5 Manfaat Mengkonsumsi Jus Anggur Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

manfaat-mengkonsumsi-jus-anggur-bagi-kesehatan

Jus anggur lebih dari sekadar rasanya yang lezat dan menyegarkan serta warnanya yang menggelitik rasa penasaran. Rupanya, dibalik segarnya jus anggur dan uniknya warna minuman tersebut, terdapat manfaat mengkonsumsi jus anggur yang belum banyak kita ketahui, lho! Bahkan, manfaat mengkonsumsi jus anggur ini juga sudah terbukti melalui penelitian ilmiah. Kini, mengkonsumsi jus anggur telah menjelma menjadi minuman detox kekinian yang digandrungi banyak orang. Tidak sabar lagi ingin segera mengetahui apa saja manfaat mengkonsumsi jus anggur bagi kesehatan? Lanjutkan membaca sampai akhir, ya!

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah anggur kaya akan anti-oksidan. Beberapa zat kimia sepeerti tanin, saponin, dan procyanidin adalah contoh dari antioksidan yang diyakini mampu melindungi jantung dari serangan berbagai macam penyakit. Berdasarkan hasil studi, manfaat mengkonsumsi jus anggur sama baiknya seperti mengkonsumsi buah anggur itu sendiri.

Jus anggur juga bagus untuk meningkatkan level kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Khasiatnya yang satu ini secara khusus meringankan gejala inflamasi pada pembuluh darah. Khasiat yang sama juga ditemukan pada manfaat selada air dan manfaat chia seed untuk kesehatan.

Beberapa studi sepakat dengan hasil penelitian yang mengindikasikan bahwa jus anggur memiliki potensi untuk mengontrol tekanan darah sistolik, yang mana sangat bagus jika Anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Pada pasien dengan penyakit jantung koroner, mengkonsumsi jus anggur ungu dapat menstimulasi terbentuknya nitrik oksida yang bersifat sebagai agen anti-inflamasi. Dengan rutin mengkonsumsi jus anggur selama 2-4 minggu, kondisi kesehatan jantung para pasien ini akan berangsur-angsur membaik dan tingkat kolesterol jahat (LDL) pun akan menurun.

2. Memperlambat gejala pikun pada lansia

Jus anggur yang dibuat dari varietas anggur Concord mengandung antioksidan dan elemen anti inflamasi. Kedua zat ini berpengaruh terhadap peningkatan kinerja syaraf tubuh. Manfaat mengkonsumsi jus anggur yang sangat mengejutkan berikutnya yakni mengurangi resiko terserang demensia pada lansia.

Pada satu percobaan acak, 12 sampel yang terdiri atas lansia dengan gejala pikun diberikan waktu selama 12 minggu untuk rutin mengkonsumsi suplemen yang terbuat dari jus anggur Concord. Para ilmuwan mengobservasi adanya peningkatan di dalam kemampuan kognitif, pembelajaran verbal, dan ingatan spasial (keruangan).

Zat polyphenol aktif seperti resveratrol dapat mempengaruhi pusat ingatan di dalam otak, terutama pada bagian hipokampus. Tikus-tikus percobaan yang menerima suntikan resveratrol menunjukkan peningkatan drastis pada kemampuan belajar, suasana hati, dan memori spasialnya. Sebaliknya, tikus yang tidak menerima suntikan resveratrol mengalami penurunan kemampuan untuk membuat ingatan baru.

3. Menjaga tingkat gula dalam darah dan mencegah diabetes

Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap timbulnya diabetes melitus adalah stres oksidatif. Dengan rutin minum jus anggur Concord maka Anda dapat merasakan manfaat mengkonsumsi jus anggur yang berikutnya yakni mengurangi reaksi perlawanan insulin. Jus anggur Concord mengandung anthocyanin, proanthocyanidins, flavonol, asam fenolik, dan resveratrol, yang merupakan antioksidan kuat.

Zat-zat ini akan mengeliminasi radikal bebas yang teroksidasi dan beresiko menyebabkan peradangan sel pankreas yang mensekresi insulin. Polifenol anggur bekerja pada gangguan toleransi glukosa dalam jaringan sel-sel tubuh, yang biasanya dapat ditemukan pada penderita gejala awal diabetes.

Untuk mencegah diabetes, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Selain mengkonsumsi jus anggur secara rutin, Anda juga dapat mengolah buah ceri untuk merasakan manfaat buah ceri bagi kesehatan khususnya mencegah diabetes.

4. Mencegah terbentuknya sel kanker

Berdasarkan riset, wanita terbukti lebih mudah terserang kanker dibanding pria. Gejala kanker serviks dan penyebab kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian paling umum pada wanita.

Manfaat mengkonsumsi jus anggur ungu yang masih belum banyak diketahui publik salah satunya adalah dapat menghambat kerusakan DNA yang berpotensi menyebabkan kanker.
Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea menunjukkan efek positif konsumsi anggur setiap hari pada DNA manusia. Peserta yang sehat mengalami penurunan tingkat kerusakan DNA oksidatif dalam sel sistem kekebalan tubuh. Juga, jus anggur meningkatkan kapasitas antioksidan plasma di dalam tubuh mereka, menjadikan jus ini sebagai bahan alami untuk mengobati kanker payudara, kanker serviks, dan bermacam-macam kanker lainnya.

Elemen fitokimia di dalam anggur terbukti efektif membunuh sel kanker usus besar. Walaupun demikian, masih diperlukan sejumlah penelitian untuk mengetahui bagaimana jus anggur bekerja secara selektif pada sel-sel kanker. Namun, berdasarkan hasil studi terbaru, ditemukan adanya penurunan resiko tumor pada tikus yang diberi ekstrak anggur.

5. Menghambat persebaran virus penyebab flu

Penelitian laboratorium pada hewan mengindikasikan sifat antivirus yang ditemukan di dalam manfaat mengkonsumsi jus anggur. Resveratrol, sekali lagi, diduga memiliki khasiat lain bagi kesehatan tubuh. Resveratrol mencegah reproduksi dan penyebaran virus influenza meskipun tidak menyerang inti sel virus secara langsung. Cara keeja resveratrol tampaknya dengan memblokir fungsi sel inang yang diperlukan untuk replikasi virus.

Sederhananya, jus anggur bekerja secara efektif untuk memberikan manfaat mengkonsumsi jus anggur apabila dikonsumsi secara rutin, yakni melindungi tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit, dan Anda baru saja melihat bukti ilmiahnya. Apakah Anda tidak tertarik untuk mencobanya?