8 Manfaat Selada Air yang Sangat Luar Biasa, Wajib Coba Ladies !

45

Selada air, sayuran berdaun hijau yang kaya mineral , adalah tanaman yang ditanam selama berabad-abad. Selada air bergizi jatuh di bawah keluarga Brassicaceae. Manfaat kesehatannya diperoleh dari tingginya kandungan vitamin dan mineral. Dan, juga karena sifat antioksidan dari struktur fitokimia tanaman selada air.

Selain digunakan sebagai sumber serat alami dan digunakan untuk campuran masakan, selada air juga mempunyai manfaat kesehatan lho ladies sama seperti manfaat teh kunyit bagi kesehatan, nah berikut ini adalah manfaat selada air bagi kesehatan ladies :

1. Membantu Mencegah Kanker Payudara

The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa sayuran silangan dapat membantu melawan kanker layaknya bahan alami untuk mengobati kanker serviks ataupun bahan alami untuk mengobati kanker payudara.

Selada air telah menunjukkan fitonutrien antikanker yang efektif sehingga bahkan memakan satu salad pun menunjukkan peningkatan molekul dalam sistem peredaran darah tubuh yang mungkin dapat mencegah dan menghentikan kambuhnya kanker payudara .

2. Dapat Mencegah Kanker Kolorektal

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa ekstrak selada air dan brokoli telah menunjukkan efek antiproliferatif dalam hal kanker kolorektal.

3. Meningkatkan Fungsi Kelenjar Tiroid

Selada air telah menunjukkan efek yang menguntungkan pada kesehatan tiroid. Ini bekerja dengan mengurangi produksi hormon tiroid dan paling bermanfaat ketika dimakan mentah. Sangat baik untuk mengukus selada air, agar dapat menikmati semua nilai nutrisinya.

4.Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Selada air selain punya kandungan nutrisi yang baik, ia juga memiliki banyak metabolit sekunder yang dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis. Sayuran kucifer seperti selada air terbukti bermanfaat dalam menurunkan LDL atau kolesterol jahat , yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti arteriosklerosis dan penyakit jantung kronis lainnya layaknya manfaat rempah.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Studi menunjukkan bahwa dimasukkannya makanan kaya kalsium seperti selada air bekerja dalam mengurangi risiko osteoporosis. Kalsium bekerja dalam memperbaiki dan membangun tulang dengan menyebabkan peningkatan produksi osteoblas, sel-sel yang bertanggung jawab atas aktivitas bermanfaat ini.

6. Kaya akan Folat

Folat adalah nutrisi penting yang berperan dalam mencegah cacat lahir dan pemeliharaan kesehatan sehari-hari. Kadar folat dipengaruhi oleh konsumsi alkohol. Pola makan yang kaya folat yang mengandung makanan seperti selada air dan sayuran lainnya dapat bersifat preventif dan bahkan mengatasi kondisi kesehatan tertentu.

7. Mencegah Stroke

Sebuah studi menunjukkan hasil yang bermanfaat dari makanan yang diperkaya dengan folat dalam mencegah stroke. Jika tidak makan makanan yang diperkaya, sejumlah besar makanan yang mengandung folat seperti selada air perlu dikonsumsi untuk mencapai tingkat status gizi yang sama.

8. Kaya akan Vitamin C

Studi menunjukkan bahwa vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang menunjukkan bahwa ia diekskresikan melalui ekskresi urin setiap hari. Asupan harian makanan dan tambahan membantu mencegah penyakit dan mengobati banyak sistem fisiologis ketika vitamin C ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam darah.

Selada air mengandung jumlah vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk dan bermanfaat untuk menyediakan dan mempertahankan kadar darah layaknya manfaat infuse water lemon.