Ladies Iniloh 6 Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut Setiap Hari!

33

Rumput laut adalah bentuk ganggang yang tumbuh di laut. Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina.

Rumput laut dapat digunakan di banyak hidangan, termasuk gulungan sushi, sup, salad, suplemen, dan smoothie. Terlebih lagi, rumput laut sangat bergizi, jadi tak ada salahnya ladies mengkonsumsi rumput laut selain mengkonsumsi makanan sehat lain yang bermanfaat seperti manfaat yogurt ataupun manfaat herbal dan rempah rempah.

Nah berikut adalah 6 manfaat mengkonsumsi rumput laut ladies :

1. Mengandung Yodium dan Tirosin, Yang Mendukung Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid Anda melepaskan hormon untuk membantu mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh. Tiroid Anda bergantung pada yodium untuk menghasilkan hormon. Tanpa yodium yang cukup, Anda mungkin mulai mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher seiring waktu.

Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah besar dari lautan. Konten yodiumnya sangat bervariasi tergantung pada jenisnya, di mana ia tumbuh dan bagaimana itu diproses.

Rumput laut juga mengandung asam amino yang disebut tirosin , yang digunakan bersama yodium untuk membuat dua hormon kunci yang membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan baik.

2. Sumber Vitamin dan Mineral yang Baik

Setiap jenis rumput laut memiliki nutrisi yang unik. Menaburkan beberapa rumput laut kering pada makanan tidak hanya menambah rasa, tekstur, dan rasa pada makanan Anda, tetapi juga cara mudah untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral.

Rumput laut mengandung beragam vitamin dan mineral, termasuk yodium, zat besi, dan kalsium layaknya manfaat kayu manis ataupun manfaat minum jus kubis bagi kesehatan. Beberapa jenis bahkan dapat mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Selain itu, ini merupakan sumber lemak omega-3 yang bagus.

3. Mengandung Berbagai Antioksidan

Antioksidan dapat membuat zat tidak stabil dalam tubuh Anda yang disebut radikal bebas kurang reaktif ini membuat mereka cenderung merusak sel-sel Anda.

Selain itu, produksi radikal bebas berlebih dianggap sebagai penyebab beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes. Selain mengandung vitamin antioksidan, C, dan E, rumput laut memiliki beragam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid. Ini telah terbukti melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan radikal bebas.

Rumput laut mengandung berbagai antioksidan layaknya manfaat teh hijau untuk kecantikan, seperti vitamin A, C dan E, karotenoid, dan flavonoid. Antioksidan ini melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel.

4. Menyediakan Serat dan Polisakarida Yang Dapat Mendukung Kesehatan Usus Anda

Bakteri usus memainkan peran besar dalam kesehatan. Diperkirakan bahwa Anda memiliki lebih banyak sel bakteri dalam tubuh. Ketidakseimbangan dalam bakteri usus “baik” dan “buruk” ini dapat menyebabkan penyakit. Rumput laut adalah sumber serat yang sangat baik, yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan usus.

Ini bisa membuat sekitar 25-75% dari berat kering rumput laut. Ini lebih tinggi dari kandungan serat dari sebagian besar buah dan sayuran (29 Sumber Tepercaya, 30 Sumber Tepercaya).

Serat dapat menahan pencernaan dan digunakan sebagai sumber makanan bagi bakteri di usus besar Anda.

Selain itu, gula tertentu yang ditemukan dalam rumput laut yang disebut polisakarida tersulfasi telah terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri baik usus.

5. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat dalam rumput laut juga bisa memperlambat pengosongan lambung. Ini membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar. Rumput laut juga dianggap memiliki efek anti-obesitas. Secara khusus, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa zat dalam rumput laut yang disebut fucoxanthin dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Rumput laut dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena mengandung sedikit kalori, mengisi serat dan fucoxanthin, yang berkontribusi pada peningkatan metabolisme.

6. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Faktor-faktor yang meningkatkan risiko Anda termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok dan secara fisik tidak aktif atau kelebihan berat badan. Menariknya, rumput laut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah.

Satu studi delapan minggu memberi makan tikus dengan kolesterol tinggi diet tinggi lemak ditambah 10% rumput laut kering-beku. Ditemukan bahwa tikus memiliki 40% total kolesterol lebih rendah, 36% lebih rendah kolesterol LDL dan 31% lebih rendah kadar trigliserida.

Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.