Bunda Wajib Tahu 10 Gerakan Dasar Braingym untuk Sang Buah Hati

18

Braingym merupakan salah satu olahraga dan juga gerakkan yang bisa membantu menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan. Braingym bisa membantu untuk meningkatkan konsentrasi anak.

Melakukan braingym itentunya akan sangat banyak manfaatnya bagi anak moms, apa saja gerakan dasarnya mari kita simak bersama-sama.

  1. Letakkan kedua telapak tangan didepan dada dengan sejajar tapi tidak menempel. Kemudian gerakkan ibu jari yang terdapat di dua tangan secara perlahan kemudian semakin cepat. Lakukan gerakkan seperti berputar dengan arah jarum jam.
  2. Posisikan kedua telapak tangan anak di dada. Tangan sebelah kanan tetap membuka jari-jarinya dan tangan kiri membentuk seperti arahan pistol. Lakukan secara bergantian kepada tangan yang berbeda. Lakukan gerakan ini dengan cepat secara bergantian. Moms bisa memaksimalkan fungsi ibu dalam keluarga dengan interaksi ketika melakukan kegiatan ini.
  3. Posisikan tangan kanan anak dikepala sambil memegang kepala serta lakukan gerakan menepuk halus kepala moms. Kemudian posisikan tangan kiri moms didepan perut. Lakukan gerakan berputar diperut. Lakukan secara bersamaan. Mulai dari perlahan kemudiam semakin cepat. Ini adalah salah satu kegiatan yang baik dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab ibu terhadap anak.
  4. Lakukan gerakan ini dalam posisi duduk. Kepalkan kedua tangan moms letakkan diatas paha. Tangan kanan melakukan gerakan memukul paha dan tamgan kiri melakukan gerakan maju mundur seperti orang menyetrika. Lakukan kedua gerakan tersebut secara bersamaan dengan kedua tangan yang berbeda. Karena dilakukan dalam posisi duduk, maka gerakan ini bisa menjadi salah satu cara menghadapi anak gampang marah.
  5. Moms bisa melakukan gerakan ini sambil berdiri. Rentangkan kedua tangan moms lurus dengan ukuran selebar bahu. Lakukan gerakan menunjuk dengan jari telunjuk. Gerakkan telunjuk kanan Moms membentuk pola lingkaran dan telunjuk kiri moms membentuk kotak.
  6. Gerakan yang satu ini disebut dengan gerakan silang. Moms bisa menidurkan anak moms dalam posisi terlentang. Kemudian gerakkan tangan kiri bersamaan dengan kaki kanan. Lakukan juga dengan arah sebaliknya secara bergantian. Jika Moms melakukannya dengan nyaman maka ini dapat menjadi salah satu  cara menjadi ibu teladan dalam figur berwibawa dan tenang.
  7. Moms bisa melakukan gerakan ini sambil bermain dengan anak Moms. Buatlah gerakan agar anak moms mengambil mainannya agar tangannya berusaha mengapai mainan dan buat gerakan berbalik arah untuk bergerak kembali ke Moms.
  8. Ajarkan anak moms untuk memposisikan tangan kirinya untuk meraih telinga melalui belakang kepala. Kemudian tangan kanan memegang pusar. Tahan selama beberapa dekit kemudian gerakkan lagi kemudian tahan lagi. Lakukan secara berulang. Cara menahan yng unik ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa Moms memiliki ciri-ciri ibu yang baik.
  9. Moms bisa mengajarkan gerakan ini atau jika anak masih terlalu kecil maka moms bisa membantunya. Moms hanya perlu membuka tangan anak moms dengan lebar dan bergerak buka tutup. Lakukan pada sisi kiri dan juga sisi kanan secara berulang.
  10. Moms bisa melalukan pemijatan pada titik yang terletak pada atas bibir bersamaan dengan titik yang berada di tulang ekor. Lakukan pemijatan secara bersamaan. Lakukan secara perlahan dan ulangi hingga beberapa kali.

Itulah gerakan dasar dari braingym. Moms bisa mencoba melakukannya dirumah bersama anak moms. Disarankan untuk melakukannya secara rutin. Jika konsentrasi anak moms baik maka anak bisa belajar dengan lebih baik pula.