Moms, Inilah 7 Manfaat Teh Kunyit Bagi Kesehatan Beserta Cara Membuatnya !

15

Kunyit adalah bumbu masakan berwarna kuning-oranye terang yang biasa digunakan dalam kari ataupun beragam masakan. kunyit berasal dari akar kunyit. Rempah-rempah ini telah digunakan untuk khasiat obat, antioksidan, dan anti-inflamasi selama ribuan tahun yang lalu selain sebagai bahan herbal dan rempah dengan manfaat kesehatan yang hebat.

Teh kunyit adalah salah satu bentuk mengonsumsi kunyit yang populer. Ini memiliki rasa yang unik namun halus. Teh juga merupakan cara yang bagus untuk menuai manfaat kesehatan dari kunyit layaknya manfaat teh hijau untuk kesehatan ataupun manfaat teh putih, berikut ini adalah manfaat kesehatan dari teh kunyit ladies :

1. Meringankan Gejala Radang Sendi

Khasiat anti-inflamasi teh kunyit yang kuat dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita artritis. Ini mengurangi gejala yang menyakitkan. Dari beberapa penelitian menemukan bahwa senyawa aktif dalam kunyit, yang disebut curcumin, efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis.

2. Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer

Sementara penelitian masih mencari apa yang sebenarnya menyebabkan penyakit Alzheimer, sepertinya kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu mencegahnya.

Antioksidan kunyit mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan Alzheimer. Yang lebih penting lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi hilangnya penanda sinaptik dan akumulasi amiloid yang terkait dengan perkembangan Alzheimer.

3. Membantu Mencegah Kanker

Banyak sifat obat teh kunyit, termasuk antioksidan dan anti-inflamasi, dapat berkontribusi untuk pencegahan kanker. National Cancer Institute telah mengakui curcumin sebagai anticarcinogen yang efektif, atau zat yang membantu mencegah kanker layaknya bahan alami untuk mengobati kanker serviks ataupun bahan alami untuk mengobati kanker payudara.

4. Mempertahankan Remisi Kolitis Ulserativa

Ulcerative colitis (UC) adalah kondisi kronis yang menyebabkan bisul di ujung bawah saluran pencernaan. Kunyit bisa membantu menjaga remisi dari gejala. Menurut University of Maryland Medical Center , sebuah studi menemukan bahwa pasien UC dalam remisi memiliki tingkat kekambuhan yang secara signifikan lebih rendah jika mereka mengkonsumsi kunyit.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat obat dalam kunyit mungkin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang dengan gangguan kekebalan tubuh. Para peneliti juga berteori bahwa kunyit dapat memoderasi sistem kekebalan tubuh.

6. Menurunkan Kolesterol

Kunyit terbukti menurunkan kolesterol LDL dan dapat membantu mengurangi risiko mengalami beberapa kondisi serius, termasuk penyakit jantung dan stroke. Ada bukti bahwa kunyit efektif dalam melakukan hal itu.

Sebagai contoh, Studi tahun 2008 yang menemukan bahwa dosis rendah curcumin dikaitkan dengan penurunan LDL dan kadar kolesterol total.

7. Dapat Membantu Mengobati Uveitis

Uveitis adalah peradangan iris. Beberapa penelitian awal telah mengindikasikan bahwa curcumin yang ditemukan dalam kunyit sebenarnya sama efektifnya dengan kortikosteroid, tetapi tanpa efek samping.

Setelah mengetahui manfaatnya untuk kesehatan, berikut ini adalah cara membuat teh kunyit ladies, mari kita ikuti langkah langkah dibawah ini :

  • Rebus 3 hingga 4 gelas air di atas kompor.
  • Tambahkan 2 sendok teh kunyit bubuk atau potongan kunyit segar dan aduk.
  • Didihkan selama sekitar 5 hingga 10 menit.
  • Saring teh ke dalam wadah lain.
  • Tambahkan madu, perasan lemon atau jus jeruk, dan susu secukupnya.
  • Teh kunyit siap untuk dinikmati. selamat mencoba !