Inilah 7 Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan yang Wajib Kalian Ketahui !

8

Buah ceri adalah salah satu buah yang populer meskipun bukan buah asli indonesia namun buah ceri sangatlah digemari, buah ceri memiliki rasa yang enak dan lezat untuk itulah buah ceri biasanya digunakan dalam hiasan kue, campuran kue, selai dan lain lain.

Namun jangan salah ladies meskipun mempunyai ukuran yang mungil buah ceri juga punya manfaat kesehatan lho layaknya manfaat minum jus kubis bagi kesehatan ataupun manfaat kesehatan dari minum yogurt, nah berikut ini adalah manfaat kesehatan dari buah ceri, mari kita simak satu per satu ladies :

1. Kaya Akan Nutrisi Dan Beragam Vitamin Dan Mineral Penting

Vitamin C sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit sementara kalium diperlukan untuk kontraksi otot, fungsi saraf, regulasi tekanan darah, dan banyak proses tubuh penting lainnya.

Ceri juga merupakan sumber serat yang baik, yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda dengan memicu bakteri usus yang menguntungkan dan meningkatkan keteraturan usus.

Ceri adalah sumber vitamin C, potasium, serat, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi optimal.

2. Kaya Akan Antioksidan Dan Senyawa Antiinflamasi

Kandungan antioksidan yang tinggi ini dapat membantu memerangi stres oksidatif, suatu kondisi yang terkait dengan berbagai penyakit kronis dan penuaan dini.

Ceri terutama mengandung banyak polifenol, kelompok besar bahan kimia tanaman yang membantu melawan kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seperti pada manfaat infuse water lemon untuk kesehatan.

Faktanya, diet kaya polifenol dapat melindungi dari banyak kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes , penurunan mental, dan kanker tertentu seperti bahan alami untuk mengobati kanker serviks.

Buah ini juga mengandung pigmen karotenoid seperti beta-karoten dan vitamin C, yang keduanya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

3. Dapat Meningkatkan Pemulihan Olahraga

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa anti-inflamasi dan antioksidan dalam ceri dapat membantu meringankan nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga, kerusakan, dan peradangan.

Cherry ceri dan jus mereka tampaknya lebih efektif daripada varietas manis, meskipun keduanya dapat membantu atlet.

Jus ceri dan konsentrat telah ditemukan untuk mempercepat pemulihan otot, mengurangi nyeri otot akibat olahraga, dan mencegah kehilangan kekuatan pada atlet elit, seperti pesepeda dan pelari maraton.

Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa produk ceri dapat meningkatkan kinerja olahraga.

4. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Ceri sangat bermanfaat dalam hal ini, karena mereka kaya akan nutrisi dan senyawa yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, termasuk antioksidan kalium dan polifenol.

Inilah sebabnya mengapa asupan kalium yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Terlebih lagi, ceri kaya akan antioksidan polifenol yang kuat, termasuk antosianin, flavonol, dan katekin, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan melindungi terhadap kerusakan sel dan mengurangi peradangan.

Ceri dikemas dengan antioksidan kalium dan polifenol, yang memiliki sifat pelindung jantung yang kuat layaknya manfaat rempah.

5. Dapat Memperbaiki Gejala Radang Sendi Dan Asam Urat

Karena efek anti-inflamasi yang kuat, ceri dapat mengurangi gejala radang sendi dan asam urat, sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat yang dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit yang ekstrem di persendian Anda.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ceri membantu menghambat stres oksidatif dan mengurangi peradangan dengan menekan protein peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan artritis.

Plus, mereka dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda, membuatnya sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi yang kuat dari ceri dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita radang sendi dan asam urat.

6. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Makan ceri atau minum jus tart ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Manfaat mempromosikan tidur ini dapat dikaitkan dengan konsentrasi tinggi senyawa tanaman buah.

Selain itu, ceri mengandung melatonin, zat yang membantu mengatur siklus tidur, ceri mengandung senyawa anti-inflamasi dan melatonin, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada beberapa orang.