Sponsors Link

12 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta Per Bulan

Sponsors Link

12 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta Per Bulan di Awal PernikahanHello ladies, mengatur keuangan dalam rumah tangga memang tidaklah mudah. Apalagi jika kita baru menikah dan harus mengatur uang dengan pendapatan yang belum besar. Sudah pasti tanggungan yang akan kita pegang lebih banyak dibandingkan saat single.

ads

Nah jangan berkecil hati untuk kalian yang baru menikah dan hanya mempunyai pendapatan 2 juta per bulan. Ada 12 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan di awal pernikahan nih.

Walaupun masih dengan pendapatan yang kecil, kamu masih bisa kok mengatur keuangan untuk berbagai kebutuhan ataupun menabung. Asalkan kita melakukannya dengan cermat dan juga dengan komitmen dalam berumah tangga. Yuk kita cek dulu ya apa saja cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan.

1. Memilah kebutuhan yang penting dan tidak

Pertama, kamu harus pintar memilah kebutuhan mana yang penting dan yang tidak. Dibuatlah daftar kebutuhan yang masih harus diperlukan dan yang tidak diperlukan. Hal ini dapat membuat kita mengatur pengeluaran yang terbuang sia-sia. Sudah pasti kebutuhan yang penting adalah kebutuhan yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Jangan sampai kita malah tidak tahu mana kebutuhan yang sangat penting dan tidak. Dana yang dikeluarkanpun akan terencana dan terkontrol dengan baik.

2. Mencatat pemasukan dan pengeluaran

Cara menjadi ibu rumah tangga yang baik adalah kamu mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap hari, ataupun setiap bulan. Tergantung bagaimana kamu dapat mengaturnya. Pemasukan dan pengeluaran gunanya membuat kamu dan suami tahu kemana saja uang tersebut mengalir dan digunakan. Nah, ini akan membuatmu tahu untuk mengatur keuangan di bulan selanjutnya. Memang sedikit ribet ya ladies, tetapi percayalah ini akan membuat kalian nyaman dan tenang soal pemasukan dan pengeluaran uang.

3. Membagi menjadi beberapa kebutuhan

Ketika menerima gaji, kamu sudah harus langsung membaginya menjadi beberapa kebutuhan nih ladie. Setelah kamu tahu kebutuhan mana yang penting atau tidak, kamu sudah mulai memasukkan nominal yang dibutuhkan kebutuhan tersebut. Jadi, gak ada alasan lagi kekurangan uang untuk membeli kebutuhan karena kita sudah mulai disiplin dalam pengeluaran rumah tangga. Misalnya seperti kebutuhan mandi, kebutuhan makan, kebutuhan bayar, dan lainnya.

4. Menabung atau menyisihkan sebagian setiap bulan

Cara keempat adalah menjadi waanita cerdas dan sukses yaitu kamu harus pintar menabung dari penghasilan per bulan. Jangan sampai kita bekerja tetapi tidak menabung apapun. Wah sayang bangetlah ladies. Pokoknya sisihkan sedikit saja gaji kita untuk dijadikan tabungan. Setiap rumah tangga harus memiliki tabungan agar jika ada sesuatu yang mendadak terjadi dan membutuhkan uang, kita gak perlu untuk bingung dan repot memikirkannya.

5. Mulai memikirkan bisnis sampingan yang dapat dilakukan

Siapa bilang gaji 2 juta per bulan gak bisa bikin usaha yang lumayan penghasilannya?. Bisa kok. Misalnya kamu membuka toko pulsa, online shop, makanan, warung, dan lainnya. Itu semua gak perlu modal besar atau jika membutuhkan modal hanya diawalnya saja. Justru ini bisa  jadi cara menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga loh ladies.

Sponsors Link

6. Hidup hemat

Salah satu tips menjadi wanita idaman adalah bisa hidup hemat dan membuat keluarganya juga belajar hidup hemat. Hemat dan pelit berbeda loh ya ladies. Hemat bisa kamu lakukan dengan mengurangi kebutuhan yang tidak penting dan berlebihan. Tidak perlu makan diluar, kamu cukup memasak dan membawakan suamimu bekal. Wah idaman bangetkan, tiba-tiba kalian bisa hidup senang di hari tua.

7. Mengurangi berpergian keluar

Mengurangi berpergian keluar adalah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan loh ladies. Walaupun ini bukan cara menjadi wanita energik, tetapi kamu sudah menjadi idaman suami. Boleh kok berpergian keluar tetapi tidak untuk bersenang menghamburkan uang loh ya. Sembari liburan namun yang sederhana juga bikin kamu terlihat energik kok.

8. Investasi emas

Investasi emas juga bisa kamu lakukan ladies untuk menjadi cara lain dalam menabung jangka panjang. Nilai emas yang cukup menguntungkan akan bikin kamu juga bisa mengelola pendapatan menjadi lebih banyak lagi. Ini bisa kok dilakukan dimanapun agar kamu tetap berhati-hati dalam membeli emas.

9. Arisan

Teruntuk kamu ibu rumah tangga, kamu bisa mengelola pendapatan 2 juta per bulan dengan melakukan arisan di rumah. Arisan yang dilakukan tentu bukan yang heboh dan hura-hura ya. Tetapi arisan sederhana yang menguntungkan dirimu. Ini bisa jadi cara mengisi waktu luang dirumah loh.

Sponsors Link

10. Kumpulkan uang receh

Cara menjadi wanita tangguh adalah teliti dan mulai mengumpulkan uang receh. Ibu-ibu senang sekali dengan uang receh loh ladies. Kamu juga harus mulai belajar seperti itu nih. Kumpulkan uang recehmu dan tabung di tempat botol bekas. Siapa tahu jika suatu saat terpakai kamu bisa jajan bersama suamimu.

11. Ikut asuransi kesehatan

Nah yang kesebelas adalah ikut asuransi kesehatan. Dalam hidup kita harus berjaga-jaga atas apa yang akan terjadi atau kemungkinan yang akan terjadi. Nah, kita sebagai ibu rumah tangga harus mempersiapkan semuanya, baik kesehatan suami juga. Oleh karena itu ada baiknnya kita mengikuti asuransi kesehatan bagi keluarga agar kita gak kebingungan saat anggota keluarga membutuhkan perhatian khusus dalam kesehatan.

12. Hindari peminjaman kredit

Terakhir, ini dia! Ini adalah hal yang sangat harus diperhatikan yaitu kamu harus menghindari penggunaan peminjaman kredit. Jika gaji hanya 2 juta perbulan lebih baik tidak perlu punya kartu kredit atau melakukan peminjaman dalam jumlah besar di bank. Ini menjaga agar kita tetap pada jalurnya dan tidak menggampangkan keluar masuk dana. So, kamu harus berhati-hati dalam peminjaman uang.

Itulah 12 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan di awal pernikahan ladies. Mudah kan? Tidak perlu berkecil hati jika pendapatan masih kecil. Yang penting kamu harus bisa bijak dalam mengatur keuangan. Ibu rumah tangga harus jago dong dalam masalah ini. Betul? Semangat!

, , , , , , , ,