Ladies, Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Suplemen Kolagen Bagi Kulit

18

Kolagen adalah protein paling banyak di dalam tubuh terutama manusia. Ini adalah komponen utama dari jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, kulit dan otot. Kolagen memiliki banyak fungsi penting, termasuk memberikan struktur pada kulit dan memperkuat tulang.

Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen kolagen sangatlah populer seperti pelembab wajah korea terbaik, skincare korea dan lain. Sebagian besar dihidrolisis, yang berarti kolagen telah dipecah, sehingga memudahkan penyerapan ketika anda mengkonsumsinya.

Jika anda rutin mengkonsumsi suplemen kolagen berikut ini adalah manfaat konsumsi suplemen kolagen untuk kesehatan seperti pada manfaat ajaib teh serai untuk kesehatan, manfaat minyak peppermint untuk kesehatan wanita dan lain lain, mari kita simak satu per satu ladies :

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kolagen adalah komponen utama kulit Anda. Ini memainkan peran dalam memperkuat kulit, plus dapat menguntungkan elastisitas dan hidrasi. Seiring bertambahnya usia, tubuh Anda menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang menyebabkan kulit kering dan pembentukan kerutan.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa peptida atau suplemen kolagen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit Anda dengan mengurangi kerutan dan kekeringan.

Efek mengurangi kerutan dari suplemen kolagen telah dikaitkan dengan kemampuan mereka untuk merangsang tubuh Anda untuk memproduksi kolagen sendiri. Selain itu, mengonsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan produksi protein lain yang membantu struktur kulit Anda, termasuk elastin dan fibrillin.

2. Membantu Meringankan Nyeri Sendi

Kolagen membantu menjaga integritas tulang rawan, yaitu jaringan seperti karet yang melindungi persendian. Ketika jumlah kolagen dalam tubuh berkurang seiring bertambahnya usia, maka risiko anda mengalami gangguan sendi degeneratif seperti osteoartritis akan semakin meningkat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan gejala osteoartritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Para peneliti telah berteori bahwa kolagen tambahan dapat menumpuk di tulang rawan dan merangsang jaringan Anda untuk membuat kolagen. Mereka menyarankan ini dapat menyebabkan peradangan yang lebih rendah, dukungan yang lebih baik pada sendi Anda dan mengurangi rasa sakit.

Jika Anda ingin mencoba mengambil suplemen kolagen untuk efek penghilang rasa sakit yang potensial, studi menunjukkan Anda harus mulai dengan dosis 8-12 gram setiap hari.

3. Mencegah Keropos Tulang

Tulang anda sebagian besar terbuat dari kolagen, yang memberi mereka struktur dan membantu menjaga mereka kuat.

Karena kolagen dalam tubuh Anda semakin memburuk seiring bertambahnya usia, massa tulang juga bertambah. Ini dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah dan terkait dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen mungkin memiliki efek tertentu dalam tubuh yang membantu menghambat kerusakan tulang yang mengarah ke osteoporosis.

4. Bisa Meningkatkan Massa Otot

Antara 1–10% jaringan otot terdiri dari kolagen. Protein ini diperlukan untuk menjaga otot anda kuat dan berfungsi dengan baik. Studi menunjukkan bahwa suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan massa otot pada orang dengan sarkopenia , karena hilangnya massa otot ini terjadi seiring bertambahnya usia.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Para peneliti berteori bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu mengurangi risiko kondisi terkait jantung seperti pada manfaat kayu manis.

Kolagen memberikan struktur ke arteri anda, pembuluh darah yang membawa darah dari jantung Anda ke seluruh tubuh anda. tanpa kolagen yang cukup, arteri bisa menjadi lemah dan rapuh.