Ladies, Inilah 6 Manfaat Okra Bagi Wanita yang Menyehatkan !

15

Okra adalah tanaman berbunga yang dikenal dengan polong biji yang dapat dimakan. Okra dibudidayakan di daerah beriklim hangat dan tropis, seperti yang ada di Afrika dan Asia Selatan.

Kadang-kadang disebut sebagai “jari wanita,” okra datang dalam dua warna merah dan hijau. Kedua varietas ini rasanya sama, dan yang merah berubah menjadi hijau saat dimasak.

Secara biologis diklasifikasikan sebagai buah, okra umumnya digunakan seperti sayur dalam masakan. Sering digunakan dalam masakan Amerika Selatan.Tak hanya bercitarasa lezat dan bermanfaat untuk kesehatan seperti pada manfaat kayu manis, manfaat jahe dan lain lain, okra juga mempunyai manfaat kesehatan juga lho ladies seperti dibawah ini :

1. Okra Mengandung Banyak Nutrisi

Okra adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C adalah nutrisi yang larut dalam air yang berkontribusi terhadap fungsi kekebalan secara keseluruhan. Selain itu, okra rendah kalori dan karbohidrat dan mengandung protein dan serat.

2. Tinggi Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa dalam makanan yang menangkal kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Antioksidan utama dalam okra adalah polifenol , termasuk flavonoid dan isoquercetin, serta vitamin A dan C layaknya manfaat teh hijau untuk kecantikan.

Penelitian menunjukkan bahwa makan diet tinggi polifenol dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan risiko pembekuan darah dan kerusakan oksidatif.

Polifenol juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak karena kemampuannya yang unik untuk memasuki otak dan melindungi dari peradangan.

3. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih besar. Okra mengandung zat seperti gel tebal yang disebut lendir, yang dapat mengikat kolesterol selama pencernaan,menyebabkan diekskresikan dengan feses daripada diserap ke dalam tubuh.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa okra dapat mengikat kolesterol dalam usus dan menurunkan kadar kolesterol darah. Ini juga kaya akan polifenol, yang memerangi peradangan berbahaya dan melindungi jantung Anda.

4. Memiliki Sifat Antikanker

Okra mengandung sejenis protein yang disebut lektin , yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker manusia seperti  bahan alami untuk mengobati kanker payudara ataupun bahan alami untuk mengobati kanker serviks.

Okra mengandung protein yang disebut lektin, yang sedang dipelajari untuk perannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Diperlukan lebih banyak penelitian manusia.

5. Dapat Menurunkan Gula Darah

Menjaga kadar gula darah yang sehat sangat penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Gula darah yang tinggi secara konsisten dapat menyebabkan pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Para peneliti menyarankan bahwa okra mengurangi penyerapan gula dalam saluran pencernaan, yang mengarah ke respon gula darah yang lebih stabil.

Yang mengatakan, okra dapat mengganggu metformin, obat diabetes yang umum. Karena itu, makan okra tidak dianjurkan bagi mereka yang menggunakan obat ini.

Makan okra telah dikaitkan dengan kontrol gula darah. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat mengganggu obat diabetes yang umum.

6. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Folat (vitamin B9) adalah nutrisi penting bagi wanita hamil. Ini membantu menurunkan risiko cacat tabung saraf, yang mempengaruhi otak dan tulang belakang janin yang sedang berkembang.

Okra adalah sumber folat yang baik, dengan 1 gelas (100 gram) menyediakan 15% dari kebutuhan harian wanita untuk nutrisi ini.