Moms, Ternyata Inilah 6 Tips Mempersiapkan Lebaran yang Wajib Dilakukan

20

Lebaran mejadi salah satu hal yang sangat dinanti-nantikan oleh semua kaum muslim, karena lebaran menjadi bentuk penghujung setelah mereka berpuasa selama sebulan penuh. Oleh sebab itu tak heran jika banyak orang yang sangat be rantusias untuk menyambut lebaran ini dengan melakukan beberapa persiapan tentu nya.

Mempersiapkan semua persiapan sudah sewajarnya menjadi tugas seorang istri atau seorang ibu, karena bagaimanapun juga fungsi ibu dalam keluarga sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Ada juga orang yang beranggapan bahwa salah satu ciri-ciri ibu yang baik dan salah satu cara menjadi ibu teladan adalah dengan mampu mempersiapkan segala kebutuhan dalam keluarganya baik itu makanan, pakaian dan masih banyak lagi.

Kali ini, untuk menyambut masa lebaran yang sebentar lagi akan datang, seorang ibu yang ingin menerapkan salah satu cara menjadi ibu dan istri yang baik haruslah paham dan mengerti hal apa saja yang perlu dilakukan dan dipersiapkan untuk menyambut hari raya nanti.

Karena sudah menjadi tanggung jawab ibu terhadap anak maupun keluarga untuk menjamin kelancaran acara lebaran nanti.

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai hal apa saja yang bisa di lakukan untuk mempersiapkan datang nya hari lebaran nanti, sehingga lebaran akan menjadi saat yang menyenangkan tanpa ribet. Yuk disimak :

    1. Hias dan bersihkan rumah

Hal pertama yang perlu ibu lakukan adalah dengan menjamin tempat yang akan dikunjungi tamu sudah bersih dan layak, sehingga bersih-bersih rumah menjadi hal uatam yang harus ibu lakukan.

Contohnya jika ada taplak meja dan tirai yang berdebu, maka harus segera cuci, jika sofa, meja dan jendela lama tidak dilap, maka harus segera bersihkan mulai sekarang.

Mengepel dan membersihkan sela-sela kursi, dan bahkan beberapa keluarga memutuskan mengecat ulang dinding rumah agar terlihat lebih fresh saat lebaran juga menjadi salah satu hal yang patut dipikirkan dan dijadikan inspirasi.

2. Berbelanja bahan menu masakan

Saat lebaran datang, kebanyakan tuan rumah akan menyediakan makanan untuk para tamunya, begitu juga dengan anda. Makanan apa yang akan anda sajikan nanti?Anda bisa memikirkan nya dari sekarang, setelah itu and juga bisa mulai membeli bahan-bahannya dari sekarang, misalnya daging dan bumbu-bumbu lainnya. Karena biasanya, menjelang lebaran harga-harga bahan dapur menjadi mahal dan susah didapat.

3. Siapkan kue atau jajanan lebaran

Seteah semuanya siap baik dekorasi rumah dan makanan sajian, selanjutnya hal yang perlu anda pikirkan adalah menyajikan kue dan jajan lebaran untuk para tamu. Menyajikan kue lebaran menjadi hal yang wajib dalam hari raya ini, anda bisa mulai memsan kue tersebut mulai dari sejak sekarang.

Atau anda juga bisa membuat kue lebaran dengan tangan anda sendiri sehingga anda akan dapat dengan bebas berkreasi sesuai dengan keinginan anda.

4. Berbelanja baju lebaran

Hal yang satu ini mungkin sudah ada di dalam daftar belanja anda jauh-jauh hari. Belanja jauh-jauh hari sebelum lebaran juga sangat bagus, hal ini berfungsi untuk menghindari harga yang mahal atau melonjak tinggi dan masih banyak pilihan dan variasi model pakaian.

5. Menyiapkan peralatan shlat idul fitri

Shalat idul fitri juga menjadi hal yang penting disini, sehingga anda jangan sampai lupa mempersiapkan semua peralatan nya seperti mencuci sajadah, mukenah, baju koko dan sarung. Pastikan saat sholat idul fitri nanti keluarga anda terlihat bersih dan wangi dengan peralatan sholat yang dikenakan.

6. Siapkan amplop THR atau salam tempel

THR menjadi salah satu aspek yang erat kaitan nya dengan lebaran, sehingga anda juga perlu menyiapkan hal ini ketika akan menyambut lebaran nanti. Karena mungkin saja akan ada beberapa sanak saudara yang datang dan membawa anak nya, sehingga memberikan THR menjadi hal yang dirasa perlu anda lakukan.

Itulah tadi cara mempersiapkan lebaran agar tidak ribet yang bisa anda ketahui dari sekarang, sehingga bisa anda terapkan di kemudian hari menjelang hari raya. Selamat membaca dan terima kasih.