organ tersebut akan mengalami kelainan ketika terserang ISK.

Meskipun begitu tidak selamanya perut bagian bawah sakit menunjukkan gejala ISK. Ada banyak kemungkinan lain seperti kram haid, penyakit usus, radang usus buntu, prostat, hingga radang panggul. Lebih jelasnya ketika muncul gejala seperti telah disebutkan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

    1. Kadang-kadang urine mengandung darah

Jika urine mengandung darah memang seharusnya segera ke dokter. Karena urine yang mengandung darah besar kemungkinan disebabkan oleh masalah pada ginjal, uretra, hingga saluran kemih.

Dan ini juga menjadi salah satu gejala berat dari ISK terutama jika selain berdarah, urine juga berbau busuk. Kamu juga perlu tahu perbedaan kista dan miom serta obat nyeri haid alami.

    1. Demam

Pada dasarnya demam merupakan suatu kondisi ketika tubuh sedang berperang melawan sesuatu yang asing. Tetapi jika tubuh terserang demam dan timbul perasaan menggigil disertai beberapa gejala ISK yang telah disebutkan, maka saran terbaik adalah lekas mendatangi pelayanan kesehatan. Karena jika timbul hal seperti itu, kemungkinan infeksi saluran kemih sudah menyebar hingga ginjal.

Infeksi Salurah Kemih (ISK) pada dasarnya dapat menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria. Hanya saja dibanding pria, wanita lebih rentan terserang penyakit tersebut. Oleh sebab itu para wanita wajib mengetahui lebih dini mengenai Gejala Infeksi Saluran Kemih.