4 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang untuk Tampil Berseri Luar dan Dalam

58

rahasia-kecantikan-wanita-jepang

Setiap waktu ada banyak produk kecantikan bermunculan dan mau tidak mau para wanita selalu dibanjiri dengan iklan-iklan tentang produk kecantikan ini yang seolah-olah mengisyaratkan bahwa hidup kita akan berkali-kali lipat lebih baik dengan kehadiran produk tersebut: memiliki kulit yang tampak 10 tahun lebih muda dan bersiaplah menanti kehadiran cowok tampan yang terpikat dengan kecantikanmu. Beberapa dari kosmetik atau skincare product itu memang menjanjikan keajaiban drastis bagi kita, namun pada kenyataannya kebiasaan dan rutinitas sehari-harilah yang memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan kondisi kulit – tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Ladies, kalau kamu ingin tampil cantik luar-dalam selayaknya wanita Jepang yang terkenal dengan kecantikannya yang alami, kamu bisa mencoba empat rahasia kecantikan wanita Jepang di bawah ini yang telah terbukti menghasilkan kecantikan yang tak lekang oleh waktu.

1. Eksfoliasi dengan kacang azuki

Diperkirakan sejak abad ke-8 para perempuan Jepang telah mengkonsumsi kacang merah khas Jepang ini sebagai bagian dari cara mengatur pola makan untuk diet serta rahasia kecantikan wanita Jepang. Kacang azuki umumnya diolah menjadi produk regime perawatan kulit yang bermanfaat untuk mengusir jerawat dan komedo membandel sekaligus membasmi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Jenis kacang-kacangan yang satu ini kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa bernama “saponin” yang bagus untuk membersihkan dan mengencangkan pori-pori. Efeknya yang instan membuat kacang azuki sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kulit yang paling populer di kalangan para wanita Jepang.

2. Jaga pola makan dan asupan nutrisi

Tidak jarang kita menyepelekan efek dari makanan yang kita konsumsi terhadap kondisi kulit kita. Nyatanya, kondisi kulit kita yang terlihat dari luar merupakan cerminan dari apa yang kita makan. Dalam sekali makan, biasanya wanita Jepang selalu menyiapkan sajian yang seimbang: nasi (karbohidrat) dilengkapi dengan sup yang terbuat dari tiga macam sayuran dan ikan (protein). Jenis diet ini sangat kaya akan vitamin dan asam lemak omega-3 yang membantu menyingkirkan racun dari tubuh yang menjadi penyebab utama kulit mudah sensitif dan penuaan dini.

Tak cuma itu, wanita Jepang juga rajin mengkonsumsi rumput laut dan kelp yang mengandung banyak iodin dan keratin, yang mana kedua zat ini sangat diperlukan untuk menyehatkan kulit, kuku, dan rambut. (Baca juga penjelasan lebih mengapa wanita Jepang selalu mengkonsumsi rumput laut, ternyata inilah manfaat mengkonsumsi rumput laut yang tak banyak orang tahu!)

3. Nutrisi kulit dengan bekatul

Selama berabad-abad, rahasia kecantikan wanita Jepang tidak bisa lepas dari manfaat luar biasa komenuka, atau yang umumnya kita ketahui sebagai “bekatul”. Kaya akan antioksidan dan beberapa nutrisi bernilai lainnya, bubuk bekatul selalu jadi bahan utama scrub, sabun muka, bahkan body treatment karena faedahnya untuk melawan tanda-tanda penuaan, menyamarkan bekas luka, serta menjadikan kulit tampak kencang, terasa lebih lembut dan cerah.

Untuk merasakan manfaat dari bekatul yang termasuk dalam salah satu rahasia cantik orang Jepang ini, para wanita Jepang biasanya membeli skincare product dengan label “rice bran” pada kemasannya yang bisa dijumpai dengan mudah pada hampir seluruh minimarket di Jepang. Namun, karena keterbatasan yang ada, bukan berarti kamu tidak bisa merasakan khasiatnya juga, Ladies. Kamu bisa membuatnya sendiri dari rumah, lho.

Pertama-tama, rebus air dan tiga sendok makan beras selama beberapa menit (hingga air berubah warna menjadi keruh). Saring beras dari air kemudian tambahkan satu sendok makan susu dan aduk rata. Selanjutnya, beri tambahan madu (baca uraian detil mengapa madu termasuk dalam salah satu bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat kemerahan) sampai campuran beras-madu-susu menjadi kental. Aplikasikan masker beras ke wajah dan tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi sebanyak 2-3 kali seminggu ya, Ladies.

4. Rutin mengkonsumsi teh hijau

Kaya akan antioksidan, zat antibakterial, dan elemen anti-inflammatory, siapa yang tak kenal dengan manfaat teh hijau untuk kecantikan kulit dan rambut? Di Jepang sendiri, teh hijau telah menjadi bagian terpenting dalam gaya hidup orang Jepang selama ribuan tahun. Para wanita Jepang juga menyertakan penggunaan teh hijau sebagai bagian dari rahasia kecantikan wanita Jepang – mulai dari mengekstrak teh hijau dan menggunakannya sebagai bahan campuran lotion dan toner, hingga menjadikannya sebagai masker rambut!

Matcha – bentuk bubuk dari daun teh hijau – ternama karena konsentrasi polyphenol yang tinggi, yang mana elemen ini telah tersohor dalam dunia kecantikan karena manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan yang tak ternilai. Adanya tannin di dalam teh hijau juga bagus untuk mengencangkan kulit, melindungi kulit dari sengatan sinar UV matahari, mempercepat proses pertumbuhan sel-sel baru, mengurangi kemerahan pada kulit akibat jerawat, dan meratakan warna kulit.

Di Jepang, terdapat satu istilah yang berbunyi mienai oshare, yang berarti “kecantikan yang tak terlihat”. Di samping mempercayai rahasia kecantikan wanita Jepang di atas, Ladies juga perlu meyakini bahwa kecantikan sejati berasal dari hati. Tak peduli seberapa eloknya penampilan fisik kita, kecantikan tersebut tidak akan ada artinya jika kita tidak memiliki kepercayaan diri dan tingkah laku terpuji. Nah, Ladies tidak boleh melupakan bentuk cantik yang satu ini juga, ya!