Ladies Wajib Tahu 5 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Sejak Dini

22

Infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang disebabkan oleh perkembangan bakteri negatif di daerah saluran kencing. Daerah tersebut meliputi ginjal, kandung kemih, hingga uretra.

Bakteri pemicu ISK adalah E. coli yang seharusnya hidup di dalam usus besar justru menyerang saluran kencing. Bakteri lain yang juga dapat memicu penyakit ini adalah Klamidia yang berasal dari Penyakit Menular Seksual.

Meskipun perkembangan dunia medis terus menghasilkan inovasi termasuk pengobatan canggih terhadap penderita ISK, pada dasarnya mencegah masih lebih baik daripada mengobati.

Untuk itu sebelum terinfeksi penyakit lebih baik sejak dini terapkan hidup sehat sebaagai upaya pencegahan. Kamu juga sebaiknya membaca cara mencegah keputihan dan cara mengatasi kista.

    1. Perbanyak konsumsi air putih

Memperbanyak jumlah air putih yang diminum merupakan langkah awal untuk mencegah ISK. Pasalnya lebih dari setengah tubuh manusia merupakan air, sehingga lebih banyak air yang masuk ke dalam tubuh hasilnya juga semakin baik. Usahakan dalam satu hari konsumsi sekitar delapan sampai sepuluh gelas air putih.

Jika kamu pernah merasakan gejala ISK, sebaiknya kurangi minuman seperti kopi, minuman berkarbonasi, dan teh. Karena terlalu banyak mengonsumsi jenis seperti itu bisa semakin memperparah gejala. Ketahui juga 5 tips sehat buat kamu para ladies yang sering kerja outdoor.

    1. Hindari terlalu lama menahan kencing

Kebanyakan orang merasa tanggung jika sedang mengerjakan sesuatu dan tiba-tiba merasa ingin kencing. Akhirnya mereka memilih menahannya hingga lebih leluasa ke toilet. Kebiasaan seperti itulah yang meski tampak biasa, tetapi menjadi pemicu paling besar ISK.

Menahan kencing apalagi dalam waktu lama dapat meningkatkan perkembangan bakteri dalam kandung kemih. Bakteri itulah yang nantinya akan memicu infeksi. Selain itu kamu juga perlu ingat untuk segera buang air kecil setelah berhubungan intim.

    1. Gunakan dalaman yang nyaman

Pada dasarnya kamu yang paling tahu seperti apa dalaman ternyaman untuk dirimu. Meskipun begitu rata-rata orang tentu akan merasa kurang nyaman jika mengenakan dalaman sempit, ketat, dan berbahan kurang bagus. Usahakanlah untuk mengenakan celana dalam berbahan katun yang agak longgar agar kulitmu dapat lebih leluasa bernapas.

Selain itu hindari terlalu lama mengenakan celana jeans, karena bahannya yang tidak menyerap dapat memicu perkembangan bakteri. Apalagi ketika kamu berada di ruang panas atau setelah buang air kecil. Baca juga model blazer wanita gemuk dan efek tidak memakai bra setiap hari.

    1. Perhatikan cara membersihkan organ kewanitaan

Banyak orang yang tidak terlalu memperhatiakn hal ini, tetapi menjaga kebersihan organ kewanitaan merupakan hal urgen lho. Karena daerah tersebut sangat sensitif dan mudah sekali lebap. Cara pertama yang perlu kamu terapkan untuk menjaga kebersihan organ intim adalah ketika membersihkan setelah buang air kecil.

Perhatikanlah untuk membilas dari depan ke belakang agar bakteri yang berada di anus misalnya tidak berpindah ke organ kewanitaan. Selain itu hindari menggunakan sabun pembersih atau spray untuk membersihkan, karena bahan tersebut justru dapat menghambat bakteri baik. ketika mandi sebaiknya gunakan shower dibanding menggunakan bathub.

    1. Terapkan pola hidup sehat

Cara terakhir adalah menerapkan pola hidup sehat. Keempat cara yang telah disebutkan sebenarnya sudah termasuk pola hidup sehat, tetapi masih perlu ditambah makanan yang dikonsumsi serta olahraga secara teratur. Khusus untuk makanan, perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Usahakan kamu juga rutin melakukan olahraga.

Itulah lima cara mencegah infeksi saluran kencing yang dapat dilakukan. Lebih baik kamu memulainya saat ini sebelum terlambat. Semoga bermanfaat!