Inilah 7 Manfaat Mengkonsumsi Semangka untuk Ibu Hamil Selama Mengandung Bayi

28

manfaat-mengkonsumsi-semangka-untuk-ibu-hamil

Semangka adalah buah dengan kandungan 92% air dan 100% rasa manis yang menyegarkan. Rasa manis, tekstur buah yang juicy dan renyah yang khas dengan tekstur granular yang menarik menjadikan buah semangka sebagai salah satu pilihan utama untuk mengalahkan panasnya musim kemarau panjang (mau tahu apalagi yang segar namun sehat dikonsumsi sepanjang musim? Coba rasakan manfaat mengkonsumsi jus anggur bagi kesehatan!).

Buah yang identik dengan warna merahbya ini merupakan sumber nutrisi penting yang sangat baik, termasuk Vitamin A, C, B6, magnesium, dan kalium. Semangka juga mengandung serat dalam jumlah tinggi, properti yang menjadikannya bagian dari klan ‘pelepas lapar dan dahaga’. Buah berbiji ini renyah dan dapat dimakan sepenuhnya, lho.
Itulah sedikit informasi tentang semangka dan sifat-sifatnya dalam penjelasan singkat.

Sekarang, mari kita beralih ke bagian selanjutnya untuk mengetahui tentang pentingnya manfaat mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil selama kehamilan. Lanjutkan membaca sampai akhir, ya!

1. Meredakan bengkak

Edema, atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan, sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka dengan kandungan airnya yang tinggi dapat memberikan manfaat mengkonsumsi semangka bagi ibu hamil yang pertama yakni mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot sehingga bisa membantu meringankan edema.

2. Meringankan gejala morning sickness

Semangka, apabila dikonsumsi pada pagi hari, dapat memberikan manfaat mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil yang memberikan efek sangat menyegarkan, menyejukkan dan ringan bagi tubuh. Semangka juga mengandung nutrisi dan energi yang berkhasiat untuk mencegah terjadinya morning sickness. Tidak ada salahnya jika ibu hamil memulai hari baru dengan segelas jus semangka segar. Cobalah hari ini, Bunda!

3. Mencegah dehidrasi

Semua wanita hamil disarankan untuk minum banyak air selama mengandung untuk mencegah timbulnya dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi lebih awal dan berujung kelahiran prematur. Semangka mengandung lebih dari 90% air, dan salah satu manfaat mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil juga tergolong sebagai cara yang bagus untuk tetap terhidrasi selama masa kehamilan. Pssst, pastikan Bunda minum cukup air untuk menghindari tanda kurang minum air putih yang berpotensi dapat membahayakan kesehatan tubuh!

4. Meredakan kram otot

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami beragam perubahan. Berat dan hormon yang mendadak diproduksi dalam jumlah ekstra berpotensi menyebabkan otot dan tulang terasa sakit. Mengkonsumsi semangka dalam bentuk apa pun dapat membantu tubuh mengatasi perubahan ini dengan lebih baik sekaligus meredakan kram otot.

Di samping mengkonsumsi semangka (baik dalam bentuk utuh maupun diolah menjadi beragam minuman menyegarkan), ikuti juga beragam jenis olahraga untuk melatih otot agar tetap fit selama masa kehamilan. Namun, perhatikan kembali apa saja olahraga yang dilarang untuk ibu hamil agar Bunda tidak salah pilih!

5. Memperkuat sistem imun tubuh

Saat Anda hamil, tubuh Anda berjuang untuk dua jiwa — Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh di dalam rahim. Setiap aspek kesehatan Anda dapat secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda yang belum lahir.

Namun, jangan khawatir, Bunda! Manfaat mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil secara teratur dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh Anda. Buah ini mengandung likopen yang membantu mengurangi kemungkinan pre-eklampsia hingga 50 persen! Zat ini juga memainkan peran penting dalam membangun kekebalan tubuh Anda yang mungkin menurun selama kehamilan.

Selain semangka, ada banyak lagi buah dan sayuran Hijau yang menyehatkan untuk ibu hamil, lho. Coba cek pada artikel berikut untuk mencari tahu apa saja alternatif dari semangka yang dapat Bunda konsumsi selama masa kehamilan ini.

6. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah masalah umum yang sering terjadi selama kehamilan. Semangka adalah obat alami yang aman dan andal untuk memperlancar pergerakan usus yang terganggu. Buah ini sangat kaya akan serat yang mempermudah pembentukan feces, dan kandungan airnya yang tinggi akan membantu membersihkan lorong dan menciptakan tekanan untuk usus demi lancarnya proses BAB ibu hamil.

7. Mendukung perkembangan tulang bayi

Semangka juga sangat tinggi akan kalsium dan potasium, jenis mineral yang secara langsung terkait dengan perkembangan tulang calon buah hati Anda. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan semangka ke dalam dosis harian konsumsi ibu hamil ya, Bunda!

Secara keseluruhan, makan semangka selama kehamilan sangat aman, asalkan Anda mengkonsumsi secukupnya. Buah ini menawarkan banyak manfaat mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil khususnya dari segi kesehatan, mulai dari menyembuhkan mual hingga kram otot. Semoga artikel ini menjawab semua keraguan Anda tentang apakah mengkonsumsi semangka baik untuk ibu hamil selama kehamilan!