Sponsors Link

11 Cara Menjadi Wanita Tangguh dan Mandiri di Masa Sulit Sekalipun

Sponsors Link

11 Cara Menjadi Wanita yang Tangguh di Masa Sulit

ads

Hidup di era yang serba maju seperti ini, kecantikan bukan lagi menjadi satu-satunya pegangan yang penting bagi wanita. Memenuhi semua cara menjadi wanita cantik fisik sekalipun mungkin akan membuatmu tampil cantik, namun itu bukanlah segalanya.

Menjadi wanita tidak hanya berarti menjadi sosok yang lemah lembut, sederhana, rapi, dan enak dilihat saja. Mengetahui dan mempraktekkan seluruh cara menjadi wanita yang lemah lembut dan cara menjadi wanita yang anggun dan berwibawa saja tidak lagi cukup untuk mengimbangi perkembangan yang semakin pesat. Sebagai wanita, kamu harus bisa menjadi wanita yang tangguh, nih. Seperti apa sih wanita tangguh itu?

Menurut KBBI, tangguh artinya kuat, mandiri. Wanita tangguh sendiri adalah wanita yang senantiasa kuat dalam menghadapi segala permasalahan yang ada. Mereka adalah wanita yang selalu berdiri dan tidak lari dari masalah, melainkan bersikap mandiri dan teguh.

Sosok yang seperti ini nih, yang selain membuat wanita semakin disegani, juga membantu wanita untuk survive di tengah kehidupan yang keras. Lantas, gimana sih, cara menjadi wanita yang tangguh di masa sulit? Berikut beberapa Cara Menjadi Wanita Tangguh yang bisa kamu praktekkan, ladies :

  1. Menjadi pemimpin diri sendiri

Di tengah masa sulit, seringkali masalah membuat kita kehilangan kendali. Sebenarnya, hal itu tidak membantu, lho. Justru di tengah masa sulit, kamu harus bisa dong, membuktikan kalau kamu bisa menguasai dirimu dan menjadi pemimpin atas dirimu. Jangan sampai, justru kamu yang dikuasai. Kamu sebaiknya mulai menentukan tujuan dari hidupmu dan memutuskan apa yang mau kamu lakukan sebagai pemimpin dirimu sendiri.

  1. Melihat sisi positif dari setiap hal

Wanita yang teguh mendapatkan kekuatan dari cara berpikir dan cara pandangnya terhadap masalah yang dia hadapi. Kalau kamu bisa mencoba mencari dan melihat hal positif yang bisa kamu petik dari setiap hal di hidupmu, pasti deh, masalah yang tadinya terlihat rumit akan perlahan terasa semakin ringan.

Bukan masalahnya yang ringan, tapi caramu menanggapi masalah tersebut berubah dan meringankan bebanmu. Dengan hidup secara positif, kamu juga sedang mempraktekkan cara menjadi wanita paling bahagia lho, ladies.

  1. Percaya diri

Kepercayaan dirilah yang membuat artis besar mampu melangkah dan berdiri di atas panggung, dihujani sorotan lampu dan kelap-kelip kamera yang semua menuju pada dirinya. Percaya diri jugalah yang membuat seorang pembicara yang hebat mampu berbicara di depan ribuan orang, membagikan pengalama dan pelajaran hidup yang menginspirasi banyak orang. 

Sponsors Link

Jangan lagi pandang dirimu rendah ya, ladies. Setiap kita wanita diciptakan unik, luar biasa, dan hebat apa adanya. Kalau bukan kamu terlebih dahulu, siapa dong, yang pertama-tama mempercayai dirimu? Belum lagi, kalau kamu seorang ibu. Siapa lagi yang akan mencari dan mempraktekkan cara mendidik anak agar percaya diri kalau bukan seorang ibu yang percaya diri?

  1. Punya pedoman hidup

Menjadi wanita yang tangguh di masa sulit juga berarti kamu punya pedoman hidup yang kamu pegang kuat-kuat. Dengan memegang teguh pedoman atau prinsipmu, maka kamu dapat menghadapi masa sulit tanpa menggunakan jalan yang menyimpang. Pedoman hidup membuatmu tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masalahmu dengan cara yang positif.

  1. Menghilangkan drama

Bagi wanita tangguh, tidak ada waktu buat drama-drama yang nggak penting dan membuat semuanya semakin keruh. Mungkin, drama tidak bisa kamu usir jauh-jauh dari hidup selama kamu masih berhubungan dengan manusia lain. Tapi, yang penting adalah bagaimana kamu nggak mencoba memancing suatu drama dan menanggapi drama dengan cara yang bijak dan nggak lebay.

Dibanding pusing mengurusi drama ini dan itu, bukankah lebih baik menggunakan waktumu untuk hal yang lebih berguna? Kalau menurutmu hal ini sudah menjadi kebiasaan dan sulit dihilangkan, coba cari deh, cara menghilangkan sifat drama queen. Dengan begitu, kamu sudah mempraktekkan salah satu cara menjadi wanita tangguh lho, ladies. 

ads

  1. Optimis

Belum ada ceritanya, wanita tangguh di masa sulit memiliki sikap pesimistis. Pesimis sendiri bisa kita sebut dengan ‘pembunuh kemajuan’ lho, ladies.  Yah, memang, cara menjadi wanita kuat  tidaklah mudah. Menjadi optimis saat keadaan terlalu tidak memungkinkan, apalagi. Kalau kamu selalu berpikir pesimis, maka kamu nggak akan susah-susah berusaha melangkah dan mencari jalan keluar. Lantas, siapa yang akan menyelesaikan masalahmu? Siapa yang akan membantumu melewati masa sulit kalau bukan dirimu sendiri?

  1. Penguasaan diri

Bagaimana caranya menguasai masalah, kalau diri sendiri saja nggak bisa dikenali dan dikuasai? Penguasaan diri berarti kita mengenali diri kita, kelemahan, kekuatan, sifat-sifat unik dalam diri kita secara menyeluruh. Penguasaan diri juga berkaitan dengan kemampuan kita menahan diri dalam menghadapi berbagai masalah maupun situasi yang membuat kita ingin marah atau menyerah.

Emosimu ada untuk menjadi berkat atau kutukan. Kamu sendiri, lho, ladies, yang bisa memilih bagaimana emosi akan membantumu atau menjerumuskanmu. Kalau emosi marah menjadi masalahmu, coba cari cara menjadi wanita yang sabar untuk mengatasi titik lemahmu.

  1. Berani melawan rasa takut

Berani disini, bukan sekedar berani tanpa berpikir panjang dan membahayakan diri sendiri, ya. Berani tentu baik, asal kita tetap berhikmat. Hadapi rasa takutmu, jangan menjadikannya halangan bagimu untuk maju. Mungkin, rasa takut tidak akan pernah hilang sepenuhnya dari hidupmu sebagai manusia biasa.

Hanya saja, jangan ijinkan rasa takut itu membuatmu terkurung dalam zona nyamanmu. Ingat, tokoh inspiratif wanita berpengaruh di Indonesia yang namanya tak pernah lekang dimakan waktu? R.A Kartini juga melawan ketakutannya, demi membangkitkan emansipasi wanita di negeri kita.

  1. Tetap dekatkan diri pada Tuhan

Tidak peduli seberapa hebat dirimu, kamu masih saja manusia yang lemah dan tidak kebal terhadap dosa, bukan? Tidak ada manusia yang sempurna. Carilah kekuatan itu dari Tuhan, tetap andalkan Dia melalui doa-doamu. Wanita tangguh adalah wanita yang memiliki hubungan yang indah dengan Tuhannya baik di masa sulit maupun masa senang.  Ssst, diam-diam, memperkuat kehidupan doa kita merupakan salah satu cara menjadi wanita yang solehah, lho.

  1. Selalu bersyukur

Hidup yang dipenuhi dengan mengeluh tidak akan membuahkan hasil layaknya mereka yang membiasakan diri bersyukur dengan apa yang ada. Pertama-tama, bersyukurlah dahulu. Kemudian, gunakan pikiran yang tenang untuk mencari jalan keluar dari masa sulit yang kamu hadapi, ladies.

  1. Berani mengambil tanggungjawab

Wanita yang tangguh dan berani tidak pernah melarikan diri dari masa sulit. Cara menjadi wanita yang tangguh di masa sulit berarti menjadi wanita yang bertanggungjawab menghadapai segala masalah dan konsekuensinya.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick